PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KABER (KARTU BERPASANGAN) BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI JENIS DAN KEGIATAN EKONOMI KELAS 5 DI SDN BAYE

Authors

  • Oliviana Putri Setyorini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ilmawati Fahmi Imron Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Erwin Putera Permana Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9803

Keywords:

Multimedia, Macromedia flash, Jenis dan kegiatan

Abstract

Penelitian dilakukan dengan berdasar pada permasalahan yang muncul yaitu rendahnya hasil ulangan harian peserta didik semester II tahun ajaran 2021/2022 pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial. Yang mana hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang dirasa peserta didik membosankan. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini dilakukan uji coba untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan medi kartu berpasangan (KABER). Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan kefektifan pengembangan multimedia KABER. Dengan model penelitian pengmebangan dan metode ADDIE diperoleh hasil yang menungjukkan bahwa persentase skor tinggi pada kevalidan, kepraktisan dan kefektifan multimedia KABER. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat penggunaan multimedia KABER valid, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshori, S. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos, III(2), 59–76.

https://scholar.google.com/scholarhl=id&as_sdt=0%2C5&q=kontribusi+ilmu+pengetahuan+sosial+dalam+pendidikan+karakter&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DN6RFu2pmlPgJ

Febliza, A., & Afdal, Z. (2019). Pemanfaatan Animasi Macromedia Flash Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Research and Education Chemistry, 1(2), 1. https://doi.org/10.25299/jrec.2019.vol1(2).3501

Fitri, J., Sarmidin, S., & Mailani, I. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 1(1), 23-33.

Galih, A., Kurniati, B., Carollina, F., & Cahyaningsih, R. I. (2018). IPS SD Kelas Buku Pelengkap IPS SD Kelas IV, January, 117. https://www.researchgate.net/publication/322819403_Buku_Pelengkap_IPS_ SD_Kelas_IV_4

Imron, I. F., & Aka, K. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Fenomena Sosial dengan Penerapan Model Problem Based Learning. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 7(2), 102-110.

Lestari, A. S. 2013. Pembelajaran multimedia. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), 84-98.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 24-44.

Rahmad, R. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67-78.

Riana, N. K. I., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 388-397.

Sa'adiyyah, A. M., & Kulsum, S. (2021). Peran Dinas Pendidikan Kabupaten Serang dalam Mengimplementasikan Program Wajib Belajar 9 (Sembilan) Tahun untuk Memenuhi Hak Belajar Anak. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, dan Politik, 4(1), 20-33.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME: Journal of Management, 3(3), 84-94.

Yuliana, N., Pratiwi, D. D., & Anwar, S. (2018). Pengembangan media interaktif matematika berbasis macromedia flash. Nabla Dewantara, 3(2), 50-6

Downloads

Published

2023-08-24