PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL DOKANSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V SDN BARONGSAWAHAN 2

Authors

  • Ulviyah Lailatul Saadah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Alfi Laila PGSD Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Erwin Putera Permana PGSD Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17378

Keywords:

Media Visual, Dokansi, Menulis Pantun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kevalidan, 2) keefektifan, dan 3) kepraktisan media visual dokansi. Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian dan Pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SDN Barongsawahan 2 dengan subjek 2 guru dan 40 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data sebagai berikut 1) angket validasi ahli media dan ahli materi, 2) pretest dan posstest pada uji coba terbatas dan uji coba luas, 3) angket kepraktisan respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1) hasil dari validasi ahli media mendapatkan nilial 90% dan ahli materi mendapatkan nilai 86%, dengan kriteria sangat valid, 2) hasil uji-t uji coba luas mendapatkan nilai sig. 0,000 yang artinya media visual dokansi sangat efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas, dan 3) hasil kepraktisan yang diperoleh dari angket respon guru memperoleh nilai rata-rata 96% dan respo siswa memperoleh nilai rata-rata 91,2%, dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut terbukti media visual dokansi pada penelitian yang telah dilakukan sangat valid untuk digunakan, sangat efektif, dan sangat praktis dalam meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa kelas V.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dilla, W. P. (2023). Analysis of Learning Media Needs in Elementary Schools in Palangka Raya. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(1), 24–29. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7611

Gulo, S. W., Waruwu, N. S., Telaumbanua, M., Lase, A. F.-E., & Bawamenewi, A. (2023). Pengembangan Media Dokansi untuk Meningkatkan Motivasi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal on Education, 6(1), 7256–7261. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3978

Hulu, D. M., Pasaribu, K., Simamora, E., Waruwu, S. Y., & Bety, F. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR. 6(2).

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Mahendra, Y. M., Laila, A., & Santi, N. N. (2020). Pengembangan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Menghubungkan Siklus Hidup dan Pelestariannya. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i5.101

Ningsih, S. A., & Pritandhari, M. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA PURNAMA TRIMURJO. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 7(1). https://doi.org/10.24127/pro.v7i1.2039

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Sayidi, S. S. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT PELAJARAN IPA KELAS VI SD. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 14(1), 69. https://doi.org/10.31942/mgs.v14i1.8690

Suparlan, S. (2020). Peran Media dalam Pembeajaran di SD/MI. ISLAMIKA, 2(2), 298–311. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.796

Downloads

Published

2024-09-16

Most read articles by the same author(s)