PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL DOKANSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V SDN BARONGSAWAHAN 2
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17378Keywords:
Media Visual, Dokansi, Menulis PantunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kevalidan, 2) keefektifan, dan 3) kepraktisan media visual dokansi. Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian dan Pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SDN Barongsawahan 2 dengan subjek 2 guru dan 40 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data sebagai berikut 1) angket validasi ahli media dan ahli materi, 2) pretest dan posstest pada uji coba terbatas dan uji coba luas, 3) angket kepraktisan respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1) hasil dari validasi ahli media mendapatkan nilial 90% dan ahli materi mendapatkan nilai 86%, dengan kriteria sangat valid, 2) hasil uji-t uji coba luas mendapatkan nilai sig. 0,000 yang artinya media visual dokansi sangat efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas, dan 3) hasil kepraktisan yang diperoleh dari angket respon guru memperoleh nilai rata-rata 96% dan respo siswa memperoleh nilai rata-rata 91,2%, dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut terbukti media visual dokansi pada penelitian yang telah dilakukan sangat valid untuk digunakan, sangat efektif, dan sangat praktis dalam meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa kelas V.Downloads
References
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dilla, W. P. (2023). Analysis of Learning Media Needs in Elementary Schools in Palangka Raya. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(1), 24–29. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7611
Gulo, S. W., Waruwu, N. S., Telaumbanua, M., Lase, A. F.-E., & Bawamenewi, A. (2023). Pengembangan Media Dokansi untuk Meningkatkan Motivasi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal on Education, 6(1), 7256–7261. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3978
Hulu, D. M., Pasaribu, K., Simamora, E., Waruwu, S. Y., & Bety, F. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR. 6(2).
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Mahendra, Y. M., Laila, A., & Santi, N. N. (2020). Pengembangan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Menghubungkan Siklus Hidup dan Pelestariannya. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i5.101
Ningsih, S. A., & Pritandhari, M. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA PURNAMA TRIMURJO. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 7(1). https://doi.org/10.24127/pro.v7i1.2039
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Sayidi, S. S. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT PELAJARAN IPA KELAS VI SD. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 14(1), 69. https://doi.org/10.31942/mgs.v14i1.8690
Suparlan, S. (2020). Peran Media dalam Pembeajaran di SD/MI. ISLAMIKA, 2(2), 298–311. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.796
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.