PENGARUH BUDAYA LITERASI DENGAN ADANYA POJOK BACA GUNA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SDN KRATON KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15946Keywords:
fraction board media, jigsaw model, masteryAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa, penguasaan menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda pada siswa kelas V SDN Manggis 2 Kabupaten Kediri, lebih dari 50% siswa belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan. Hal tersebut diakibatkan karena model pembelajaran yang digunakan tidak bervariasi dan terfokus pada guru serta tidak ada media pendukung pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasy eksperiment dengan subjek penelitian kelas VA dan kelas VB SDN Manggis 2 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan instrumen Tes (pretest dan posttest). Dari hasil perolehan pada kelas kontrol bahwa data nilai rata-rata pretest 53,6 dan hasil rata-rata posttest menjadi 77,2. Sedangkan, kelas eksperimen data nilai rata-rata pretest 33,6 dan rata- rata hasil posttest yang meningkat menjadi 89,5. Dengan demikian, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada nilai rata-rata posttest kelas kontrol dengan perbedaan 89,5 > 77,2.Downloads
References
Afandi, Muhammad. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.
Arifianto, Teguh, dkk. 2022. Media Pembelajaran. Padang: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasa Pelajaran Pada Kurikulum2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Haerullah, Ade dan Said Hasan. 2017. Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Lintas Nalar CV.
Haryati, Sri. 2017. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: GRAHA CENDEKIA.
Hasan, Muhammad, dkk. 2021. Model Pembelajaran. Klaten: TAHTA MEDIA GROUP.
Jalinus, Rizwandi dan Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Nurdiansyah dan Fariyarul, Eni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Panjaitan, Restu. 2022. Pengembangan Media Visual (Papan Pecahan) untuk Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan dengan Penyebut Sama Siswa Kelas III SDN Sambi 2 Kabupaten Kediri Tahun 2021/2022 Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Pagarra, Hamzah, dkk. 2022. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Badan Penerbit UNM
Prihatmojo, Agung dan Rohmani. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Who Am I. Lampung: Universitas Muhammadiyah Kotabumi.
Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Sleman: CV BUDI UTAMA
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALFABETA
Sukayati. 2008. Pembelajaran Operasi Penjumlahan Pecahan di SD Menggunakan Berbagai Media. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Yayuk. Erna. 2019. Pendidikan Matematika SD. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.