ANALISIS MISKONSEPSI KONSEP FOTOSINTESIS SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Adinda Widia Febrianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Agnestasia Ramadhani Putri

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9425

Keywords:

Miskonsepsi, Fotosintesis, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi konsep fotosintesis serta mengidentifikasi factor penyebab miskonsepsi pada konsep fotosintesis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah 23 orang siswa kelas V SDN 1 kawalu. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes serta wawancara. Data tes akan diolal menggunakan Rasch Model. Hasil dari penelitian ditemukan beberapa miskonsepsi, miskonsepsi paling banyak berapada pada konsep letak klorofil dalam tanaman, cahaya yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis serta proses fotosintesis pada tanaman berdaun selain hijau. Berdasarkan hasil wawancara ditemukan beberapa penyebab miskonspsi diantaranya pra-konsepsi yang tidak sesuai konsep, kurangnya media pembelajaran serta proses belajar yang monoton.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boone, W. J. (2016). Rasch analysis for instrument development: Why,when,and how? CBE Life Sciences Education, 15(4). https://doi.org/10.1187/cbe.16-04-0148

Creswell, J. W. (2014). A concise introduction to mixed methods research. SAGE publication Ltd.

Dwilestari, D., & Desstya, A. (2022). Analisis Miskonsepsi pada Materi Fotosintesis dengan Menggunakan Peta Konsep pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3343–3350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2611

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Hamdu, G., Fuadi, F. N., Yulianto, A., & Akhirani, Y. S. (2020). Items Quality Analysis Using Rasch Model To Measure Elementary School Students’ Critical Thinking Skill On Stem Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 61. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.20884

Muriana, A. (2021). ANALISIS MISKONSEPSI MATERI FOTOSINTESIS MENGGUNAKAN SOAL ESAI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Ngurah, D., & Laksana, L. (2016). MISKONSEPSI DALAM MATERI IPA SEKOLAH DASAR. 5(2).

Rahman, T., Hamdu, G., Putri, A. R., & Merliana, A. (2022). Pelatihan Teknis Analisis Instrumen Penilaian Melalui Pemodelan Rasch Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 3(6), 1029–1037. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i6.724

Roosyanti, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Konsep Fotosintesis Melalui Two-Tier Diagnostic Test dan Wawancara Diagnostik. Jurnal Kependidikan Dasar Berbasis Sains, 2, 71–82.

Yuliani, W. (2018). QUANTA METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. 2(2). https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642

Dewi, S. Z., & Ibrahim, H. T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13, 130–136. www.jurnal.uniga.ac.id

Downloads

Published

2023-08-02

Most read articles by the same author(s)