ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) INTERAKTIF BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) DI SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8782Keywords:
ESD; E-LKPD; INTERAKTIF; FGD; SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menjadi Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) dengan tujuan dapat membantu pembelajaran semakin menarik serta dapat digunakan dimana saja dan kapan saja agar peserta didik dapat belajar secara mandiri dan pembelajaran tidak hanya berfokus pada guru. Menerapkan nilai-nilai ESD dengan topik konservasi tanaman herbal di SD dalam E-LKPD yang dikembangkan diharapkan dapat tercipta pembelajaran yang bermakna sehingga peserta didik dapat memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, sosial dan ekonomi khususnya pada tanaman herbal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui diskusi kelompok (FGD). Penelitian ini menggunakan penggunaan FGD sebagai alat pengumpulan data sebelum penelitian dengan tujuan agar dapat memperoleh data dan produk awal E-LKPD berbasis ESD yang layak digunakan.Downloads
References
Dewi, N., & Hamdu, G. (2020). Lks Pembelajaran Stem Berdasarkan Kemampuan 4C Dengan Media Lightning Tamiya Car. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 369–378. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/25312
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fauziah, N. N., & Hamdu, G. (2022). Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik berbasis ESD di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 63. https://doi.org/10.32507/attadib.v6i1.1152
Fauziyah, S., & Hamdu, G. (2022). Implementasi E-LKPD Berbasis ESD pada Kompetensi Berpikir Kritis di SD. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 172. https://doi.org/10.32507/attadib.v6i1.977
Heri Yusuf Muslihin, Aini Loita, D. S. N. (2022). Instrumen Penelitian Tindakan Kelas untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. Juni, 6(1), 99–106.
Istiyanah. (2020). Pemantapan Minat Siswa Terhadap Pilihan Program Studi Di Perguruan Tinggi Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Focus Group Discussion. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2), 154–158. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP
Lioba, T., Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 307–313. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/644
Muslimah. (2019). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. SHEs: Conference Series, 3(3), 9–25.
Nurbayani, A., Rahmawati, E., Nurfaujiah, I. I., Putriyanti, N. D., Fajriati, N. F., Safira, Y., & Ruswan, A. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Liveworksheets sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-guru SD Negeri 1 Tegalmunjul Purwakarta. Jurnal UPI, 1(2), 126–133. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/
Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Umbaryati. Prisma, 218–221.
UNESCO. (2012). Education for sustainable development in Action. In United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Vol. 43, Issue 2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.