MENGGALI KEARIFAN LOKAL DALAM ASESMEN: ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS DI SD

Authors

  • Firman Nurdiansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dwi Alia Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23140

Keywords:

Etnosains, Assessment, Local Wisdom, Science Learning, Elementary Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan asesmen pembelajaran berbasis etnosains pada makanan khas Kecamatan Kawalu untuk peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen berbasis etnosains dapat meningkatkan pemahaman konsep sains secara kontekstual serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Namun, implementasi asesmen ini masih menghadapi tantangan, seperti keterbatasan perangkat asesmen yang sesuai dengan kearifan lokal serta kurangnya pelatihan bagi pendidik. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pengembangan instrumen asesmen yang lebih adaptif terhadap kebutuhan siswa serta integrasi yang lebih luas dalam kurikulum pendidikan dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, N., Sudarmin, Sumarti, S. S., & Addiani, A. K. (2018). Desain Instrumen Tes Bermuatan Etnosains Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2159–2169.

Ariningtyas, A., Wardani, S., & Mahatmanti, W. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. JISE Journal of Innovative Science Education, 6(2), 186–196. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Atmojo, S. E. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 6(1), 5–13. https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.5-13

Aza Nuralita. (2020). Analisis penerapan model Pembelajaran berbasis etnosains dalam pembelajaran tematik SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1–8.

Daud, R. F., & Novrimansyah, E. A. (2022). Strategi Komunikasi Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal Pada Daerah Wisata Di Provinsi Lampung. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 3(2), 13. https://doi.org/10.24853/independen.3.2.13-28

Fadilah, L. N., Ar, M. M., & Armadi, A. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Bermuatan LKPD Etnosains Kuliner Kamboya terhadap Kemampuan Bernalar Kritis di Fase B Sekolah Dasar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(1), 435–445.

Fahrurrozi, M., & Mohzana. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoretis dan Praktek (Vol. 51, Issue 1).

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X. EduSains, 4(2), 94–103.

Furqon, J., & Dani, R. (2023). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Terintegrasi Etnosains pada Guru di SMAN 8 Tanjung Jabung Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2667–2674.

Hasibuan, A. R. H., Aufa, Khairunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(6), 667.

Ilhami, A., Diniya, D., Susilawati, S., Sugianto, R., & Ramadhan, C. F. (2021). Analisis Kearifan Lokal Manongkah Kerang di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau sebagai Sumber Belajar IPA Berbasis Etnosains. Sosial Budaya, 18(1), 20. https://doi.org/10.24014/sb.v18i1.12723

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring-Design of Development of Online-Based Learning Assessment Instruments. Jurnal Petik, 5(1), 31–47.

Juwita, E., Sunyono, & Rosidin, U. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IX MTs Negeri 1 Lampung Barat Pada Materi Bioteknologi Berbasis Etnosains. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(2), 232–242. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.12105

Kamaruddin, I., Subrayanti, D., Viktor Purhanudin, M., & Amri, N. (2024). Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Mahasiswa : Tinjauan Pustaka. Journal on Education, 06(03), 17734–17743.

Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, 130.

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191

Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15503

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94–111. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274

Nurdeni, Bhakti, Y. B., Alfin, E., Marhento, G., & Purwanti, P. (2022). Kemampuan Siswa Sekolah Menegah Pertama Dengan Pembelajaran Etnosains. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 9779–9807. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9937

Pratama, R., & Febriani, E. A. (2024). Kendala-kendala dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal di SMA Negeri 2 Kinali. Naradidik: Journal of Education & Pedagogy, 3(2), 366–376.

Priyani, N. E., & Nawawi, N. (2020). Pembelajaran Ipa Berbasis Ethno-Stem Berbantu Mikroskop Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Sekolah Perbatasan. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 99–104. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5435

Qonita, A., Rahmawati, D., Robiansyah, F., & Adriweri, E. (2023). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 10(02), 204–220. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13974

Rahmawati, S., Ardi Rafsanjani, T., & Aufia Abshor, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan Dasar, 1–10.

Rizky, A., & Andromeda. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERMOKIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOSAINS PADA FASE F SMA. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(4), 345–352.

Roza, M., & Festiyed, F. (2023). Kualitas Tes Bermuatan Etnosains Untuk Mengukur Keterampilan Berfikir Kritis Mahasiswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 14(2), 206. https://doi.org/10.20527/quantum.v14i2.15599

Sari, D. N., & Pratiwi, V. (2023). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Berbantuan Aplikasi Classpoint Pada Mata Pelajaran Layanan Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 285–304. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2.1915

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Temuningsih, Peniati, E., & Marianti, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berpendekatan Etnosains Pada Materi Sistem Reproduksi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Biology Education, 6(1), 70–79. https://doi.org/10.15294/jbe.v6i1.14060

Triana, H., Yanti, P. G., & Hervita, D. (2023). Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Interdisipliner Di Kelas Bawah Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 504–514. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4644

Vioni Amalia, D., Ilhami, A., Fuadiyah, diyatul, & Kusumanegara, A. (2024). Development of a scientific literacy instrument based on riau malay ethnoscience in science subjects. Jurnal Pendidikan, 11(1), 1–18. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik

Wulandari, S. I., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023). Penggunaan E-Modul Berbasis Etnosains Materi Zat dan Perubahannya dalam Usaha Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Proceeding Seminar Nasional IPA XIII, 103–113. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/2294

Wulansari, N. L. M., & Darmayanti, N. W. S. (2024). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Siswa Sekolah Dasar Berbasis Etnosains pada Materi Zat dan Campuran. Elementary School Journal Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 14(3), 312–321.

Yusrianum, Y., & Nurmawati, N. (2023). Analisis Penilaian Karakter Berbasis Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(4), 329–338. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i4.288

Zaputra, R., Festiyed, F., Diliarosta, S., & Firda, A. (2021). Pengetahuan Etnosains Guru Biologi di SMA Negeri Kota Pekanbaru. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 186. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.14257

Zubaidah, S. (2018). Keterampilan Abad ke-21. Jurnal Pendidikan Biologi, June, 1–25.

Downloads

Published

2025-03-08

Most read articles by the same author(s)