ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERMUATAN NILAI KEMANDIRIAN BERBASIS DISPOSISI MATEMATIS PADA MATERI BANGUN DATAR DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25372Keywords:
buku cerita bergambar, kemandirian belajar, disposisi matematis, bangun datar, sekolah dasarAbstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam membentuk pola pikir logis, analitis, dan pemecahan masalah bagi siswa sekolah dasar. Namun, pembelajaran matematika masih menghadapi berbagai tantangan, khususnya dalam memahami konsep bangun datar. Siswa sering mengalami kesulitan akibat pendekatan pembelajaran yang kurang menarik dan tidak kontekstual. Selain itu, rendahnya kemandirian belajar siswa menjadi hambatan dalam memahami konsep secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan bahan ajar berupa buku cerita bergambar yang mengandung nilai kemandirian dan berbasis disposisi matematis dalam pembelajaran bangun datar di kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pendahuluan, wawancara, dan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis cerita bergambar belum banyak digunakan dalam pembelajaran matematika, meskipun memiliki potensi besar dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Guru mengungkapkan bahwa buku cerita bergambar yang dikembangkan perlu mengintegrasikan konsep bangun datar dengan kehidupan sehari-hari siswa serta menanamkan sikap mandiri dalam belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan buku cerita bergambar sebagai alternatif bahan ajar yang tidak hanya membantu pemahaman konsep matematika, tetapi juga menumbuhkan kemandirian belajar dan disposisi matematis siswa. Buku ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di Sekolah Dasar.Downloads
References
Amalia, I., Artharina, F. P., & Kiswoyo, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar Dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Kelas I SDN Batursari 5 Mranggen Demak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2589-2595.
Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 2415-2422.
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 994-1003.
Desanti, L. A., Lestari, S. A., Purwaningsih, D., & Damariswara, R. (2023). Analisis kesulitan siswa sekolah dasar dalam mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 747-752.
Dwi, H. (2021). PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERINTEGRASI NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARANTEMATIK KELAS II SD/MI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Fahyuni, E. F., & Bandono, A. (2015). Pengembangan media cerita bergambar sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Halaqa, 14(1), 75-89.
Fitria, A. (2013). Mengenalkan dan membelajarkan matematika pada anak usia dini. Muadalah, 1(2).
Hasanuddin, Sastra Anak Kajian Tema, Amanat Dan Teknik Penyampaian Cerita Anak Terbitan Surat Kabar, ( Bandung: CV. Angkasa, 2015).
Kemendikbud, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020- 2024. Jakarta: Dirjen Peraturan Perundang-undangan.
Magdalena, I., Astuty, H. W., Valentina, F. R., & Devita, N. (2020). Penanganan Kasus Kesulitan Belajar Matematika pada Kelas VI SDN Karawaci Baru 4. PENSA, 2(1), 53-74.
Maryono, M., Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi pendidikan karakter mandiri di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20-38.
Melisari, M., Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika sekolah dasar pada materi bangun datar. Jurnal Cendekia, 4(1), 172-182.
Pawartani, T., & Rufiana, I. S. (2024). Merajut Bahasa, Seni, Dan Numerasi Melalui Pengembangan Cerita Bergambar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3331-3344.
Pujiastuti, P., Egar, N., & Juliejantiningsih, Y. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profile Pelajar Pancasila Dimensi Kemandirian dan Gotong Royong di SD Negeri Plosogaden Kabupaten Temanggung. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 13(2).
Rahimah, M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 1-12.
Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal NTB untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa kelas IV sekolah dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 61-70.
Trisnowali, A. (2015). Profil disposisi matematis siswa pemenang olimpiade pada tingkat provinsi Sulawesi Selatan. Journal of EST, 1(3), 47-57.
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187-192.
Vindaswari, R. F., & Ulfah, A. (2018). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Berbasis Nilai-Nilai Kepedulian Bagi Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(3), 148.
Yuananda, R. H., Musyadad, F., & Utaminingtyas, S. (2024). MANFAAT MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR: MANFAAT MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. DIKDASTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.