ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN RAJAPOLAH

Authors

  • nadila-123_windiana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Rosarina Giyartini Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26569

Keywords:

Budaya lokal, Pembelajaran berbasis etnosains, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini menganalisis penerapan pembelajaran berbasis etnosains di Sekolah Dasar dengan mengintegrasikan kerajinan anyaman Rajapolah dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana pengetahuan budaya lokal dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di SDN 2 Manggungjaya dan SDN 4 Manggungjaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis etnosains meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dengan menjadikan sains lebih kontekstual dan bermakna. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan bahan ajar inovatif yang tidak hanya meningkatkan pembelajaran IPA, tetapi juga mendukung pelestarian budaya lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apertha, F. K. P., Zulkardi, M. Y., & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis open-ended problem pada materi segiempat kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47-62.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas model pembelajaran tipe group investigation (gi) dan cooperative integrated reading and composition (circ) dalam meningkatkan kreativitas berpikir kritis dan hasil belajar ips siswa kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217-230.

Gumelar, B. W., Widiastuti, I., & Wijayanto, D. S. (2019). Pembelajaran Energi Terbarukan Untuk Sekolah Dasar Studi Kasus Di Kabupatan Klaten. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 11(1), 16. https://doi.org/10.20961/jiptek.v11i1.18504

Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Kertati, I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., ... & Lolang, E. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Mustakim, A., Hariyadi, B., Hamidah, A., Asra, R., Sukmono, T., & Effendi, H. (2024). EKSPLORASI KONSEP IPA PADA TRADISI DAN PENGETAHUAN LOKAL SUKU DUANO JAMBI. Integrated science education jurnal, 5(1), 800.

Nurmawarni, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual dalam Motivasi Belajar Peserta didik Sekolah Menengah Pertama. ScienceEdu, I(1), 44. https://doi.org/10.19184/se.v1i1.9492

Oktaviana, P., Pranoto, R. A., & Sholihah, K. (2024). Upaya Dalam Menerapkan Pembelajaran Etnosains di Sekolah Dasar: Studi Literatur. 3(1), 117–130.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Alfabeta.

Wahyuningsih, S., Ananda, T., Utami, N. C., & Hidayat, O. S. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul IPAS yang Berbasis Etnosains Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1367–1374. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7349

Downloads

Published

2025-06-09

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>