PERAN ASESMEN PORTOFOLIO DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI MODEL RADEC PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nifa Renata Naufany Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agnestasia Ramadhani Putri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32815

Keywords:

Elementary Science Learning, Portofolio Assessment, RADEC Model

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar idealnya melibatkan siswa secara aktif dalam membangun pemahaman, mengemukakan ide, berdiskusi, menjelaskan, dan menciptakan produk pembelajaran. Namun dalam praktiknya, proses pembelajaran masih sering didominasi oleh guru, sehingga siswa menjadi pasif dan kesulitan memahami konsep abstrak, termasuk materi gaya dan gerak. Untuk mendukung pembelajaran yang aktif dan bermakna, guru kelas IV di SDN 2 Pusakasari mengimplementasikan model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) yang dipadukan dengan asesmen portofolio sebagai alat penilaian proses. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran asesmen portofolio dalam mendukung implementasi model RADEC , serta mengidentifikasi tantangan dan daya tariknya dalam pembelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah penelitian implementasi dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi portofolio siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa portofolio asesmen mendukung setiap tahapan pembelajaran RADEC dengan mendokumentasikan proses dan produk belajar siswa secara autentik. Tantangan yang muncul mencakup keterbatasan literasi awal dan partisipasi siswa, namun portofolio membantu guru memadukan perkembangan dan mendorong refleksi belajar siswa secara berkelanjutan. Kata Kunci: Portofolio Asesmen, Model Pembelajaran RADEC , Pembelajaran IPA SD  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri, S. (2021). Penerapan Penilaian Portofolio dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa. Jurnal Pendidikan, 12(3), 124–135.

Fixsen, D.& Naoom, S. (2010) Implementation Research: A Synthesis of the Literature. Components, 1 – 119

Marzuki, I. (2023). Urgensi Penilaian Portofolio Dalam Evaluasi Pembelajaran Di Era Society 5.0. Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 5(2), 171–179. doi: 10.31000/jkip.v5i2.10073

Maulina, I., & Hazilina, H. (2022). Implementasi Penilaian Portofolio di Taman Kanak-kanak Era Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3351–3360. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2396

Nisa, K. (2022). Pengaruh Penilaian Portofolio terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Terapan, 6(2), 78–89.

Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2020). Effectiveness of Critical Multiliteration Model With Radec Model on the Ability of Writing Explanatory Text. EduHumaniora : Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.17445

Widiastuti, A. (2020). Pelatihan Penilaian Portofolio bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 87–95.

Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47–56. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/1915/1208

Downloads

Published

2025-08-26

Most read articles by the same author(s)