PENGEMBANGAN E-MODUL MELUKIS CAT AIR BEBRASIS WAYANG SUKURAGA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Syifa Ratu Annisa Universitas Muhammadiya Sukabumi
  • Dyah Lyesmaya Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Astri Sutisnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8946

Keywords:

E-Module, Watercolor painting, Sukuraga Puppet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan kelayakan e-modul praktikum melukis cat air berbasis wayang sukuraga untuk mengembangakan karakter profil pelajar pancasila dengan dilatar belakangi oleh sumber belajar yang digunakan hanya berupa buku paket, Maka dari itu perlu dikembangkan modul elektronik Melukis Cat Air berbasis online. Metode yang digunakan yaitu Research and Develoment (RnD) dengan model ADDIE, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi awal, wawancara, dan kuisioner, kemudian dalam penelitian ini menggunakan angket yang diberikan kepada ahli media, materi, wayang sukuraga, dan siswa kelas IV sebagai teknik  analisis data sehingga mendapatkan penilaian dari ahli materi sebesar 93% dikategorikan “Sangat Valid”, ahli media sebesar 100% dikategorikan “Sangat Valid”, ahli wayang sukuraga sebesar 80% dikategorikan “Valid”, dan siswa kelas IV sebesar 92% dikategorikan “Sangat Baik”. Berdasarkan hal tersebut maka  E-modul Melukis Cat Air berbasis Wayang Sukuraga layak untuk dikembangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir Hamzah. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development.. Malang: Literasi Nusantara Abadi

Agung Budiman. 2018. “Senyum Dalam Ungkapan Karya Seni Lukis.”Artikel Universitas Negeri Padang Hal 5

Dyah Lyesmaya, Astri Sutisnawati, dkk. 2019. “Integrity Value In Local Wisdom (Wayang Sukuraga): Character Education Media Learning In Elementary School.” Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019 DOI 10.4108/eai.29-8-2019.2289146

Hafis, Maliqul, and Rahayu Meliasari. 2021. “Analisis Penggunaan Aplikasi Pada Smartphone Sebagai Media Pembelajaran.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(8):740–47. doi: 10.54371/jiip.v4i8.339.

Hutaean, Lidia Aprileny, dkk. 2019. Pemanfaatan E-Module Interaktif sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Medan: Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Sumiarsa. D. (2019). Pengaruh Wayang Sukuraga Terhadap Literasi Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 105-110

Sabon, Y. O. S., Istiyono, E., &. Widhiastuti. 2022. “Developing ‘Pancasila Student Profile’ Instrument for Self-Assesment.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 1(26):38.

Subakti, Hani, Gamar Al Haddar, and Elizabeth Angela Orin. 2021. “Analisis Penilaian Keterampilan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Daring Kelas Tinggi Sekolah Dasar Hani.” Jurnalbasicedu 5(5):3186–95. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1300 ISSN.

Downloads

Published

2023-07-18

Most read articles by the same author(s)