PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI PADA MATERI PENGUKURAN KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12678Keywords:
pengaruh, model pembelajaran PBL, kemampuan berpikir komputasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir komputasi pada materi pengukuran kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang mengguanakan jenis penelitian quasi eksperimen, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas IV SD yang terdapat di Ranting PGRI Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Stratified Random Sampling, sehingga penulis memilih sampel siswa kelas IV SDN Tamanjaya yang memiliki dua rombel kelas yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 siswa dan kelas B sebagai kelas kontrol berjumlah 21 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang terdiri dari 5 soal uraian. Indikator kemampuan berpikir komputasi yang diukur dalam penelitian ini adalah dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir algoritma. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t dua sampel independen dan memperoleh nilai sig. 0,001. Karena nilai sig < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir komputasi pada materi pengukuran kelas IV SDN Tamanjaya.Downloads
References
Angeli, C., & Giannakos, M. (2020). Computational thinking education: Issues and challenges. Computers in Human Behavior, 105. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106185
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2021). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. 5, 28–35.
Fajri, M., Yurniawati, & Utomo, E. (2019). Computational Thinking, Mathematical Thinking Berorientasi Gaya Kognitif Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1–18.
Grover, S., & Pea, R. (2013). Computational Thinking in K-12: A Review of the State of the Field. Educational Researcher, 42(1), 38–43. https://doi.org/10.3102/0013189X12463051
Manullang, S. B., & Simanjuntak, E. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Computational Thinking Berbantuan Media Geogebra. 06(01), 7786–7796.
Meitjing, P., & Fuad, Y. (2023). Berpikir Komputasional Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 8(1), 104–113. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v8i1.4976
Nazir, M. (2014). METODE PENELITIAN (R. Sikumbang (ed.); 9th ed.). Ghalia Indonesia.
Pratiwi, G. L., & Akbar, B. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN COMPUTATIONAL THINKING MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN KEBON BAWANG 03 JAKARTA. 08.
Smith, A., & Sya’diyah, Z. (2022). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MATA PELAJARAN MIPA (1st ed.). Deepublish.
Yuntawati, Sanapiah, & Aziz, L. A. (2021). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Media Pendidikan Matematika, 9(1), 34. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i1.3898
Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. 6(3), 3584–3593.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.