PENGEMBANGAN APLIKASI PERKALIAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR PERKALIAN SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4289Keywords:
Operasi Perkalian, Peserta Didik, Research & Development, Pemahaman Konsep.Abstract
Pada hakikatnya perkalian merupakan oprasi penjumlahan yang dilakukan secara berulang yang sudah dipelajari dari kelas rendah, namun ternyata tidak sedikit peserta didik di kelas tinggi masih ada yang kurang lancer dalam mengoprasikan perkalian. Hal itu merupakan salah satu alasan dilakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ialah untuk mengetahui bagaimana kelayakan aplikasi perkalian yang dikembangkan, bagaimana respon peserta didik terhadap aplikasi perkalian yang dikembangkan, dan mengetahui apakah aplikasi perkalian dapat memberikan peningkatan pada siswa sekolah dasar dalam belajar perkalian. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D). Analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif. Hasil menunjukan kemapuan pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan setelah menggunakan aplikasi perkalian daam belajar dibuktikan dengan adanya hasil analisis tes dengan nilai gain-score, pada uji coba tahap 1 diperoleh kategori sedang yaitu sebesar 0,57 dan pada uji coba tahap 2 diperoleh 0,59. Berdasarkan hal tersebut dapat diartikan bahwa peserta didik setuju bahwa pembelajaran dengan menggunakan aplikasi perkalian dapat membantu dalam meningkatkan pemahaman konsep. In the fact, multiplication is addition operation that has been learned from low grades, but it turns out that not a few students in high grade are still less fluent in operating multiplication. This is one of the reason for conducting this research, the purpose of this research was to find out how feasible application of the multiplication that has developed, and to find out whether application of the multiplication could improve elementary school students in learning mutliplication. This study uses the Reasearch & Development (R&D) method. Analysis of the data used is descriptive analysis. The results show that the ability of students to understand concepts has increased after using the application in learning as evidenced by the results of test analysis with gain-score values, in the first and second stages of the trial, the medium category was 0,57 and the second stage of the trial was 0,59. Based on this, it can be interpreted that students agree that learning by using application of the multiplication can help increasing understanding of concepts.Downloads
References
Amir, Almira. (2014). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Manipulatip. Forum pedagogik. 6(01).72-79.
Anggraini, Mairissa., Gita Indah Marthasari & Lailatul Husniah. (2020). Aplikasi Media Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian dan Pengembangan Berbasis Android. Repositori. 2(2):225-238
Arifah, Ummi & Abdul Aziz Saefudin. (2017). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(3):263-272.
Arsyad, A. (2013). MediaPembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Madcoms. (2013). Kupas Tuntas Adobe Flash Profesional CS6. Yogyakarta: Andi Publisher.
Kartikasari, Ayudha & Ika Rahmawati. 2018. Pengembangan media game moou train berbasis android pada mata pelajaran matematika materi perkalian untuk siswa kelas III SD. Jurnal PGSD. 06(02):36-46.
Lestari, Sudarsri. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan DI Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2(2):94-100.
Lestyorini, Ratna Dewi & Tommy Noviyanto. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Berbasis Adobe Flash Di Kelas V SD Negeri Kabupaten Indramayu. Jurnal Riset Pedagogik. 3(2):217-225.
Riduwan. (2019). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2014). Media dan alat peraga. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet
Sugiyono. (2015). Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta
Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.