PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Erlin Marlina Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Astri Sutisnawati
  • Din Azwar Uswatun Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29873

Keywords:

hasil belajar, matematika, media pembelajaran, bingo.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan perkalian siswa kelas IV SD Negeri Cikeresek melalui penggunaan media bingo. Subjek dari penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas IV SD Negeri Cikeresek. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas desain Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan observasi kemudian diolah menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh adalah 64 dan ketuntasan klasikal 56%. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 71 dan ketuntasan klasikal 68%. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 82 dan ketuntasan klasikal 88%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farhana, H., Awiria, & Muttaqiwn, N. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Diklat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Lanjut Tingkat Nasional bagi Guru Pamong Belajar, 9-10 Agustus 2008.

Fitriani, D., Irfan, M. K., & Maisarah, S. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SD Menggunakan Model Pembelajaran Novick Pada Materi Pecahan. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 3(3), 35–44. https://doi.org/10.57218/jupenji.Vol3.Iss3.1174

Hernita, L. V., Istihapsari, V., & Widayati, S. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI-2 SMAN 2 Bantul dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Berbantuan Google Sites. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 517–523. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3590

Hutahaean, L., Simatupang, H., Situmorang, M., Naibaho, D., Simamora, L. R. T., & Simanungkalit, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Peserta Didik Kelas VIII Semester Ganjil Di SMP Negeri 4 Balige Tahun Pelajaran 2023/2024. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat, 1(4), 152–165. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i4.215

Safitri, M. M., & Marlina, S. (2020). Efektivitas Permainan Bingo dalam Menstimulasi Kemampuan Konsep Bilangan Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1361–1373.

Santoso, A., Sholikah, O. H., & Pudjiwati, S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penyajian Data Siswa Kelas 5 SDN 05 Madiun Lor. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 54–68.

Susanto, S. (2023). Pengembangan Alat dan Teknik Evaluasi Tes dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 1(1), 52–60.

Downloads

Published

2025-08-04