IMPLEMENTASI PEMAHAMAN PENDIDIK ANAK USIA DINI TERHADAP KURIKULUM MERDEKA
Keywords:
Independent Curriculum, Teacher UnderstandingAbstract
ABSTRACT This research is fully directed at finding out how teenage educators can interpret the Free Education Program Training Plan in the several areas, Sukabumi Regency. Survey research was used in this quantitative research. This exam involved 100 PAUD educators from various schools in the several areas. The main assertion received a reaction from 59.4% of respondents. Respondents' response to additional certification was 65.8%. Then again, respondents gave a reaction of 75.2 percent respectively for the fourth question and 75.4% for the third confirmation. The fifth and sixth item requests scored 73.6% and 83.6% and the final or seventh clarification item scored 74.8%. Apart from that, the results obtained from respondents' responses to each statement material, in general it will be seen that the results collected for all statements in the free school program variable (Y) are 72.1%. Kata Kunci : Independent curriculum, teacher understanding ABSTRAK Penelitian ini diarahkan sepenuhnya untuk mengetahui pemahaman pendidik remaja dapat menafsirkan rencana Pelatihan program Pendidikan Gratis di beberapa daerah di Kabupaten Sukabumi. Penelitian survei digunakan dalam penelitian kuantitatif ini. Ujian ini melibatkan 100 pendidik PAUD dari berbagai sekolah di wilayah Kabupaten Sukabumi. Penegasan utama mendapat reaksi dari 59,4% responden. Tanggapan responden terhadap sertifikasi tambahan adalah 65,8%. Kemudian lagi, responden memberikan reaksi masing-masing sebesar 75,2 persen untuk hal pertanyaan keempat dan 75,4% untuk hal penegasan ketiga. Permintaan hal kelima dan keenam memiliki skor 73,6% dan 83,6% dan hal klarifikasi terakhir atau ketujuh menghasilkan skor 74,8%. Selain itu, hasil yang diperoleh dari tanggapan responden terhadap setiap materi pernyataan, secara umum akan terlihat bahwa hasil yang dikumpulkan untuk semua pernyataan pada variabel program sekolah gratis (Y) adalah 72,1%. Kata Kunci : Kurikulum merdeka,Pemahaman guruDownloads
References
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Implementation of Kurikulum Merdeka in Elementary Scholl. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.
Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora, Dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73
Bukit, S., & Sarbaini, W. (2021). Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap RPP Merdeka Belajar di Kecamatan Sibolangit Tahun ajaran 2020/2021. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Mahesa Research Center, 1(1), 58–66. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.171
Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (n.d.). Penyusunan kurikulum operasional pada satuan paud berbasis kurikulum merdeka. 87–92.
Ida Bagus Nyoman Mantra dkk. (2016). Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Https://Medium.Com/, 3(5), 6313–6318. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Kemendikbud. (2019). (n.d.). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Konsideran Menimbang., (2003). Kemendikbud. (2019). Empat pokok kebija. In Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Lestariningrum, A. (n.d.). Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD. 179–184.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., & Hernawan, A. H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Restu. 6(4), 6313–6319.
Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92–106.
Rahmawati, Nurlina, Lilianti, Usman, Risnajayanti, Salma, S., & Amaliah, W. O. S. (2021). Peran Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1527–1539. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1802
Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. 8(1), 143–158.
Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 12 No(1), 87– 103.
Safitri, S. G., & Aulina, C. N. (2022). Analisis Pemahaman Pendidik Anak Usia Dini Kelompok Usia 5-6 Tahun Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. 3(2). https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.131
Silaswati, D. (2022). Analisis Pemahaman Guru Dalam Implementasi Program Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(4), 718–723. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/11775
Sri Wahyuni. (2020). IMPLEMENTASI NILAI AGAMA MORAL ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN MARKET DAY DI PAUD AQILA YASMIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Dec.
Sudjono, A. (1996). (n.d.). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Zain, B. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapa.
Ujang Cepi Barlian, Siti Solekah, P. R. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. 8721, 2105– 2118.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.