ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS BEBRAS TASK

Authors

  • Rahma Rahayu Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dyah Lyesmaya PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7079

Abstract

This study aims to determine the computational thinking skills of elementary school students in solving Bebras Task questions. This study used a qualitative descriptive research method with 26 students in class V A at Gunung Parang Elementary School. The data collection technique for this research used the Bebras Task written test instrument, interviews, and documentation. Data analysis used includes data reduction, display data, and drawing conclusions. The results showed that students' computational thinking skills were based on four computational thinking skills, including: (1) decomposition skills of 64.1%; (2) pattern recognition skills of 35.9%; (3) algorithmic thinking skills of 22.6%; and (4) Abstraction skills of 38.7% Keywords: Computational Thinking, Bebras Task, Elementary School ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir komputasi siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal Bebras Task. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V A SDN Gunung Parang yan berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen tes tulis bebras task, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir komputasi siswa berdasarkan empat keterampila berpikir komputasi, diantaranya: (1) Keterampilan dekomposisi sebesar 64,1%; (2) Keterampilan pengenalan pola sebesar 35,9%: (3) Keterampilan berpikir algoritma sebesar 22,6%; dan (4) Keterampilan abstraksi sebesar 38,7% Kata Kunci: Berpikir Komputasi, Bebras Task, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anistyasari, Y., Ekohariadi, E., & Munoto, M. (2020). “Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemrograman Dan Berpikir Komputasi: Sebuah Studi Literatur”. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE). 2 (2), 37–44.

Bebras International. (2018). Tantangan Bebras Indonesia-2018 Tingkat SD (Siaga). http://bebras.or.id

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). “Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika”. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan). 11(1), 50-56.

Candrawati, E., Uliyandri, M., Rustaman, N. Y., & Kaniawati, I. (2022). “Profile of Computational Thinking Skills in Environmental Chemistry Courses for Prospective Science Teacher Students”. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains. 11 (2), 152-165.

Chongo, S., Osman, K., & Nayan, N. A. (2021). “Impact of the Plugged-in and Unplugged Chemistry Computational Thinking Modules on Achievement in Chemistry”. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 17 (4), 1-21.

Djufri, E., Septiani, D., & S H, Ahmad. (2022). Analisis Profil Keterampilan Berpikir Kritis Konsep Sains Mahasiswa PGSD. Pendas: Jurnal Ilmian Pendidikan Dasar. 7 (2), 363-372.

Danoebroto, S. W., & Listiani, C. (2020). “Analisis Berpikir Komputasi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Terkait Skala”. EDUMAT: Jurnal Edukasi Matematika. 11 (1), 1–11.

Kamil, M. R. (2021). “Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada Materi Pola Bilangan”. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 12 (2), 259-269.

Latif et al. (2021). “Pengenalan Computational Thinking pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Wathan Marcapada Lombok Barat”. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4 (1), 33-40.

Santoso, H. A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Proposal Penelitian pada FMIPA UNM Malang: tidak diterbitkan.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). “Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar”. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad. 8 (2), 107-117.

Sulistya, H. Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Kelas VII A SMP Pangudi Luhur ST. Vincentius Sedayu Tahun ajaran 2020/2021 dalam Menyelesaikan Soal Bebras Task pada Materi Perbandingan. Skripsi pada FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Tresnawati, D. et al. (2020). Edukasi Cara Berpkir Komputasi Melalui Tantangan Bebras 2020 di Garut”. Jurnal PkM MIFTEK. 1 (2), 181-186.

Downloads

Published

2023-05-20

Most read articles by the same author(s)