PENGARUH PENGGUNAAN BUBUR KERTAS TERHADAP KREATIVITAS SENI RUPA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Chusnul Hayati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Irna Khaleda Nurmeta PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7800

Keywords:

Kata Kunci : Bubur Kertas, Kreativitas Seni Rupa, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi saat pembelajaran SBDP di kelas adanya keterbatasan alat dan bahan untuk membuat karya seni rupa tiga dimensi. Kreativitas siswa yang masih kurang dikarenakan saat pembuatan karya seni rupa tiga dimensi siswa merasa sulit membuatya dan terkadang karya yang dibuat hasil mendapat bantuan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bubur kertas terhadap kreativitas seni rupa siswa di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi Ekperimental Design. Populasi penelitian ini yakni 30 orang siswa kelas IV SDN Lamping 2, dengan jumlah siswa sebagai kelas eskperimen 15 orang dan jumlah siswa kelas kontrol 15 orang. Teknik pengumpulan data berupa data nontes dengan instrument wawancara dan tes dengan instrument lembar tes. Teknik analisis data menggunakan paired sampels t-test yang sebelumnya telah diketahui homogenitasdan normalitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pada posttest pada kelas eskperimen sebesar 76,8, dan untuk kelas kontrol memiliki nilai ratarata post-test sebesar 65,5. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil tersebutdapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan bubur kertas terhadap kreativitas seni rupa siswa di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, et al. (2020). “Pembelajaran

Seni Budaya Dan Prakarya

(Sbdp) Di Madrasah Berbasis

Kearifan Lokal”. 3 (2). 88-90.

Basyari, et al. (2022). Daur Ulang

Limbah Kertas Menjadi Media

Pembelajaran Literasi Peta

Pada KKG SD Kota Ciberem.

Jurnal Pengabdia Masyarakat.

(1). 87-98.

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume XX Nomor XX, Bulan Tahun

Handayani, et al. (2021). “Nilai

Karakter pada Motif Batik

Sejarah Khas Ngawi sebagai

Muatan Pendidikan Seni Rupa

di Sekolah Dasar”. Jurnal

Basicedu. 5 (2). 619 – 626.

Hasanah & Suyadi. (2020).

”Pengembangan Kreativitas

Dan Konsep Diri Anak Sekolah

Dasar”. Jurnal Riset

Pendidikan Dasar. 03 (2). 162-

Komalasari D, Dewi K, Taher M,

(2021) Pengaruh Penggunaan

Media Stick Figure terhadap

Kreativitas Siswa Dalam Mata

Pelajaran Seni Budaya Dan

Prakarya (Sbdp) Kelas 5 Di

Sdn 20 Ampena. Jurnal Imiah

profesi Pendidikan. 6(3). 283-

Salam et a. (2020). Pengetahuan

Dasar Seni Rupa. Makasar:

Badan Penerbit UNM.

Septikasari. R. et al. (2021).

Sosialisasi Pembuatan Karya

Seni Patung Dengan Teknik

Butsir Untuk Membentuk

Kreativitas Mahasiswa

Program Studi PGMI STKIP

Nurul Huda. STKIP Nurul

Huda. 23-27.

Sugiono. (2022). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Alfabeta: Bandung.

Yuliani et al. (2020). Memacu

Kreativitas dalam Bermain.:

Pembelajaran Anak Usia Dini.

Jakarta;Sinar Grafik Offset.

Downloads

Published

2023-05-26