PENGEMBANGAN E-MODUL TERHADAP KEMAMPUAN OLAH TUBUH DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7799Keywords:
Pengembangan, e-modul, seni tariAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan e-modul terhadap kemampuan olah tubuh dalam pembelajaran seni tari di sekolah dasar dan mengetahui kelayakan e-modul terhadap kemampuan olah tubuh dalam pembelajaran seni tari di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian ini berupa penilaian ahli melalui uji coba produk dan uji coba lapangan terhadap peserta didik. penilaian ahli media mendapatkan penilai 94,4%, ahli materi mendapatkan penilaian 96,7%, ahli wayang mendapatkan penilaian 93,3%, ahli praktisi mendapatkan penilaian 93,8%. Penilaian dari uji coba lapangan yang dilakukan oleh peserta didik melalui respon mendapatkan nilai 79% dan tes peserta didik mendapatkan nilai 70% dengan kategori “Baik”. Dengan demikian produk e-modul yang kembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Pengembangan, e-modul, seni tariDownloads
References
Herawati NS, dkk. (2020). “Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI IPA SMA, Jurnal At-Tadbir Darul Kamal NW Kembang Kerang, 4 (1), 57-69
Hamzah A, (2019), “Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development”. Malang: Literasi Nusantara
Lestari, S. (2018). “Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2 (2), 94-100
Maharani AP. (2022). “Pembelajaran Tari Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di SMPN 13 Bandar Lampung”, Skripsi Mahasiswa Universitas Lampung, Bandar Lampung
Putriyani, IJ. (2021). Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar Kelas IV MI/SD. Skripsi mahasiswa pada UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta
Rahmadayanti D, dkk. (2022), “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, 6 (4), 7174-7187
Restian, A. (2019). Koreografi Seni Tari Berkarakter Islami untuk Anak Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Rusmayana T, (2021). “Model Pembelajaran ADDIE Iintegrasi Pedati di SMK PGRI Karisma Bangsa”. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung
Sandi NV, (2018). “Pembelajaran Seni Tari Tradisional di Sekolah Dasar”, Jurnal Dilekta Jurusan PGSD. 8 (2), 147-161
Sugianti R, (2019). “Implementasi Olah Tubuh Dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 1 Sewon”, Skripsi Mahasiswa Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Taufik A, (2021), “Analisis Sistematika Charles Sanders Peirce Pada Makna Pesan Wayang Sukuraga Dalam Memaknai Kehidupan Sebagai Manusia”, Skripsi Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia, Bandung.
Wahyudi AV, dkk, (2020). “Olah Tubuh dan Olah Rasa Dalam Pembelajaran Seni Tari Terhadap Pengembangan Karakter”, JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 5 (2), 96-110
Wulandari E, (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Book Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk SMP Kelas VIII, Skripsi Mahasiswa UIN Raden Intan, Lampung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.