ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI MEMBACA PADA KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Astri Sutisnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Edwita Universitas Negeri Jakarta
  • Gusti Yarmi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10851

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Literasi Membaca, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran literasi membaca pada kurikulum merdeka jenjang satuan pendidikan sekolah dasar.  Kompetensi pedagogik yang dimaksud merupakan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran siswa yang meliputi pemahaman wawasan atau landasan kependidikan (kemampuan mengelola pembelajaran), pemahaman terhadap peserta didik, perancangan pembelajaran berbasis literasi membaca, pelaksanaan pembelajaran berbasis literasi membaca, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dimana penelitian ini dilakukan di 3 sekolah dasar yang telah melaksanakan kurikulum merdeka di kota sukabumi. Peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji kredibilitas untuk menguji keabsahan data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru SD pada pembelajaran berbasis literasi membaca di kurikulum merdeka dari tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran berbasis literasi membaca dan evaluasi pembelajaran di Sekolah Penggerak Kota Sukabumi memiliki nilai rata-rata total yaitu 1,67 dengan kriteria sangat kompeten. Artinya bahwa guru memiliki kompetensi pedagogic yang sangat kompeten dalam melaksanakan pembelajaran berbasis literasi membaca pada Kurikulum Merdeka Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Literasi Membaca, Kurikulum Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainun Rachmawati dan Yuni Nurhamida. 2018. “庄 声 1 李思莹 2 ( 1.2.” 06(1):68–72.

Alejos, Henry. 2017. “No Titleالابتزاز الإلكتروني.. جرائم تتغذى على طفرة «التواصل ال.” Universitas Nusantara PGRI Kediri 01(01):1–7.

Bararah, Isnawardatul. 2017. “Efektifitas Perencanaan Pembelajaran Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Jurnal MUDARRISUNA 7(1):131–47.

Chairunnisa, Chairunnisa. 2018. “PENGARUH LITERASI MEMBACA DENGAN PEMAHAMAN BACAAN (Penelitian Survei Pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta).” Jurnal Tuturan 6(1):745. doi: 10.33603/jt.v6i1.1584.

Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca Pada Program Pisa. Litera, 17, (1), hal 90-106. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/download/19048/pdf

Herwina, Wiwin. 2021. “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35(2):175–82. doi: 10.21009/pip.352.10.

Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Rijal Abdullah, and Agariadne Dwinggo Samala. 2021. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 21st Century Skills : TVET Dan Tantangan Abad 21.” 3(6):4340–48.

Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, and Bambang Syamsul Arifin. 2022. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1):1224–38. doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3622.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud.

Mujiburrahman, Mujiburrahman, Baiq Sarlita Kartiani, and Lalu Parhanuddin. 2023. “Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka.” Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1(1):39–48. doi: 10.33830/penaanda.v1i1.5019.

OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and analytical framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. In PISA. OECD Publisher. https://doi.org/10.1787/9789264255425

Permendikbud. 2022. “Standar Penilaian Pendidikan Permendikbudristek No 21 Tahun 2022.” Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi.

Puspitarini, Dyah. 2022. “Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Abad 21.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 7(1):1–6. doi: 10.51169/ideguru.v7i1.307.

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3)

Rusdiana, & Heryati, Y. (2015). Pendidkan Profesi Keguruan. Bandung: Pustaka Setia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 28, Ayat 3 butir (a)

Santos, Sara, Diogo Coutinho, Bruno Gonçalves, Wolfgang Schöllhorn, Jaime Sampaio, and Nuno Leite. 2018. “Differential Learning as a Key Training Approach to Improve Creative and Tactical Behavior in Soccer.” Research Quarterly for Exercise and Sport 89(1):11–24. doi: 10.1080/02701367.2017.1412063.

Sholeh, Muh. 2007. “Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Tingkat SMA Dalam Konteks KTSP.” Jurnal Geografi 4(2):129–37.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1, Ayat 1

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 1, Ayat 10.

Downloads

Published

2023-11-14

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>