PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) PADA SISWA KELAS V SD 7 BULUNG KULON

Authors

  • Widya Putri Cahyani Universitas Muria Kudus
  • Khamdun Universitas Muria Kudus
  • Lintang Kironoratri Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8856

Keywords:

Predict Observe Explain (POE), Hasil Belajar, Pengetahuan dan Keterampilan

Abstract

Hasil belajar yang rendah disebabkan oleh pengajaran yang masih bersifat sebagai transfer pengetahuan saja daripada proses mencari pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Dengan demikian, pembelajaran yang dilakukan tidak bermakna. Oleh karena itu, pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat penting, karena tidak semua metode pembelajaran dapat digunakan pada tiap pokok bahasan. POE merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu mengeksplorasi pengetahuan awal siswa, serta meninggalkan pemahaman konsep yang nantinya bermuara pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model Predict Observe Explain (POE) pada siswa kelas V SD 7 Bulung Kulon. Subjek dari penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 17 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan. Pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model POE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan aspek psikomotorik. Pada prasiklus hasil belajar kognitif muatan Bahasa Indonesia hasil ketuntasan belajar 41,17% menjadi 76,47% pada siklus I dan meningkat pada siklus II dengan perolehan ketuntasan belajar 94,11%. Prasiklus hasil belajar kognitif muatan IPA hasil ketuntasan belajar 35,29% menjadi 70,58% pada siklus I dan meningkat pada siklus II dengan perolehan ketuntasan belajar 88,23%. Sedangkan untuk hasil belajar psikomotorik muatan Bahasa Indonesia diperoleh presentase ketuntasan belajar pada siklus I 69,9% menjadi 78,11% pada siklus II. Pada hasil belajar psikomotorik muatan IPA diperoleh presentase ketuntasan belajar pada siklus I 69,41% menjadi 80,00% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ai Linda Nurmalasari, Asep Kurnia Jayadinata, Maulana. (2016). Pengaruh Strategi Predict Observe Explain Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah 1(1):181–90.

Aida, Tantin Noor, Subuh Anggoro, and Ana Andriani. (2019). Analisis Berpikir Kritis Siswa Melalui Model POE (Predict-Observe-Explain) Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia 2(2):164–72. doi: 10.31949/jee.v2i2.1496.

Inajati, Ani Satul. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Journal of Student Research (JSR) 1(1):1–6.

Khamdun. (2015). Media Pembelajaran IPA Berbasis Alam Untuk SIswa Tunanetra Dalam Penidikan Karakter. Seminar Nasional Pendidikan Sains V 524–32.

Kironoratri, Lintang. (2020). Buku Kumpulan Puisi Anak Berbasis Kearifan Lokal Daerah Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Bahterasia 1(2):55–60.

Maesaroh, Siti. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam 03(02). doi: Prefix 10.33853.

Mulyani, Laras Dwi. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses IPA Kelas IV.

Ni Nyoman Supuwiningsih, Aniek Suryanti Kusuma, Evi Lestari Pratiwi, Ni Wayan Cahya Ayu Pratami. (2022). Statistik Forecasting Dalam Sistem Informasi Geografis. edited by R. R. Rerung. Bandung: Media Sains Indonesia.

Rachmawati, Ryna. (2018). Analisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Dan Kompetensi Dasar (KD) Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan 12(34):231–39. doi: 10.38075/tp.v12i34.73.

Rosdianto, Haris, Eka Murdani, and Hendra. (2017). Implementasi Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika 6(1):55–58.

Santika, I. Gusti Ngurah, and I. Nyoman Sudiana. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 11(4):466. doi: 10.23887/jjpbs.v11i4.42052.

Sari, Ade Risna. (2021). Implementasi Kebijakan Kurikulum K-13. Pekalongan: Penerbit NEM.

Susana, Susi. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SDN 10 Sungai Tengah Kabupaten Siak.

Syar, Nur Inayah. (2018). Kajian & Pembelajaran IPA MI/ SD. IAIN Palangkaraya 1–24.

Downloads

Published

2023-07-11

Most read articles by the same author(s)