PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA, PENDEKATAN KEBUDAYAAN ASAL-USUL MELALUI MODEL PBL KELAS 4 SDN TLOGOMAS 2 MALANG

Authors

  • MELLYTA HANUNG PRATIWI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
  • TRISAKTI HANDAYANI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
  • ARINA RESTIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8780

Keywords:

Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Asal-Usul, PBL

Abstract

Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang digunakan untuk meneliti kenaikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Asal-Usul menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Prosedur PTK meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi (Arikunto, Suhardjono., and Supardi. 2009). PTK ini dilakukan di SD Negeri Tlogomas 2 Malang pada Semester Ganjil TP.2022/2023, dengan subjek penelitian siswa kelas 4 SD Negeri Tlogomas 2 Malang. Teknik analisis data menggunakan dua jenis yaitu (1) analisis kualitatif meliputi pengumpulan informasi, reduksi informasi, sajian informasi, serta penarikan kesimpulan (2) analisis kuantitatif untuk menganalisis skor total pretest serta posttest siswa. Dari hasil pretest, posttes I serta posttest II yang telah dilaksanakan dan dicoba perbandingan pada tiap siklus dapat dikatakan bahwa penerapan pembelajaran PBL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat memberikan peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil dari PTK memperlihatkan pada Siklus I hanya 13 orang atau 46,5% dari 28 orang siswa yang telah melebihi standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) sehingga dari hasil tersebut masih dianggap dalam kategori rendah. Sedangkan pada Siklus II terdapat 26 siswa atau 92,8% telah mencapai KKM sehingga dapat dinyatakan dalam kategori tinggi. Dari hasil riset tersebut, bisa disimpulkan bahwa mempraktikkan model pembelajaran PBL dapat memberikan peningkatan pada hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri Tlogomas 2 Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Suhardjono., and Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi.

Hutami, Septika Sari. 2023. “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Keragaman Budaya Indonesia Terhadap Hasil Belajar Ipas Materi Keragaman Budaya Kelas Iv Sd Negeri Gabusbanaran Jombang.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09(1):1804–14.

Kemmis, M. Taggart, and R. Nixon. 2014. “The Action Research Planner:Doing Critical Participatory Action Research.” Springer.

Muhammadi. 2020. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendiidkan Tambusai 4:1494–99.

Novelni, D., and E. Sukma. 2021. “Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Para Ahli.” Journal of Basic Education Studies 4(1):3869–88.

Nurfidah, Evi Rosdiyanti, and Noni Antika Khairunnisah. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP Harapan Bima.” 8(2):1518–22.

Saptono, Dwi Yuni, Rahmawati Patta, and Kadarisman. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas 4 Menggunakan Problem Based Learning.” Pinisi Journal PGSD 2(1):81–92.

Sitohang, Tarapul Theresia. 2023. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X Ips 1 Terhadap Pembelajaran Sejarah Dengan Materi Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Menggunakan Debat Di Sma Cahaya Medan T.A 2020/2021.” 2(2):135–43.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 11th ed. Bandung: Alfabeta.

Yandhari, I. A. V, T.P., and D. Halimatusadiah. 2019. . “. Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV.” Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 10(2):146–52.

Downloads

Published

2023-07-09

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>