PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V UPT SATUAN PENDIDIKAN SDN SENTUL 3 KOTA BLITAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KURIKULUM MERDEKA
Keywords:
Model Problem Based Learning, media, kurikulum merdekaAbstract
Materi teks nonfiksi merupakan materi yang penting untuk dipelajari oleh peserta didik kelas 5 pada kurikulum merdeka ini. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upt satuan pendidikan sdn sentul 3 kota blitar melalui model pembelajaran problem based learning pada kurikulum merdeka. Dalam pembelajaran juga menggunakan media pembelajaran berteknologi berupa aplikasi gamefikasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan Teknik tes (tertulis terhadap materi Teks Nonfiksi. Hasil penelitian tindakan kelas menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas 5 UPT Satuan Pendidikan SDN Sentul 3 Kota Blitar sebesar 18% dari Siklus I (61%) ke Silus II (79%)Downloads
References
Agus, J., Agusalim, A., & Irwan, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 6963–6972.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361.
Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(30), 183–193.
Fauziah, N. N., Lestari, R., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Perkembangan Pendidikan IPS di Indonesia pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1).
Hadinata, R. (2023). Penerapan Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Hikmah Dan Manfaat Syajaah Di Kelas Xi Ips 1 Sman 2 Kuala Kapuas. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 3(1).
Haryati, S., & SD, S. P. (2022). Buku Dalam Bidang Pendidikan PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR. Cahya Ghani Recovery.
Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Gaya Belajar Auditorial terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1–8.
HS, E. F. H. S., Khaedar, M., & Asriati, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas Iv Sd Inpres Borong Jambu Ii Kota Makassar. Celebes Education Review, 1(1), 59–69.
Idris, I., Sida, S. C., & Idawati, I. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Indonesian Journal Of Primary Education, 3(2), 58–63.
Ikrom, F. D. (2022). Metode Latihan (Drill) Pada Mata Pelajaran Ips Materi Perjuangan Para Tokoh Daerah Dalam Melawan Penjajah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Ptk Di Kelas V Sdn Panancangan I Kota Serang). Pelita Calistung, 3(02), 55–69.
Jusuf, H., Sobari, A., & Fathoni, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa SMA Di Era Covid-19:-. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1).
Mira, M., & Putri, A. S. (2022). Pengaruh media power point terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 41–44.
Novelita, N. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kurikulum Merdeka Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1538–1550.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 62–71.
Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 1(2), 99–108.
Setyosari, P., & Sumarmi, S. (2017). Penerapan model problem based learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188–1195.
Tahajudin, D., Atikah, C., & Nulhakim, L. (2023). Efektivitas Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Montor 1 Kab. Pandeglang. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 9(2).
Wau, M. P. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDI Bajawa Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 1(4), 239–245.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.