PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MATERI KARYA SENI 2 DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR PADA KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7861Keywords:
Kata Kunci: Hasil Belajar, Karya seni 2 dimensi, Project Based LearningAbstract
Penelitian ini didasarkan pada hasil belajar peserta didik yang rendah karena guru belum menerapkan model pembelajaran yang baik, inovatif, kreatif dan bervariasi. Sehingga peserta didik di kelas cenderung pasif dan kurang antusias. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran karya seni 2 dimensi dengan menerapkan model Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas III UPT Satuan Pendidikan Sentul 3 Kota Blitar dengan jumlah 28 yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan ketuntasan 60,71% dan siklus II 92,85%. Menurut hasil tersebut dengan menerapkan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III pada materi karya seni 2 dimensi.Downloads
References
Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (Pjbl) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7 (2), 145–150. https://Doi.Org/10.24176/Re.V7i2.1225
Ashar, A. F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Dengan Model Kooperatif Tipe Auditory,Intellectually, Repetition Di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, VOLUME 5 NOMOR 3, 116-122.
Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., & Hidayati, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Melalui Model Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 205–218. Http://Journal.Rekarta.Co.Id/Index.Php/Jartika/Article/View/281
Fadhillah, F., & Awrus, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Karya Seni Rupa Dua Dimensi Untuk Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Padang. Serupa The Journal Of Art Education, 10(1), 64. Https://Doi.Org/10.24036/Sr.V9i3.112310
Fahrurrozi, F., Sari, Y., Hasanah, U., & Utami, A. D. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Sbdp Materi Kerajinan Ikat Celup Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 870.Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V11i3.8928
Istikakimi. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Dan Keterampilan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Siswa Kelas Vi Sdn Sukorejo 1 Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, Volume 1, Nomor 3, 210-216.
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Project Based Learning (PJBL). Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 25 No. 1, 1-10.
Mayuni, K. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru , Vol. 2 No. 2, 183-193.
Mega Farihatun, S., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Ter-Hadap Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635–651. Https://Doi.Org/10.15294/Eeaj.V8i2.31499
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i4.262
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3431
Rasyid, A. H. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Journal Of Vocational And Technical Education (JVTE), 1(1), 28–37.Https://Doi.Org/10.26740/Jvte.V1n1.P28-37
Restian, A. (2023). Analisis Konstruksi Flipchart Literasi Numerasi Merdeka Belajar Dengan Pendekatan Educational Art. Journal On Teacher Education ( JOTE ), Volume 4 Nomor 3 , 784-794.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. Https://Doi.Org/10.23917/Varidika.V30i1.6548
Setyawan, R. I., Purwanto, A., & Sari, N. K. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(2), 81–93. Https://Doi.Org/10.32585/Jdb.V2i2.372
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54.Https://Doi.Org/10.24815/Pear.V6i1.10703
Susmidah, H. A. (2021). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Gempolsari I. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 46-50.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research And Development Journal Of Education, 8(1), 185. Https://Doi.Org/10.30998/Rdje.V8i1.11718
Widiastutik, D. (2023). Penerapan Model Pjbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 7 Nomor 1, 4090-4096.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.