PENGARUH PEMBERIAN REWARD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8283Abstract
ABSTRACT The purpose of this research was to determine the effect of giving rewards in the mathematics subject of the Independent Curriculum on the learning outcomes of fourth grade students. This type of research is classroom action research. Data collection techniques using the method of observation, documentation, and tests. While the data analysis technique uses a qualitative descriptive analysis technique. The results of this study indicate that there is an increase in the learning outcomes of mathematics in the Independent Curriculum after giving rewards, in the first cycle the learning completeness scores reach 35.7%, in the second cycle the learning completeness scores reach 60.7% 85.8% have finished studying. Keywords: rewards1, mathematics lessons2, Independent Curriculum3, learning outcomes4 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward pada mata pelajaran matematika Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika Kurikulum Merdeka setelah pemberian reward, pada siklus I nilai ketuntasan belajar mencapai 35,7%, pada siklus II nilai ketuntasan belajar mencapai 60,7% sudah tuntas belajar, pada siklus III nilai ketuntasan belajar mencapai 85,8% sudah tuntas belajar. Kata Kunci: reward1, pelajaran matematika2, Kurikulum Merdeka3, hasil belajar4Downloads
References
Afitrah cHartono c(2017) cPengaruh cPemberian cReward cDan cPunishment cTerhadap cMotivasi cBelajar cPeserta cDidik cKelas cV cMI cAs cAdiyah cBanua cBaru cKecamatan cWonomulyo cKabupaten cPolewali cMandar. cUniversitas cIslam cnegeri cAlauddin cMakasar.
Arikunto c(2010) c‘Suharsimi cArikunto.pdf’, cin cProsedur cPenelitian cSuatu cPendekatan cPraktik-Revisi cke cX.
Azwar c(2017) cMetode cPenelitian cPsikologi. cEdited cby cPustaka cPelajar. cYogyakarta: cPustaka cPelajar.
Jannah, cA. c(2013) c‘Pengaruh cPemberian cReward cGuru cterhadap cKeaktifan cBelajar cSiswa cKelas cXI cdalam cMengikuti cPelajaran cAl cQuran cHadits cMAN cTengaran cKab. cSemarang cTahun cPelajaran c2013’, cPendidikan cIslam, c2 c(1).
Karunia, cN. cD. c(2015) c‘Pemberian creward cterhadap chasil cbelajar cmatematika csiswa cditinjau cdari csikap csiswa cdalam cbelajar cpada csiswa ckelas cVII’, cJurnal cUNIVERSITAS cMUHAMMADIYAH cSURAKARTA, c2 c(3).
Kusrini, cA. cdan c(2014) c‘Pengaruh cPemberian cPenguatan cterhadap cHasil cBelajar cMatematika cSiswa cKelas cVII cSMP cNegeri c1 cKamal cpada cMateri cBilangan cBulat’, cMathedunesia, c3 c(1).
Lutifa, cD. c(2022) c‘Penerapan cKurikulum cMerdeka cDalam cPembelajaran cMatematika cSmk cDiponegoro cBanyuputih’, cVOCATIONAL : cJurnal cInovasi cPendidikan cKejuruan, c2 c(4).
Nugroho, cB. c(2010) cReward cand cPunishment. cJakarta: cBulletin cCipta cKarya.
Rahman, cA. cN. c(2021) c‘Manajemen cSekolah cDalam cUpaya cMempersiapkan cPeserta cDidik cYang cBerkarakter c(Studi cDi cSekolah cDasar cAnak cSaleh cMalang)’, cPrimary cEducation cJournals c(Jurnal cKe-SD-An), c1(2), cpp. c63–71. cdoi: c10.33379/primed.v1i2.724.
Rusdiana c(2016) c‘Reward cand cPunishment cdalam cPerspektif cPendidikan cIslam’, cIttihad, cIV c(5).
Susi cAndriani c(2018) c‘Penerapam cReward csebagai cUpaya cMeningkatkan cMotivasi cBelajar cSiswa cdalam cPembelajaran cIPS cKelas cIII cA cdi cMIN cTempel cNgaglik cSleman’, cJurnal cTarbiyah cdan cKeguruan, c(2) c1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.