PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MATA PELAJARAN IPAS KONTEKS MERDEKA BELAJAR KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sofiatul Hidayati UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
  • Arina Restian

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7860

Keywords:

IPAS, Kreativitas, Project based learning,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas peserta didik kelas IV UPT Satuan Pendidikan SDN Sentul 3 Kota Blitar konteks merdeka belajar. Dimulai dari observasi yang dilakukan di kelas IV menunjukkan rendahnya kreativitas peserta didik dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu 28 peserta didik kelas IV UPT Satuan Pendidikan SDN Sentul 3 Kota Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: 1) Observasi melalui pada saat pembelajaran. 2) Pemberian tes kreativitas sesuai dengan rubrik Greinstein. 3) Dokumentasi untuk menunjukan kegiatan yang dilakukan selama penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase kreativitas yang dimulai dari tahap pra siklus sampai dengan siklus 2. Pada tahap pra siklus rata-rata kreativitas peserta didik dalam satu kelas yaitu 26%. Pada siklus 1 di pertemuan 1 diketahui presentase kreativitas peserta didik sebanyak 60% pada siklus 1 pertemuan 2 yaitu 70% Dan siklus 2 pertemuan 1 sebanyak 80% dan siklus 2 pertemuan 2 yaitu 86%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model project based learning konteks merdeka belajar dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas IV Sekolah Dasar pada mata pelajaran IPAS  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cholily, Y. M. (2022). Instructional design: urgensi kurikulum budaya berbasis muatan lokal kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 6 No. 2, 70-79.

Erisa, H. (2021). Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 1-11.

Fitri Agustina Lubis. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa melalui Model Project Based Learning. Peteka (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), Volume 1 Nomor 3 , 192-201.

Fuadi, T. M. (2021, Juli : ). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan dan Kedala yang Dihadapi oleh Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vo. 5, No. 2, 603-614.

Hartono, D. P. (2019). PjBL UNtuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif Tentang Peran Model Pembelajaran Pjbl Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Indri Octaviyani, Y. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Project-Based Learning dengan Pendekatan STEM. Journal on Mathematics Education Research,, Volume 1, Nomor 1, , 10-14.

Nugraha, A. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 5 SD. KALAM CENDEKIA,, Vol 6, No 4.1, 9 – 15.

Nugrohadi, S. (2022, Juni ). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 16, No. 1, 77-80.

Ramadhan, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dalam Pembelajaran Daring di Kelas IX SMP. Jurnal Pelita Pendidikan, 237-243.

Restian, A. (2023). Analisis Konstruksi Flipchart Literasi Numerasi Merdeka Belajar dengan Pendekatan Educational Art. Journal On Teacher Education, 784-794.

Sari, R. T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Varia Pendidikan, 79-83.

Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity. Jurnal Muara Pendidikan, Vol. 4 No. 2 (2019), 455-466.

Sari, S. P. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akutansi, 119-131.

Septikasari, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume VIII Edisi 02, hlm 112-122.

Setiawan, L. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 1879-1887.

Sukmawijaya, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Stem-Pjbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 28-43.

Trimawati, K. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian IPA Terpadu dalam Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP . QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains,, Vol. 11, No. 1, 36-52.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning And Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 1 . Makalah SENCO UNIJOYO, 1-18.

Downloads

Published

2023-06-19

Most read articles by the same author(s)