TEORI DAN JENIS GAYA KEPEMIMPINAN

Authors

  • Ileena Ramadhanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofyan Iskandar Program Pascasarjana Magister PGSD UPI Kampus Cibiru

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.8434

Abstract

Gaya kepemimpinan merupakan sebuah kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang-orang didalam organisasi maupun diluar organisasi dalam bekerja sama untuk mencapai tujuan. Seorang pemimpin harus memiliki gaya kepemimpinan yang efektif pada kegiatan disekolah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja gaya kepemimpinan yang dapat dimiliki oleh seorang kepala sekolah agar memiliki dampak yang besar terhadap kualitas pendidikan di sekolah, tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan temuan baru mengenai gaya kepemimpinan yang dapat diterapkan dalam pengelolaan sekolah. Metode pada penelitian ini menggunakan literature review dengan bersumber pada jurnal-jurnal melalui survei literatur dengan mengumpulkan berbagai referensi, mempelajari teori yang relevan, dan menganalisis teori dan jenis gaya kepemimpinan. Dan hasil dari penelitian ini yaitu Seorang pemimpin dapat menentukan gaya kepemimpinan yang dapat di terapkan di sekolah atau lembaga yang lain dengan harapan dapat mencapai tujuan yang ingin di capai oleh serorang pemimpin. Pemimpin juga dapat menerapkan satu sampai tiga bahkan lebih gaya kepemimpinan untuk mengelola sekolah. Kata kunci : kepemimpinan, gaya kepemimpinan, pemimpin

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, S. (2014).Manajemen Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.

Ady, F., & Wijono, D. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 2(2), 101. https://doi.org/10.30588/jmp.v2i2.278 Agus Jamaludin. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt.Kaho Indahcitra Garment Jakarta. Resources Policy, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.30998/jabe.v3i3.1767

Aguswara, W. W., & Rachmadtullah, R. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 369-385. https://doi.org/10.21009/JPUD.112.14

Anggit M. Siddiq, dkk., Kajian Pustaka dalam Artikel Jurnal, Hasil Laporan Penelitian, (Bandung: Universitas Pendidikan, 2020) hlm. 6.

Azizah, R. N., & Abadi, A. P. (2022). Kajian Pustaka: Resiliensi dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104-110.

Bayu Hendro Priyono, Nurul Qomariah, P. W. (2018). pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi guru dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja guru SMAN 1 Tanggul Jember. 4(2), 144-160. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1758

Bush, T. (2015). Organisation Theory in Education: How does in inform school leadership? Journal of Organizational Theory in education. 1 (1), 35-47. Bush, T. & Glover, D. (2014). School Leadership models: What we do know? School Leadership & Management. 34 (5), 553-571

Chen, C., Tsai S., Chen, H., & Wu, H. (2016) .The Relationship between the Principal’s Positive Leadership and School Effectiveness-Take School Organizational Culture as The Mediator. European Journal of Psychological Research. 3 (2), 12-23

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.

Gaol, N. T. L. (2017). Teori dan implementasi gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213-219.

Giltinane, CL. (2013) . Leadership Style and Theories. Nurshing Standard. 27 (41), 35-39.

Jaya, W. S. (2022). Kinerja guru ditinjau dari gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1286-1294.

Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 78-86. https://jurnallp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/47

Ng, F.S.D., Nguyen, T. D., Wong, K.S.B., & Choy, K. W. W. (2015). Instructional leadership practices in Singapore. School Leadership & Management. 35 (4), 388-407

Nur, E. (2015). Islamic Educational Leadership. Yogyakarta: Kalimedia.

Nurmasyitah, AR, M., & Usman, N. (2015a). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sd Negeri Lambaro Angan. Administrasi Pendidikan, 3(2), 159-168.

Northouse, P. G. (2013). Kepemimpinan: Theori dan Praktik (Terjemahan), Jakarta: PT. Indeks.

Rizaldi, A. (2017). Peningkatan Motivasi Kerja Melalui Gaya Kepemimpinan. Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 11(2), 151-170.

Rosyadi, Y. I. (2015). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124-133. https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6276

Rukmana, A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 81-98. https://doi.org/10.32670/coopetition.v9i1.54

Silfianti. (2013). Kontribusi kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Padang Timur. Jurnal Manajemen Administrasi Pendidikan. 1 (1), 220-461

Sukri, K. (2018). Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Religiusitas Dengan Kinerja Karyawan. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 2(2), 116-130. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/1891

Downloads

Published

2023-11-02