IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ileena Ramadhanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nenden Ineu Herawati PGSD PGSD Universitas Pendidikan Indonesia kampus di Cibiru

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14873

Abstract

Pendidikan inklusi adalah pendekatan pendidikan yang berusaha untuk memastikan bahwa semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, dapat belajar bersama di lingkungan yang sama dan mendapat dukungan yang sesuai dengan kebutuhan individu mereka.tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi Pendidikan inklusi di salah satu sekolah dasar dikota bandung serta untuk mengetahui rancangan Pendidikan inklusi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk meninjau dan mengeksplorasi pendidikan inklusif  pada sekolah dasar Hasil penelitian yaitu Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa manajemen pendidikan inklusif di sekolah telah berjalan baik. Fasilitas memadai, individu yang bertanggung jawab, dan guru pendamping khusus (GPK) menunjukkan komitmen sekolah dalam menyediakan lingkungan yang mendukung pendidikan inklusif. Meskipun terdapat perbedaan kurikulum antara kelas 1 dan 4 yang mengadopsi Kurikulum Merdeka dan kelas lainnya menggunakan Kurikulum 2013, hal ini mencerminkan upaya menyesuaikan kebutuhan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Herawati, N. I. (2021). Pendidikan Inklusif : dasar teori dan penerapan pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK. Bandung: UPI Press.

Jurnal :

Agustin, I. (2016). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Sumbersari 1 Kota Malang. Education and Human Development Journal, 1(1).

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan sekolah inklusi di Indonesia. Prosiding penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, 2(2).

Depdiknas, PLB, Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa, 2007.

Kemendikbud. (2022). Data Sebaran Satuan Pendidikan Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPPI) Jenjang SD. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/data-sebaran-satuan-pendidikanpenyelenggara-pendidikan-inklusif-spppi-jenjang-sd

Lestari, A., Setiawan, F., & Agustin, E. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Arzusin, 2(6), 602-610.

Ni’mah, N. U., Istirohmah, A. N., Hamidaturrohmah, H., & Widiyono, A. (2022).

Problematika Penyelenggara Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 345-353.

Romadhon, M., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kebijakan pendidikan inklusi sebuah solusi di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 109-115.

Wati, E. (2014). Manajemen pendidikan inklusi di sekolah dasar negeri 32 kota Banda Aceh. Jurnal ilmiah DIDAKTIKA, 14(2).

Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.

Downloads

Published

2024-06-22