UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI ABAD 21 MELALUI STRATEGI CAPS

Authors

  • Astri Nurfauziah Magister PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru
  • Dede Yunus Magister PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru
  • Sofyan Iskandar Magister PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22166

Keywords:

kolaborasi, komunikasi, Strategi CAPS

Abstract

Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi harus dimiliki oleh peserta didik sebagai keterampilan hidup (life skills) yang menunjang dalam kehidupan khususnya pada era abad 21, Namun realita yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa peserta didik masih berada pada tahap kurang berkembang pada kemampuan berkolaborasi dan Komunikasi. Hal ini disebabkan karena peserta didik mengalami kesulitan dalam mengeluarkan pendapat, tidak menguasai pembicaraan diskusi, terjadinya pengabaian pendapat, kepercayaan diri yang kurang, tidak mau bekerjasama, kurang memahami materi dengan baik, memiliki sikap egois yang tinggi, sehingga diskusi yang dilakukan tidak berjalan dengan baik dan berantakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi abad 21 melalui strategi CAPS (Concept, Action, and Presentation). Metode penelitian ini dirancang melalui kajian Library Research. Studi kepustakaan adalah proses mencari, membaca, dan menganalisis berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan hasil penelitian untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa strategi Concept, Action, and Presentation Strategis diyakini mampu menjadi salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berkolaborasi dan berkomunikasi peserta didik. Karena dengan menggunakan strategi ini maka guru memiliki peran penting dalam pelaksanaannya seperti membimbing dan menuntun peserta didik agar dapat meningkatkan kreativitas, cara berkomunikasi dan berkolaborasi, serta cara berpikir kritis terhadap permasalahan yang ada. Sehingga strategi ini tidak hanya mampu meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi peserta didik, namun juga dapat meningkatkan keterampilan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, L. (2021). Encouraging Students to Do Collaborative Learning In ESP Course To Strengthen Students’ Oral Communication Skill. JOLLT Journal of Languages and Language Teaching, 10(1), 76-84.

Al-Alawneh, H. &. (2019). Communication Skills in Practice. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(6), 1-19.

Almulla, M. A. (2020). The effectiveness of the Project-based Learning (PBL) approach as a way to engage students in learning. Sage Open, 10(3), 1-1

Dewi, e. a. (2020). Profil Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa pada Rumpun Pendidikan MIPA. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 52-72.

Ernawaty, E. Y. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Diskusi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat Pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Rejang Lebong. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 3(2), 435-456.

Humaeroh, S., Komariah, A., & Septiani, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS III SDN 013 PASIRKALIKI BANDUNG. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 1790-1800.

Indrajit, N. &. (2021). Cyber Pedagogy Guru sebagai Fasilitator & Coach dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI).

Kemdikbudristek. (2023). Revisi Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. Kemdikbudristek: Jakarta.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267-277.

Kurniawati, L. (2020). Metode Consultant Social Science dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(2), 557-580.

Linda, A. &. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: Pusat Penerbitan LPPM.

Nadhiroh, P. &. (2020). Keterampilan Kolaborasi Mahapeserta Didik Teknologi Pendidikan Dalam Mata Kuliah Kewirausahaan Berbasis Proyek. Jurnal Epistema, 1(1).

Redhana, I. (2019). Mengembangkan Keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan asesmen pembelajaran abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339.

Sari. K. Arum., Z. P. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Sains, 6(8), 1-7.

Seaqil’s, T. (2020). HOTS-Oriented Module: Project-Based Learning. Jakarta Selatan: Publisher: SEAMEO QITEP in Language.

Suhardjono & Haribowo, R. (2022). Buku Ajar Soft Skill dan Kepemimpinan. Yogyakarta: PT. Nas Media Indonesia.

Susetyarini, E. N. (2022). Analysis of Students’ Collaborative, Communication, Critical Thinking, and Creative Abilities through Problem-Based Learning. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 6(1), 32-42.

Wildayani, G. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN CAPS DI SMP. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 1241-1272.

Zaimatun. (2023). Kolaborasi Tps-Digidic pada Pembelajaran teks Naratif Dalam Pemenuhan Mutu Pembelajaran Aspek Literasi. Jurnal Didaktika, 7(2), 565-584.

Downloads

Published

2025-03-08

Most read articles by the same author(s)