Analisis Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25861Keywords:
Evaluasi pembelajaran, media digital, sekolah dasar.Abstract
Pentingnya penggunaan media digital dalam evaluasi pembelajaran di sekolahdasar tidak hanya meningkatkan efektivitas proses evaluasi, tetapi juga membantusiswa memperoleh keterampilan yang relevan dengan perkembangan zaman.Meskipun demikian masih banyak guru yang menghadapi kesulitan untukmenggunakan media digital dengan baik. Kondisi ini disebabkan oleh keterbatasankemampuan guru, masalah infrastruktur, dan kurangnya literasi digital guru dansiswa yang menjadi Kendala utama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisefektivitas penggunaan media digital dalam evaluasi pembelajaran di sekolahdasar. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR).Data dikumpulkan melalui Artikel yang telah direview dan dianalisis. Hasil penelitianini menunjukan bahwa penggunaan media digital dalam evaluasi pembelajaran disekolah dasar efektif meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar siswa melaluimetode yang lebih interaktif dan personalisasi pembelajaran. Meskipun terdapattantangan seperti kesenjangan akses teknologi dan kompetensi digital guru, mediadigital tetap memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap kualitas evaluasipembelajaran.Downloads
References
Aldyandra., Marlina., & Sirozi, M. (2024). Mengatasi tantangan pembelajaran berbasis digital dengan prinsip-prinsip dan tahapan perencanaan yang tepat. Unisan Jurnal, 3(5), 71-82.
Amri., Yusnaldi, E., Febriyanti, E., Lubis, N. W. F., & Lubis, M. T. (2025). Evaluasi Pembelajaran IPS: Pemanfaatan Media Digital di MI/SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 3998-4006. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/24950/16992/42342.
Anita, A., & Astuti, S. I. (2022). Digitalisasi dan ketimpangan pendidikan: studi kasus terhadap guru sekolah dasar di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1-12.
Arta, I. G. A. J. (2021). Digitalisasi pendidikan: Dilematisasi dan dehumanisasi dalam pembelajaran daring perspektif filsafat Paulo Freire. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 3, pp. 96-107).
Azzahro, T. A., & Subekti, F. E. (2022). Systematic literature review: efektivitas penggunaan media evaluasi digital dalam pembelajaran matematika. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8(2), 207-213.
Bujuri, D. A., Sari, M., Handayani, T., & Saputra, A. D. (2023). Penggunaan media sosial dalam pembelajaran: analisis dampak penggunaan media TikTok terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 112-127.
Cybersecurity and Infrastructure Security Agency (CISA). (2022). Cybersecurity considerations for online learning.
Educational Tools. (2025). Bagaimana mengatasi tantangan penilaian daring?. Diakses dari https://educational.tools/id/bagaimana-mengatasi-tantangan-penilaian-daring/.
Fitriani, F., Jamin, H., & Abidah, A. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Digital Google Form dalam Evaluasi Belajar Siswa. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 10(2), 169-177.
Garcia, M. F., Ramirez, S. F., & Martinez, L. R. (2020). Motivation and engagement in online learning: A review of the literature. Journal of Online Education, 28(2), 89-104.
Gulo, Y., Anzelina, D., & Sinaga, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Audio Visual Tema Indahnya Kebersamaan Kelas Iv. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 282-287.
Händel, M., Stephan, M., Gläser-Zikuda, M., Kopp, B., Bedenlier, S., & Ziegler, A. (2020). Digital readiness and its effects on higher education students’ socio-emotional perceptions in the context of the COVID-19 pandemic. Journal of Research on Technology in Education, 54(2), 267-280.
Haniko, P., Mayliza, R., Lubis, S., Sappaile, B.I., & Hanim, S. A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Untuk Memudahkan Guru Dalam Penyampaian Materi Dalam Pembelajaran. Community Development Journal, 4 (2), 2862 –2868.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Fadillah, A. R., Ayuni, F., Nur'Ani, F. D., Apriliya, M., & Realistiya, R. (2023). Efektivitas media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas 5 sekolah dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 7(3), 557-566.
Jannah, M., & Reinita, R. (2023). Validitas Penggunaan Media Komik Digital dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Berbasis Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1095–1104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4870
Johnson, A., Smith, K., & Williams, S. (2021). Internet access and educational disparities: A nationwide study. Journal of Educational Technology, 14(2), 67- 82.
Komalasari, S., Maulida, R., Nada, Q., Alfiyyah, R. A., Ariyanti, S., Firdaus, A. A., & Alindra, A. L. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Evaluasi Plickers Terhadap Peningkatan Antusiasme Siswa Kelas 4 Dalam Evaluasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 233-245.
Marlina, H., Sa’adah, H. M. R., Aszahra, L., Dewi, R., & Alpian, Y. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 52-65. https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/567.
Munauwarah, R., & Achadi, M. W. (2023). Identifikasi Kebijakan Digitalisasi dan Ketimpangan Pendidikan (Studi Kasus Guru Sekolah Dasar Kecamatan Raba Kota Bima). ALSYS, 3(4), 312-325.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan dasar di perbatasan pada era digital. Jurnal basicedu, 5(5), 3089-3100.
Rifda, E. T., Maulana, E., & Khafid, A. (2023). Pemanfaatan Media Evaluasi Digital Pembelajaran IPA MI/SD Materi Bunyi Dalam Membentuk Milenial Kreatif. In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol. 2, pp. 54-63).
Safitri, E., & Purnamasari, L. (2024). Seberapa Efektifkah Penggunaan Media Evaluasi Digital dalam Pembelajaran Siswa: Suatu Tinjauan. Jurnal Pembelajaran Digital dan Pendidikan Jarak Jauh , 3 (1), 897-901. https://doi.org/10.56778/jdlde.v3i1.303
Sahrin, E. F., Sitakar, S. M., Zahara, A. S., Lestari, A., & Sinabariba, D. P. O. (2024). Problematika Penggunaan Teknologi Terhadap Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa di Era Revolusi Digital 4.0 Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, (2019), 20-27.
Sembiring, L., & Sembiring, SS (2024). Penerapan Teori Penilaian bagi Guru Bahasa Inggris melalui PraktikDigital Teknologi. ABADI (Bahasa inggris Pengajaran Jurnal)Bahasa Indonesia: 15 (2), 378 – 387. https://doi.org/10.26877/abadi.v15i2.830
Seprie, S. (2024). Studi Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Digital dan Konvensional pada Siswa SD. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(7), 3890-3897.
Smith, J., Brown, A., & Taylor, R. (2020). Digital literacy among teachers: Challenges and opportunities. Journal of Digital Education, 5(1), 45-60.QR Code
Solihin, A., Subrata, H., Ummah, F. S., & Rodiyana, R. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Musik Nusantara Melalui Kartu Eksplorasi Kearifan Lokal QR-Code Di Sekolah Dasar . Jurnal Basicedu, 8(3), 2372–2385. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7989
Suleman, M. A., & Idayanti, Z. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Basicedu, 7(6), 3559-3570.
Susanto, A. (2023). Peran Media Digital dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 22(3), 150-159.
Tamara, Y. D., & Thohir, M. A. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(3), 454-462.
UNESCO. (2021). Digital Transformation in Education: Policy Brief. UNESCO Publishing.
Vachruddin, VP, Susanto, B.A., Karim, AR, Kusaeri, K.,& Aditomo, A. (2023). Industrikompetensi berbasis bahasa Inggris dan keahlian penilaian: belajar dari pengelolaan sebagai sesi pada SMK tengah dari kecualikenyakinan Dan kejuruan pendidikan Dan pelatihan (dokter hewan). Jurnal Pendidikan Teknologi Dsebuah Kejuruan , 29 (2), 208 – 229 https://doi.org/10.21831/jptk.v29i2.63801
Yasa, A. D., Suastika, K. K., & Zubaidah, R. S. A. N. (2020). Pengembangan e-evaluation berbasis aplikasi hot potatoes untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 26-32.
Yustisia, K. K., Winarsih, A. D., Lailiyah, M., Yudhawardhana, A. N., Binatoro, A. S., & Arifah, Q. (2023). Edukasi literasi digital siswa sekolah dasar tentang strategi keamanan dan manajemen siber. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 135-147
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.