KARAKTERISTIK DAN PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Eneng Mardiana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Zakia Nur Aras Wiguna Kusuma Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.20988

Keywords:

21st century teacher; facilitator; active learning; digital literacy; 21st century skills, Guru abad ke-21; fasilitator; pembelajaran aktif; literasi digital; keterampilan abad 21

Abstract

In the 21st century learning era, teachers no longer only act as informationconveyors, but also as facilitators who encourage and facilitate students to thinkcritically, creatively, communicate and collaborate. Key characteristics of 21stcentury teachers include adaptive ability to technology, effective communicationskills, and a deep understanding of competency-based learning principles. Thisstudy aims to identify the characteristics and role of teachers as facilitators insupporting learning that is relevant to the needs of the times. This research methoduses a descriptive qualitative approach with data collection techniques throughliterature studies. The results show that 21st century teachers must have digitalliteracy competencies, the ability to build an inclusive learning environment, andgood interpersonal communication skills. In addition, teachers must be able toencourage students to learn independently and adapt to various learning styles. Theteacher's role as a facilitator includes helping students access learning resources,providing personalized guidance, and motivating them to develop 21st century skillssuch as critical thinking, collaboration, and creativity.   Keywords: 21st century teacher; facilitator; active learning; digital literacy; 21stcentury skills   Dalam era pembelajaran abad ke-21, guru tidak lagi hanya berperan sebagaipenyampai informasi, tetapi juga sebagai fasilitator yang mendorong danmemfasilitasi siswa untuk berpikir kritis, kreatif, komunikasi dan kolaboratif.Karakteristik utama guru abad ke-21 mencakup kemampuan adaptif terhadapteknologi, keterampilan komunikasi yang efektif, serta pemahaman mendalamterhadap prinsip pembelajaran berbasis kompetensi. Penelitian ini bertujuan untukmengidentifikasi karakteristik dan peran guru sebagai fasilitator dalam mendukungpembelajaran yang relevan dengan kebutuhan zaman. Metode penelitian inimenggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datamelalui studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru abad ke-21 harusmemiliki kompetensi literasi digital, kemampuan membangun lingkungan belajaryang inklusif, serta keterampilan komunikasi interpersonal yang baik. Selain itu, guru harus mampu mendorong siswa untuk belajar mandiri dan beradaptasi denganberbagai gaya belajar. Peran guru sebagai fasilitator mencakup membantu siswamengakses sumber belajar, memberikan bimbingan personal, dan memotivasimereka untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis,kolaborasi, dan kreativitas. Kata Kunci: Guru abad ke-21; fasilitator; pembelajaran aktif; literasi digital;keterampilan abad 21 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:

Abdullah, M. (2020).

ManajemenPendidikan

Kontemporer: Konstruksi

PendekatanBerbasis Budaya

dan Kearifan Lokal. CV Cendekia

Press.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian.

Jakarta: Universitas Islam

Jakarta.

Sanjaya, W. (2013). Strategi

Pembelajaran Berorientasi

Standart Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st

Century Skills: Learning for Life

in Our Times. San Francisco:

Jossey-Bass.

Tomlinson, C.A. (2014). The

Differentiated Classroom:

Responding to the Needs of All

Learners. Alexandria: ASCD.

Jurnal:

Afriani, G., Soegiarto, I., Suyuti, S.,

Amarullah, A., & Aristanto, A.

(2024). Transformasi Guru sebagai

Fasilitator Pembelajaran di Era

Digital. Global Education Journal,

2(1), 91-99.

Anugerah, R. B. (2023). Transformasi

Madrasah dalam Menghadapi

Tantangan di Era Society5.0. AtTarbawi: Jurnal

KajianKependidikan Islam, 8(2),

153–170.

Arifin, M. Z., & Agus, S. (2020).

Strategi Belajar dan Mengajar

Guru Pada Abad 21. Indonesian

Journal of Instructional

Technology, 1(2), 37-46.

Darling-Hammond, L., Lisa, F,

Channa, C., Brigid, B., & David,

O. (2020). Implications for

educational practice of the

science of learning and

development. Applied

Developmental Science, 24(2),

97-140.

Engeness, I. (2021). Developing

Teachers’ Digital Identity:

Towards the Pedagogic Design

Principles of Digital

Environments to Enhance

Students’ Learning in the 21st

Century. European Journal of

Teacher Education, 44(1), 96-

114.

Farid, A. (2023). Literasi Digital

Sebagai Jalan

PenguatanPendidikan Karakter

Di EraSociety 5.0. Cetta: Jurnal

IlmuPendidikan, 6(3), 580–597.

Fitriani, A., Ayu K., Mita, M., &

Prihantini. (2022). Peran Guru

dan Strategi Pembelajaran

Dalam Memenuhi Kompetensi

Siswa Abad 21. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 6(2),

16491-16498.

Ishmatullah, A. R., Samkhi, & Sheren,

V. S. (2023). Karakteristik

Pendidik Abad 21. Jurnal

Magistra, 14(2), 153-164.

Iskandar, D., Zuwerni, Z., & Sofyan, S.

(2022). Pengembangan E-Modul

Pelatihan Aplikasi Google

Workspace for Education untuk

Penguatan Kompetensi Literasi

Digital Guru MTS. Jurnal

Manajemen Pendidikan dan Ilmu

Sosial, 3(2), 1005-1018.

Munfiatik, S. (2023). Collaborative

Learning Sebagai Model Inovasi

Pendidikan Dalam

Pembelajaran. Jurnal Ilmu

Pendidikan & Sosial (SINOVA),

1(2), 83-94

Prasetiyo, W. H., Bambang S., Ahmad

M., & Noor, B. M. N. (2023).

Promoting Digital Citizenship

among Student-Teachers: The

Role of Project-Based Learning

in Improving Appropriate Online

Behaviors. Participatory

Educational Research, 10(1),

389-407.

Ramadani, S., & Ananda, R. (2024).

PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

DASAR DAN

PERMASALAHANNYA. Pendas:

Jurnal Ilmiah Pendidikan

Dasar, 9(2), 4333-4348.

Sundari, E. (2024). Transformasi

Pembelajaran di Era Digital:

Mengintegrasikan Teknologi

Dalam Pendidikan Modern.

Sindoro Cendikia Pendidikan,

4(5), 25-35.

Syamsuddin, A., Tahir, R., & Munir, A.

(2022). Deskripsi Pembekalan

Program Pembelajaran

Kolaboratif-Partisipatif pada

Kegiatan Implementasi

Kurikulum Kerjasama MBKM.

Jurnal Studi Guru dan

Pembelajaran, 5(1), 16-24.

Downloads

Published

2025-01-01

Most read articles by the same author(s)