KARAKTERISTIK DAN PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.20988Keywords:
21st century teacher; facilitator; active learning; digital literacy; 21st century skills, Guru abad ke-21; fasilitator; pembelajaran aktif; literasi digital; keterampilan abad 21Abstract
In the 21st century learning era, teachers no longer only act as informationconveyors, but also as facilitators who encourage and facilitate students to thinkcritically, creatively, communicate and collaborate. Key characteristics of 21stcentury teachers include adaptive ability to technology, effective communicationskills, and a deep understanding of competency-based learning principles. Thisstudy aims to identify the characteristics and role of teachers as facilitators insupporting learning that is relevant to the needs of the times. This research methoduses a descriptive qualitative approach with data collection techniques throughliterature studies. The results show that 21st century teachers must have digitalliteracy competencies, the ability to build an inclusive learning environment, andgood interpersonal communication skills. In addition, teachers must be able toencourage students to learn independently and adapt to various learning styles. Theteacher's role as a facilitator includes helping students access learning resources,providing personalized guidance, and motivating them to develop 21st century skillssuch as critical thinking, collaboration, and creativity. Keywords: 21st century teacher; facilitator; active learning; digital literacy; 21stcentury skills Dalam era pembelajaran abad ke-21, guru tidak lagi hanya berperan sebagaipenyampai informasi, tetapi juga sebagai fasilitator yang mendorong danmemfasilitasi siswa untuk berpikir kritis, kreatif, komunikasi dan kolaboratif.Karakteristik utama guru abad ke-21 mencakup kemampuan adaptif terhadapteknologi, keterampilan komunikasi yang efektif, serta pemahaman mendalamterhadap prinsip pembelajaran berbasis kompetensi. Penelitian ini bertujuan untukmengidentifikasi karakteristik dan peran guru sebagai fasilitator dalam mendukungpembelajaran yang relevan dengan kebutuhan zaman. Metode penelitian inimenggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datamelalui studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru abad ke-21 harusmemiliki kompetensi literasi digital, kemampuan membangun lingkungan belajaryang inklusif, serta keterampilan komunikasi interpersonal yang baik. Selain itu, guru harus mampu mendorong siswa untuk belajar mandiri dan beradaptasi denganberbagai gaya belajar. Peran guru sebagai fasilitator mencakup membantu siswamengakses sumber belajar, memberikan bimbingan personal, dan memotivasimereka untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis,kolaborasi, dan kreativitas. Kata Kunci: Guru abad ke-21; fasilitator; pembelajaran aktif; literasi digital;keterampilan abad 21Downloads
References
Buku:
Abdullah, M. (2020).
ManajemenPendidikan
Kontemporer: Konstruksi
PendekatanBerbasis Budaya
dan Kearifan Lokal. CV Cendekia
Press.
Raihan. (2017). Metodologi Penelitian.
Jakarta: Universitas Islam
Jakarta.
Sanjaya, W. (2013). Strategi
Pembelajaran Berorientasi
Standart Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st
Century Skills: Learning for Life
in Our Times. San Francisco:
Jossey-Bass.
Tomlinson, C.A. (2014). The
Differentiated Classroom:
Responding to the Needs of All
Learners. Alexandria: ASCD.
Jurnal:
Afriani, G., Soegiarto, I., Suyuti, S.,
Amarullah, A., & Aristanto, A.
(2024). Transformasi Guru sebagai
Fasilitator Pembelajaran di Era
Digital. Global Education Journal,
2(1), 91-99.
Anugerah, R. B. (2023). Transformasi
Madrasah dalam Menghadapi
Tantangan di Era Society5.0. AtTarbawi: Jurnal
KajianKependidikan Islam, 8(2),
153–170.
Arifin, M. Z., & Agus, S. (2020).
Strategi Belajar dan Mengajar
Guru Pada Abad 21. Indonesian
Journal of Instructional
Technology, 1(2), 37-46.
Darling-Hammond, L., Lisa, F,
Channa, C., Brigid, B., & David,
O. (2020). Implications for
educational practice of the
science of learning and
development. Applied
Developmental Science, 24(2),
97-140.
Engeness, I. (2021). Developing
Teachers’ Digital Identity:
Towards the Pedagogic Design
Principles of Digital
Environments to Enhance
Students’ Learning in the 21st
Century. European Journal of
Teacher Education, 44(1), 96-
114.
Farid, A. (2023). Literasi Digital
Sebagai Jalan
PenguatanPendidikan Karakter
Di EraSociety 5.0. Cetta: Jurnal
IlmuPendidikan, 6(3), 580–597.
Fitriani, A., Ayu K., Mita, M., &
Prihantini. (2022). Peran Guru
dan Strategi Pembelajaran
Dalam Memenuhi Kompetensi
Siswa Abad 21. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 6(2),
16491-16498.
Ishmatullah, A. R., Samkhi, & Sheren,
V. S. (2023). Karakteristik
Pendidik Abad 21. Jurnal
Magistra, 14(2), 153-164.
Iskandar, D., Zuwerni, Z., & Sofyan, S.
(2022). Pengembangan E-Modul
Pelatihan Aplikasi Google
Workspace for Education untuk
Penguatan Kompetensi Literasi
Digital Guru MTS. Jurnal
Manajemen Pendidikan dan Ilmu
Sosial, 3(2), 1005-1018.
Munfiatik, S. (2023). Collaborative
Learning Sebagai Model Inovasi
Pendidikan Dalam
Pembelajaran. Jurnal Ilmu
Pendidikan & Sosial (SINOVA),
1(2), 83-94
Prasetiyo, W. H., Bambang S., Ahmad
M., & Noor, B. M. N. (2023).
Promoting Digital Citizenship
among Student-Teachers: The
Role of Project-Based Learning
in Improving Appropriate Online
Behaviors. Participatory
Educational Research, 10(1),
389-407.
Ramadani, S., & Ananda, R. (2024).
PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
DASAR DAN
PERMASALAHANNYA. Pendas:
Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dasar, 9(2), 4333-4348.
Sundari, E. (2024). Transformasi
Pembelajaran di Era Digital:
Mengintegrasikan Teknologi
Dalam Pendidikan Modern.
Sindoro Cendikia Pendidikan,
4(5), 25-35.
Syamsuddin, A., Tahir, R., & Munir, A.
(2022). Deskripsi Pembekalan
Program Pembelajaran
Kolaboratif-Partisipatif pada
Kegiatan Implementasi
Kurikulum Kerjasama MBKM.
Jurnal Studi Guru dan
Pembelajaran, 5(1), 16-24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.