PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HABIT OF MIND MATEMATIS SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Wiwin Winarti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Isnaini Nurul Hayati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Effy Mulyasari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning  terhadap habit of mind matematis siswa kelas IV di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah  quasi  exsperimental. Salah satu bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan disalah satu sekolah di Purwakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sedangkan sampel dalam penelitian ini untuk kelas eksperimen sebanyak 14 orang dan kelas kontrol sebanyak 14 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal uraian (essay) dan instrumen non tes berupa angket. Hasil pada penelitian ini adanya pengaruh model problem based learning terhadap habit of mind siswa pada kelas eksperimen diperoleh 35,72% menjawab sering artinya hampir setengahnya siswa pada kelas eksperimen lebih sering bertanya dan merespon secara efektif. Sedangkan kelas kontrol yang memperoleh hasil 14,29%. Keyw

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-26

Most read articles by the same author(s)