PENERAPAN MODEL BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN PURWANTORO 1 KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7540Keywords:
Keterampilan menulis paragraf deskripsi model problem based learningAbstract
Berdasarkan hasil observasi pra tindakan di kelas IV SDN Purwantoro 1 Kota Malang ditemukan permasalahan antara lain: peserta didik kesulitan menuangkan idenya secara berkesinambungan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kurangnya pemahaman peserta didik dalam menggunakan huruf besar dan tanda baca, dan guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi menulis deskripsi. Dengan demikian hasil menulis deskripsi peserta didik tidak mampu mencapai ketuntasan belajar baik secara individu maupun klasikal. Tujuan penelitian, yaitu (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis paragaf deskripsi melalui model problem based learning pada peserta didik kelas IV SDN Purwantoro 1 Kota Malang; (2) mendeskripsikan peningkatan hasil keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui model problem based learning pada peserta didik kelas IV SDN Purwantoro 1 Kota Malang. Rancangan penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian yakni peserta didik kelas IV SDN Purwantoro 1 Kota Malang yang berjumlah 22 peserta didik. Isntrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, instrumen hasil menulis paragraf deskripsi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas setiap siklusnya mengalami peningkatan. Peningkatan juga dapat dilihat dari ketuntasan siswa secara klasikal yaitu pada pra tindakan 36%, pada siklus I mengalami peningkatan 68%, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 95%. Model problem based learning dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis paragraf deskripsi peserta didik. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model problem based learning dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi.Downloads
References
Buku :
Akbar, Sa’un. (2012) . Penelitian
Tindakan Klas. Yogyakarta: Cipta
Media Aksara.
Enre. Fachrudin Ambo. 2011. Dasar
dasar Keterampilan Menulis Jakarta: Depdikbud.
Saddhono, & Slamet. (2014).
Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta : Graha Ilmu
Suparno dan Mohamad Yunus.(2011)
Keterampilan Dasar Menulis.
Jakarta: Universitas Terbuka
Tampubolon, Saur. (2014). Penelitian
Tindakan Kelas Sebagai
Pengembang Profesi Pendidik
Keilmuan. Jakarta: Erlangga
Wiyanto,Asul.(2017)Terampil Menulis
Paragraf. Jakarta. Grafindo.
Jurnal :
Windiasti, Ely. (2016)). Peningkatan
Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model PBL Jurnal IlmuPendidikan.(Online)(http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/9127/7151)
Syafputri, Ressyani. (2022)
Peningkatan Keterampilan
Berbicara Dengan
Menerapkan
Model Pembelajaran
Cooperative Script. Jurnal
lmiah Pendidikan Dasar.(Online)(
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.