PENERAPAN MODEL BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN PURWANTORO 1 KOTA MALANG

Authors

  • Devin Damayanti Universitas Muhammadiyah Malang
  • Budiono PPG PGSD Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dhera Andhini Rachmawati PPG PGSD Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7540

Keywords:

Keterampilan menulis paragraf deskripsi model problem based learning

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pra tindakan di kelas IV SDN Purwantoro 1 Kota Malang ditemukan permasalahan antara lain: peserta didik kesulitan menuangkan idenya secara berkesinambungan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kurangnya pemahaman peserta didik dalam menggunakan huruf besar dan tanda baca, dan guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi menulis deskripsi. Dengan demikian hasil menulis deskripsi peserta didik tidak mampu mencapai ketuntasan belajar baik secara individu maupun klasikal. Tujuan penelitian, yaitu (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis paragaf deskripsi melalui model problem based learning pada peserta didik kelas IV SDN Purwantoro 1 Kota Malang; (2) mendeskripsikan peningkatan hasil keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui model problem based learning pada peserta didik kelas IV SDN Purwantoro 1 Kota Malang. Rancangan penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian yakni peserta didik kelas IV SDN Purwantoro 1 Kota Malang yang berjumlah 22 peserta didik. Isntrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, instrumen hasil menulis paragraf deskripsi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas setiap siklusnya mengalami peningkatan. Peningkatan juga dapat dilihat dari ketuntasan siswa secara klasikal yaitu pada pra tindakan 36%, pada siklus I mengalami peningkatan 68%, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 95%. Model problem based learning dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis paragraf deskripsi peserta didik. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model problem based learning dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Akbar, Sa’un. (2012) . Penelitian

Tindakan Klas. Yogyakarta: Cipta

Media Aksara.

Enre. Fachrudin Ambo. 2011. Dasar

dasar Keterampilan Menulis Jakarta: Depdikbud.

Saddhono, & Slamet. (2014).

Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta : Graha Ilmu

Suparno dan Mohamad Yunus.(2011)

Keterampilan Dasar Menulis.

Jakarta: Universitas Terbuka

Tampubolon, Saur. (2014). Penelitian

Tindakan Kelas Sebagai

Pengembang Profesi Pendidik

Keilmuan. Jakarta: Erlangga

Wiyanto,Asul.(2017)Terampil Menulis

Paragraf. Jakarta. Grafindo.

Jurnal :

Windiasti, Ely. (2016)). Peningkatan

Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model PBL Jurnal IlmuPendidikan.(Online)(http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/9127/7151)

Syafputri, Ressyani. (2022)

Peningkatan Keterampilan

Berbicara Dengan

Menerapkan

Model Pembelajaran

Cooperative Script. Jurnal

lmiah Pendidikan Dasar.(Online)(

Downloads

Published

2023-05-20

Most read articles by the same author(s)