PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MICROVIDIO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Putri Andini Maulidya Safitri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Vevy Liansari PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7520

Abstract

Penelitian ini untuk melihat pengaruh media mikrovideo terhadap kemampuan membaca siswa kelas III SD yang berjumlah 24 siswa yang seluruhnya menjadi sampel. Penelitian kuantitatif menggunakan eksperimen. Metode penelitian menggunakan satu kelompok dengan desain pretest – posttest, teknik pengumpulan data berupa tes lisan dengan 5 komponen. Nilai awal (bentuk huruf 3,71 elemen kata3,21, pola ejaan3,21 dan kecepatan baca3,21) dan nilai setelah perlakuan (bentuk huruf 3,79, elemen kata3,79, pola ejaan3,29, dan kecepatan membaca3,29) menyatakan bahwa terjadi peningkatan penggunaan media microvidio. Dari data di atas, disimpulkan bahwa uji hipotesis yang telah dilakukan thitung =  4,082 dan ttabel = 2,069. Jadi t hitungtabel > t. BahwaH0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti penerapan media mikrovideo pada keterampilan membaca siswa kelas III SDI Muhammadiyah 1 Gempol berpengaruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cepy, Riyana. 2012. Media Pembelajaran. 2012th ed. edited by direktur pendidikan islam. jakarta pusat: 2012.

Erika, Erika, Agrina Agrina, Shally Novita, and Maria Komariah. 2021. “Tantangan Orang Tua Mendampingi Anak Usia 6-7 Tahun Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):252–60. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1225.

Fauziah, Hanif, and Muhammad Taufik Hidayat. 2022. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Belajar ”Ayo Belajar Membaca” Dan ”Marbel Membaca” Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3):4825–32. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2944.

Ichsan, Jazilatur Rahmah, Maya Ayu Putri Suraji, Firda Anistasya Rosyada Muslim, Walimatus Aulia Miftadiro, and Nur Aini Fara Agustin. 2021. “Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III (Snhrp-III 2021) 183–88.

Ikawati, Erna. 2013. “Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini.” Logaritma I(02):1.

Jazuli, Moh., Lutfiana Fazat Azizah, and Nisfil Maghfiroh Meita. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif.” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 7(2):47–65. doi: 10.24929/lensa.v7i2.22.

Khusnaini, Dkk. 2020. “Analisis Kesesuaian Kosa Kata Cerita Kelinci Dan Kura-Kura Menurut Teori Keterbacaan Grafik Fry.” Pena Literasi.

Lei, Yue. 2022. “Research on Microvideo Character Perception and Recognition Based on Target Detection Technology.” 1(October 2021):83–87. doi: 10.47852/bonviewJCCE19522514.

Mansyur, M. H. 2021. “Iqra’Sebagai Bentuk Literasi Dalam Islam.” Hawari: Jurnal Pendidikan Agama Dan … 2(1):1–7.

Prawiyogi, Anggy Giri, Tia Latifatu Sa’diah, Andes Safarandes, and Qori Nurjanah. 2022. “Pengaruh Metode Suku Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan.” Jurnal Basicedu 6(5):9223–29.

Press, G. E. T. 2022. Get Press.

Purwanto, Nfn. 2019. “Variabel Dalam Penelitian Pendidikan.” Jurnal Teknodik 6115:196–215. doi: 10.32550/teknodik.v0i0.554.

Ramli, Muhammad. 2012. “Media Teknlogi Pembelajaran.” IAIN Antasari Press 1–3.

Setyawan, Farid Helmi. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo 3(2):94.

Shell, Arbelaez-cruce. 2016. “Media Teknologi.” 1–23.

Suriansyah, Ahmad. 2015. “Pengembangan Pembelajaran Berbasis TIK (Proses Dan Permasalahannya).” Jurnal Paradigma 10(2):1–6.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. BERBICARA SEBAGAI SUATU KETERAMPILAN BERBAHASA. edited by w Agung. Bandung: 2008.

Wenny Krissantono. 2013. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Vi Sdn 03 Kelampai.” 1.

Downloads

Published

2023-05-29

Most read articles by the same author(s)