ANALISIS KEGIATAN APRESEPSI MENGGUNAKAN METODE PRESENTASI DAN EKSPLANASI PADA KELAS ATAS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.6997Keywords:
Kegiatan Apresepsi, Metode Presentasi dan Eksplanasi, Pembelajaran, Kelas AtasAbstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiata apresepsi dengan menggunakan penerapan metode presentasi dan eksplanasi oleh guru dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, bersifat naturalistik karena dilaksanakan pada kondisi alamiah. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penerapan metode presentasi dan eksplanasi sering dilakukan oleh guru Sekolah Dasar (SD) dan banyak guru yang belum menguasai teknik pelaksanaannya. Penelitian ini menganalisis praktik penerapan metode presentasi dan eksplanasi ini menggunakan kaca mata teoritik dari Arends & Kilcher dalam kegiatan apresepsi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Objek pada penelitian ini, yaitu guru kelas IV dan V SD. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan, yakni bulan Oktober-November 2022. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Kegiatan apresepsi penting dilakukan pada kegiatan awal pembelajaran dengan metode penyampaian yang tepat. 2) Keterampilan guru dalam pelaksanaan apresepsi dengan metode presentasi dan eksplanasi tergantung dari tingkat pemahamannya. (3) Metode presentasi dan eksplanasi menjadi metode yang paling sering digunakan guru saat kegiatan apresepsi pada proses pembelajaran.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdulbaki, K., Suhaimi, M., Alsaqqaf, A., & Jawad, W. (2018). The Use of the Discussion Method at University: Enhancement of Teaching and Learning. International Journal of Higher Education, 7(6), 118–128. https://doi.org/10.5430/ijhe.v7n6p118
Alaagib, N. A., Musa, O. A., & Saeed, A. M. (2019). Comparison of the Effectiveness of Lectures Based on Problems and Traditional lectures in Physiology Teaching in Sudan. BMC Medical Education, 19(1), 1–8. https://bmcmededuc.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12909-019-1799-0
Amalia, A. R., & Azhar, D. A. (2019). Analisis Respon Mahasiswa dalam Penerapan Group Work Rules pada Metode Presentasi di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, III(2), 81–88. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5357
Arends, I. R., & Kilcher, A. (2010). Teaching for Student Learning. New York: Routledge 270 Madison Avenue.
Hamsi, N. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Metode Ceramah Kelas V. Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 63–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.9
Hasanah, S. U. (2019). Studi Komparasi Penerapan Metode Active Learning Model Reading Aloud dan Metode Konvensional Model Ceramah dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Pengaruhnya Terhadap Respon Siswa Kelas V Mi Ma’Arif 01 Pahonjean Majenang. Jurnal Tawadhu, 3(1), 804–822. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/138
Kharb, P., Samanta, P. P., Jindal, M., & Singh, V. (2013). The Learning Styles and The Preferred Teaching-Learning Strategies of First Year Medical Students. Journal of Clinical and Diagnostic Research, 7(6), 1089–1092. https://doi.org/10.7860/JCDR/2013/5809.3090
Khauro, K., Setiyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Dalam Pelajaran Matematika Kelas 1 SD N Telang 1. Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1110
Mahmudah, M. (2016). Urgensi Diantara Dualisme Metode Pembelajaran Ceramah Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Untuk Siswa SD/MI. Jurnal Studi Islam, XI(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.107
Marmoah, S., & Sujarwo, M. (2019). Hubungan Kualitas Kehidupan Kerja dengan Keterampilan Mengelola Kelas Guru Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 135–149. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11429
Minsih, & D, A. G. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 20–27. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144
Sari, R. F. (2017). Hubungan Pengetahuan Guru Tentang Manajemen Pembelajaran dengan Kinerja Guru di MTS Negeri 2 Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–11. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/article/viewFile/1124/912
Savira, A. N., Fatmawati, R., & Z, M. R. (2020). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah di Sekolah Dasar Islam Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Jurnal Program Studi Tadris Matematika, 2(2), 115–126. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i2.2294
Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, R. M., & S, E. M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1).
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 7–17. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Sulandari. (2020). Analisis Terhadap Metoda Pembelajaran Klasikal dan Metoda Pembelajaran E-Learning di Lingkungan Badiklat Kemham. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 176–187. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.36418/japendi.v1i2.16
Suryani, T., & Rahayu, E. M. (2018). Modul PKT. 04 (Metode Pembelajaran) (p. 36). Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi: Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII.
Tambak, S. (2014). Metode Ceramah: Konsep dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2), 375–401. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16
Tularam, G. A., & Machisella, P. (2018). Traditional vs Non-Traditional Teaching and Learning Strategies – the Case of E-Learning! International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 19(1), 129–158. https://cimt.org.uk/ijmtl/index.php/IJMTL/article/view/21%0Ahttps://www.cimt.org.uk/ijmtl/index.php/IJMTL/article/view/21
Utami, I. H., & Hasanah, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(2), 121–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6232
Wilson, J. A., Pegram, A. H., Battise, D. M., & Robinson, A. M. (2017). Traditional Lecture versus Jigsaw Learning Method for Teaching Medication Therapy Management (MTM) Core Elements. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 9(6), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2017.07.028
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. ACIET, I(I), 105–113. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.