PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA KELAS 2 DI SD MUHAMMADIYAH JATIYOSO TAHUN 2024

Authors

  • Dyah Sulistyaningsih Magister Pendidikan Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Agustina Widianti Magister Pendidikan Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Widyastuti Magister Pendidikan Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Darsinah Magister Pendidikan Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Murfiah Dewi Wulandari Magister Pendidikan Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20562

Keywords:

Pendidikan karakter, Perkembangan sosial, Perkembangan emosional

Abstract

ABSTRAK Pada tingkat pendidikan dasar hal yang menjadi fokus utama salah satunya yaitu pendidikan karakter. Tujuan penelitian untuk memahami pengaruh pendidikan karakter terhadap perkembangan sosial emosional siswa. Desain penelitian kuantitatif deskriptif dipilih dengan sampel siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Jatiyoso Tahun 2024. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta kuesioner dengan muatan berbagai aspek yang mendukung dalam perkembangan sosial emosional, termasuk kepatuhan, kejujuran, disiplin, empati, dan kerja sama. Penerapan pendidikan karakter terhadap perkembangan sosial dan emosional siswa mengalami representasi positif. Adapun beberapa sikap yang menunjukkan hasil positif meliputi, peserta didik cenderung memberikan perhatian lebih ketika guru sedang berbicara, peserta didik antre ketika membeli makanan di kantin, mengakui kesalahan, memberikan perhatian pada teman yang sedih, serta mampu merapikan barang pribadi. Implementasi pendidikan karakter dalam mengembangkan emosional peserta didik kelas 2 dilakukan dengan beberapa poin yakni, mengenali emosi, mengelola emosi yang sehat, serta menghargai emosi orang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. A., Inas, M., & Setyawan, A. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 83-88.

Anggraini, F. L., Hanurawan, F., & Hadi, S. (2017, May). Membangun Keterampilan Sosial Sebagai Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 975-982).

Arthur, J. (2024). Character education in universities. Church, Communication and Culture, 9(2), 329-344.

Baginda, M. (2018). Nilai-nilai pendidikan berbasis karakter pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Ilmiah Iqra', 10(2).

Cahyono, D. D., Darsinah, D., & Wulandari, M. D. (2022). Kontribusi Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak pada Usia Sekolah Dasar. MASALIQ, 2(3), 394-405.

Dewantara, K.H (2017). Ki Hajar Dewantara : Pemikiran dan Perjuangannya. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hartati, Y. L. (2023). Analisis Dampak Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial Dan Emosional Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1502-1512.

Hart, P. (2022). Reinventing character education: the potential for participatory character education using MacIntyre’s ethics. Journal of Curriculum Studies, 54(4), 486-500.

Kamaruddin, I., Zulham, Z., Utama, F., & Fadilah, L. (2023). Pendidikan karakter di sekolah: Pengaruhnya terhadap pengembangan etika sosial dan moral siswa. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 140-150.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter: Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.

Khairuddin, A., & Si, M. (2018). Epistemologi Pendidikan Multikultural Di Indonesia. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1).

Khatimah, H., Kartika, I. M., & Santika, I. G. N. (2022). Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa. Widya Accarya, 13(2), 127-132.

Lickona, T. (2022). Character matters (Persoalan karakter): Bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya. Bumi Aksara.

Mustoip, S., Japar, M., & Zulela, MS (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Nova, C., & Indriati, G. (2014). Hubungan Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Sosial Siswa (Doctoral dissertation, Riau University).

Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia ditinjau dari perspektif teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464-472.

Santika, I. G. N. (2021). Aktualisasi pancasila dalam berbagai dimensi kehidupan.

Setiawatri, N., & Kosasih, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial Pada Masyarakat Pluralisme Di Cigugur Kuningan. Jurnal pendidikan karakter, 10(2).

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Supriyatno, A. & Wahyudi, W. 2020. Pendidikan Karakter di Era Milenial. Yogyakarta: CV Budi Utama

Sutia, N., & Santoso, G. (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(2), 1-10.

Sørlie, M. A., Hagen, K. A., & Nordahl, K. B. (2021). Development of social skills during middle childhood: Growth trajectories and school-related predictors. International Journal of School & Educational Psychology, 9(sup1), S69-S87.

Toron, V.B (2024). Pendidikan Karakter. Gowa: CV. RUANG TENTOR.

Virdi, S., Khotimah, H., & Dewi, K. (2023). Sosiologi Pendidikan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 162-177.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2024-12-30

Most read articles by the same author(s)