IMPLEMENTASI METODE PRATHAM TaRL PADA ASESMEN AWAL DALAM PEMBELAJARAN BILANGAN DAN OPERASI PADA SISWA KELAS 3 SD MUHAMMADIYAH JATIYOSO

Authors

  • Widyastuti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dyah Sulistyaningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Agustina Widianti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budi Murtiasa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nining Setya Ningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20818

Keywords:

Metode TaRL, Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Rendahnya kemampuan matematika siswa sekolah dasar menjadi perhatian serius. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Pratham Teaching at the Right Level (TaRL) dalam asesmen awal pembelajaran bilangan dan operasi pada siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Jatiyoso. Metode Tarl fokus pada pengajaran yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa sehingga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mamtematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode TaRL mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam bilangan dan operasi yang jelas tentang kemampuan awal siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Amir, Mohammad Faizal. 2019. Buku Ajar Mata Kuliah Bilangan. Jawa Timur: UMSIDA Press.

Boaler, Jo. 2019. Mathematical Mindsets: Unleashing Students’ Potential through Creative Math, Inspiring Messages, and Innovative Teaching.

Fauzan, Anwar. 2022. Buku Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat. Bandar Lampung.

Sugiyono. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukiyanto, Dkk. 2020. Matematika Untuk PGSD/PGMI. Yogyakarta: Nuta Media.

Suralaga, Fadilah. 2021. Psikologi Pendidikan Implikasi Dalam Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Jurnal :

Ainun, Hersyah, Siti Rahma Yunus, and Muhammad Harisa Alim. 2023. “Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran 5(3):1070–75. doi: https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.972.

Akdi, Oumaima, and Mahmoud Belamhitou. 2024. “The Teaching at the Right Level Approach : A Paradigm Shift to Accelerate Moroccan Pupil’s Learning.” 12(September):238–54. doi: 10.30918/AERJ.123.24.048.

Annadzili, Muhammad Dwiki, Asep Nursangaji, and Umi Kalsum. 2024. “Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Dengan Pendekatan TaRL Pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Education and Development 12(2):129–34. doi: https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.972.

Arianti. 2019. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” 117–34. doi: https://10.30863/didaktika.v12i2.181.

Audah, Niswatul, Mahyudin Zuhri, and A. Wahab Jufri. 2023. “Penggunaan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Sikap Gotong-Royong Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Kelas X2 SMAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(4):2184–88. doi: 10.29303/jipp.v8i4.1680.

Bachiri, Younes Aziz, Hicham Mouncif, Belaid Bouikhalene, and Radoine Hamzaoui. 2024. “Integrating Ai-Based Speech Recognition Technology To Enhance Reading Assessments Within Morocco’s TaRL Program.” Turkish Online Journal of Distance Education 25(4):1–16. doi: 10.17718/tojde.1335062.

Binaoui, Abdessamad;, Mohammed; Moubtassime, and Latifa Belfakir. 2023. “The Effectiveness of the TaRL Approach on Moroccan Pupils’ Mathematics, Arabic, and French Reading Competencies.” International Journal of Education and Management Engineering 13(3):1–10. doi: 10.5815/ijeme.2023.03.01.

Hidayat, Yandi Wahyu, and Anggita Maharani. 2023. “Analisis Kondisi Psikologis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Asesmen Diagnostik.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 7(2):169–79. doi: 10.35706/sjme.v7i2.8761.

Liarni, Ermita, Sufyarma Marsidin, and Hanif Alkadri. 2021. “Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Pengelompokan Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kemampuan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(2):4675–79.

Mardhiyana, Dewi, and Jailani Jailani. 2017. “Pengembangan Model Asesmen Pembelajaran Matematika SMA Berdasarkan Kurikulum 2013.” PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika 12(2):135–48. doi: 10.21831/pg.v12i2.17586.

Mubarokah, Syahratul. 2022. “Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) Dalam Literasi Dasar Yang Inklusif Di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur.” BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan 4(1):165–79. doi: 10.37216/badaa.v4i1.582.

Noviana, Kharisma Yuli, and Budi Murtiyasa. 2020. “Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 4(2):195. doi: 10.33603/jnpm.v4i2.2830.

Nur Budiono, Arifin, and Mochammad Hatip. 2023. “Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran 8(1):109–23. doi: 10.56013/axi.v8i1.2044.

Nurhayati, Nurhayati, Siti Maghfirotun Amin, Muawanah Muawanah, Sri Handayani, and Joeli Indrati. 2024. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Melalui Pendekatan TARL.” Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara 4(1):140–49. doi: 10.58740/juwara.v4i1.97.

Otobo, Audu. 2023. “Efficacy of Visual Prompt for Basic Technology Instruction in Junior Secondary Schools: Ability Grouping Proposition.” African Educational Research Journal 11(1):109–18. doi: 10.30918/aerj.111.22.069.

Putra, Virdinarti Lisa; Masrukan; Joko Widodo. 2023. “Numeration Problems in Elementary School Mathematics Learning in Semarang from the Teacher’s Perspective.” Pegem Journal of Education and Instruction 13(4):63–74. doi: 10.47750/pegegog.13.04.08.

Putri, Helena Anggraeni, and Deny Hadi Siswanto. 2024. “Teaching at The Right Level (TaRL) as an Implementation of New Education Concepts in the Insights of Ki Hajar Dewantara.” Indonesian Journal of Educational Science and Technology 3(2):89–100. doi: 10.55927/nurture.v3i2.9297.

Sanisah, Siti, and Linda Ayu Darmurtika. 2023. “Pendampingan Implementasi Pendekatan TaRL ( Teaching At The Right Level ) UNTUK MENINGKATKKAN.” Journal of Character Education Society 6(2):440–53. doi: https://doi.org/10.31764/jces.v6i2.14572.

Stiawan, Drajat, and Nur Mustaqimah. 2021. “Pembelajaran Mengenal Konsep Bilangan Matematika Pada Anak.” CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika 1(02):63–74. doi: 10.28918/circle.v1i02.4278.

Suharyani, Suharyani, Ni Ketut Alit Suarti, and Farida Herna Astuti. 2023. “Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin.” Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran 8(2):470. doi: 10.33394/jtp.v8i2.7590.

Yazgan-Sağ, Gönül, and Ziya Argün. 2024. “Self-Control and Self-Monitoring Behaviour of Gifted Learners in the Mathematical Problem-Solving Process: A Case Study.” South African Journal of Education 44(1):1–19. doi: 10.15700/saje.v44n1a2279.

Downloads

Published

2024-12-30