ANALISIS KEGIATAN APRESEPSI MENGGUNAKAN METODE PRESENTASI DAN EKSPLANASI PADA KELAS ATAS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ma'rifatul Jannah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Darsinah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ernawati Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.6997

Keywords:

Kegiatan Apresepsi, Metode Presentasi dan Eksplanasi, Pembelajaran, Kelas Atas

Abstract

  ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiata apresepsi dengan menggunakan penerapan metode presentasi dan eksplanasi oleh guru dalam  proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, bersifat naturalistik karena dilaksanakan pada kondisi alamiah. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penerapan metode presentasi dan eksplanasi sering dilakukan oleh guru Sekolah Dasar (SD) dan banyak guru yang belum menguasai teknik pelaksanaannya. Penelitian ini menganalisis praktik penerapan metode presentasi dan eksplanasi ini menggunakan kaca mata teoritik dari Arends & Kilcher dalam kegiatan apresepsi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Objek  pada penelitian ini, yaitu guru kelas IV dan V SD. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan, yakni bulan Oktober-November 2022. Berdasarkan hasil  penelitian disimpulkan: (1) Kegiatan apresepsi penting dilakukan pada kegiatan awal pembelajaran dengan metode penyampaian yang tepat. 2) Keterampilan guru dalam pelaksanaan apresepsi dengan metode presentasi dan eksplanasi tergantung dari tingkat pemahamannya. (3) Metode presentasi dan eksplanasi menjadi metode yang paling sering digunakan guru saat kegiatan apresepsi pada proses pembelajaran.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdulbaki, K., Suhaimi, M., Alsaqqaf, A., & Jawad, W. (2018). The Use of the Discussion Method at University: Enhancement of Teaching and Learning. International Journal of Higher Education, 7(6), 118–128. https://doi.org/10.5430/ijhe.v7n6p118

Alaagib, N. A., Musa, O. A., & Saeed, A. M. (2019). Comparison of the Effectiveness of Lectures Based on Problems and Traditional lectures in Physiology Teaching in Sudan. BMC Medical Education, 19(1), 1–8. https://bmcmededuc.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12909-019-1799-0

Amalia, A. R., & Azhar, D. A. (2019). Analisis Respon Mahasiswa dalam Penerapan Group Work Rules pada Metode Presentasi di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, III(2), 81–88. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5357

Arends, I. R., & Kilcher, A. (2010). Teaching for Student Learning. New York: Routledge 270 Madison Avenue.

Hamsi, N. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Metode Ceramah Kelas V. Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 63–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.9

Hasanah, S. U. (2019). Studi Komparasi Penerapan Metode Active Learning Model Reading Aloud dan Metode Konvensional Model Ceramah dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Pengaruhnya Terhadap Respon Siswa Kelas V Mi Ma’Arif 01 Pahonjean Majenang. Jurnal Tawadhu, 3(1), 804–822. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/138

Kharb, P., Samanta, P. P., Jindal, M., & Singh, V. (2013). The Learning Styles and The Preferred Teaching-Learning Strategies of First Year Medical Students. Journal of Clinical and Diagnostic Research, 7(6), 1089–1092. https://doi.org/10.7860/JCDR/2013/5809.3090

Khauro, K., Setiyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Dalam Pelajaran Matematika Kelas 1 SD N Telang 1. Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1110

Mahmudah, M. (2016). Urgensi Diantara Dualisme Metode Pembelajaran Ceramah Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Untuk Siswa SD/MI. Jurnal Studi Islam, XI(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.107

Marmoah, S., & Sujarwo, M. (2019). Hubungan Kualitas Kehidupan Kerja dengan Keterampilan Mengelola Kelas Guru Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 135–149. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11429

Minsih, & D, A. G. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 20–27. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144

Sari, R. F. (2017). Hubungan Pengetahuan Guru Tentang Manajemen Pembelajaran dengan Kinerja Guru di MTS Negeri 2 Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–11. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/article/viewFile/1124/912

Savira, A. N., Fatmawati, R., & Z, M. R. (2020). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah di Sekolah Dasar Islam Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Jurnal Program Studi Tadris Matematika, 2(2), 115–126. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i2.2294

Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, R. M., & S, E. M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1).

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 7–17. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Sulandari. (2020). Analisis Terhadap Metoda Pembelajaran Klasikal dan Metoda Pembelajaran E-Learning di Lingkungan Badiklat Kemham. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 176–187. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.36418/japendi.v1i2.16

Suryani, T., & Rahayu, E. M. (2018). Modul PKT. 04 (Metode Pembelajaran) (p. 36). Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi: Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII.

Tambak, S. (2014). Metode Ceramah: Konsep dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2), 375–401. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tularam, G. A., & Machisella, P. (2018). Traditional vs Non-Traditional Teaching and Learning Strategies – the Case of E-Learning! International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 19(1), 129–158. https://cimt.org.uk/ijmtl/index.php/IJMTL/article/view/21%0Ahttps://www.cimt.org.uk/ijmtl/index.php/IJMTL/article/view/21

Utami, I. H., & Hasanah, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(2), 121–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6232

Wilson, J. A., Pegram, A. H., Battise, D. M., & Robinson, A. M. (2017). Traditional Lecture versus Jigsaw Learning Method for Teaching Medication Therapy Management (MTM) Core Elements. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 9(6), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2017.07.028

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. ACIET, I(I), 105–113. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660

Downloads

Published

2023-05-20