PEMBUDAYAAN PENDIDIKAN MORAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR
Keywords:
Karakter, Nilai Moral, Pendidikan, Sekolah DasarAbstract
Perkembangan zaman dan teknologi tidak selalu membawa dampak positif bagi perubahan individu menjadi lebih baik. Maraknya penurunan moral yang terjadi dengan pelaku anak maupun remaja. Hal ini menjadi tanggung jawab bagi orang tua dalam memberikan edukasi pendidikan moral sejak dini. Pentingnya penanaman nilai-nilai moral pada anak agar karakter serta potensi yang dimiliki anak dapat berkembang dengan baik. Pendidikan moral menyangkut sikap dan kepribadian, sehingga di dalam pembelajarannya tidak hanya terbatas pada pengembangan kemampuan intelektualnya saja tetapi lebih kepada pengembangan karakter, sikap, dan perilaku peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan pendidikan moral untuk meningkatkan perkembangan moral pada anak sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan study kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini melalui pengumpulan data, reduksi data sajian data, serta kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasaan pendidikan moral anak penting dilakukan sejak dini agar dapat menyadarkan orang tua terkait nilai moral sekaligus menjadi tameng bagi anak dari kenakalan remaja.Downloads
References
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Deti, S., & Lestari, T. (2021). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1696–1699.
DS, Y. N. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di SD Islam Terpadu. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VI(2), 161–174.
Fathurrohman, F. (2019). Implementasi Pendidikan Moral Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 79–86. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2929
Haryadi, T., & Ulumuddin, D. I. I. (2018). Penanaman Nilai dan Moral pada Anak Sekolah Dasar dengan Pendekatan Storytelling Melalui Media Komunikasi Visual. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 2(01), 56–72. https://doi.org/10.33633/andharupa.v2i01.1018
Hurlock, E. B., Dharma, A., Zarkasih, M., & Tjandrasa, M. (2007). Perkembangan Anak (6th ed.). Jakarta: Erlangga.
Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 280–289. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519
Maelani, R., Purwanty, R., & Rahayu, D. P. (2022). Peran Guru Dalam Penanaman Karakter Fairness Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 207–205.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3rd ed.). United States of America: SAGE Publications, Inc.
Mufidah. (2021). Perkembangan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1133–1146. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1696
Ruslan, Rosma, E., & Nurul, A. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Siswa di SD Negeri Lampeuneurut. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah, 1(1), 68–77. Retrieved from http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/viewFile/431/262
Savira, L., Subiyantoro, & Ekasari, R. D. (2020). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Siswa Usia Dasar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(2), 126–135. Retrieved from https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Sukaimi, S. (2013). Peran Orang Tua Dalam pembentukan Kepribadian Anak: Tinjauan Psikologi Perkembangan Islam. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 81. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.515
Sutama, Hidayati, Y. M., & Novitasari, M. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta Gedung I lantai 1 Sayap Utara, Jl. Ahmad Yani, Trompol Pos 1, Pabelan Kartasura Surakarta 57162, Jawa Tengah, Indonesia, Telp: (0271) 717417 Eks. 2172: Muhammadiyah University Press.
Warneken, F. (2015). Precocious prososiality: Why do young children help? Child Development Perspectives, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.1111/cdep.12101
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.