ANALISIS PENGGUNAAN GAME QUIZIZZ DALAM KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS IV SDN SERANG 03
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32666Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran berbasis game, yaitu Quizizz, dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV di SDN Serang 03. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu tuntutan utama dalam pembelajaran abad ke-21, di mana siswa dituntut untuk mampu menganalisis, menilai, dan menyelesaikan masalah secara logis. Dalam pembelajaran IPAS, khususnya materi Kekayaan Budaya di Indonesia, kemampuan ini sangat penting untuk mengembangkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai budaya dan sosial. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, serta mendorong siswa untuk lebih terlibat secara reflektif. Guru juga menyatakan bahwa media ini mendukung proses evaluasi yang lebih efisien dan meningkatkan partisipasi siswa, termasuk yang sebelumnya kurang aktif.Downloads
References
efektif dan menyenangkan, asa
didukung oleh sistem dan
kolaborasi antar sekolah, guru,
siswa, dan orang tua.
E. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan yang telah dilakukan,
dapat disimpulkan bahwa
penggunaan game edukatif Quizizz
dalam pembelajaran memiliki
pengaruh positif terhadap
pengembangan keterampilan berpikir
kritis siswa, khususnya pada materi
Kekayaan Budaya di Indonesia.
Guru dan siswa memberikan
respons yang sangat positif terhadap
penggunaan Quizizz. Guru menilai
bahwa Quizizz dapat meningkatkan
partisipasi, memudahkan evaluasi,
serta membantu memetakan
pemahaman siswa secara lebih akurat
dan berpikir secara kritis. Siswa
merasakan bahwa pembelajaran
menjadi lebih menyenangkan,
memotivasi, dan tidak membosankan.
Mereka merasa tertantang oleh soal-
soal berbasis HOTS yang mendorong
berpikir lebih dalam.
DAFTAR PUSTAKA
Fauziyah, Rizkiyani, Dasim
Budimansyah, and Dwi Iman
Muthaqin. 2020. “Penguatan
Pendidikan Karakter Melalui
Model Pembelajaran Debat Untuk
Mengembangkan Kemampuan
Berpikir Kritis Peserta Didik.”
Jurnal Civicus 20(1):15–25.
Huda, Arindra Ikhwan Nur, and
Muhammad Abduh. 2021.
“Peningkatan Keterampilan
Berpikir Kritis Siswa Melalui
Model Problem Based Learning
Pada Siswa Sekolah Dasar.”
Jurnal Basicedu 5(3):1547–54.
doi: 10.31004/basicedu.v5i3.973.
Kalahatu, Marsye Fera. 2021.
“PERSEPSI PESERTA
PELATIHAN DASAR
TERHADAP PENGGUNAAN
QUIZIZZ SEBAGAI METODE
EVALUASI PEMBELAJARAN.”
Akademika 10(01):163–78. doi:
10.34005/akademika.v10i01.122
.8
Salsabila, Unik Hanifah, Iefone
Shiflana Habiba, Isti Lailatul
Amanah, Nur Asih Istiqomah, and
Salsabila Difany. 2020.
“Pemanfaatan Aplikasi Quizizz
Sebagai Media Pembelajaran
Ditengah Pandemi Pada Siswa
SMA.” Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan
Universitas Jambi|JIITUJ|
4(2):163–73. doi:
10.22437/jiituj.v4i2.11605.
SHELEMO, ASMAMAW
ALEMAYEHU. 2023. “No
Titleیلیب.” Nucl. Phys. 13(1):104–
.16
Wijayanti, Rina, and Joko Siswanto.
2020. “Profil Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa SMA Pada Materi
Sumber-Sumber Energi.” Jurnal
Penelitian Pembelajaran Fisika
11(1):109–13. doi:
10.26877/jp2f.v11i1.5533.
Yulia, Elza Dwi, and Iva Sarifah. 2025.
“Kemampuan Berpikir Kritis Pada
Anak Usia Dini.” Jurnal Pelita
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.