ANALISIS PENGGUNAAN GAME QUIZIZZ DALAM KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS IV SDN SERANG 03

Authors

  • Eti Nurhayati Safitri Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Aditya Rachman Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • ⁠Ahmad Suganda Universitas Bina Bangsa Kota Serang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32666

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran berbasis game, yaitu Quizizz, dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV di SDN Serang 03. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu tuntutan utama dalam pembelajaran abad ke-21, di mana siswa dituntut untuk mampu menganalisis, menilai, dan menyelesaikan masalah secara logis. Dalam pembelajaran IPAS, khususnya materi Kekayaan Budaya di Indonesia, kemampuan ini sangat penting untuk mengembangkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai budaya dan sosial. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, serta mendorong siswa untuk lebih terlibat secara reflektif. Guru juga menyatakan bahwa media ini mendukung proses evaluasi yang lebih efisien dan meningkatkan partisipasi siswa, termasuk yang sebelumnya kurang aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

efektif dan menyenangkan, asa

didukung oleh sistem dan

kolaborasi antar sekolah, guru,

siswa, dan orang tua.

E. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan

pembahasan yang telah dilakukan,

dapat disimpulkan bahwa

penggunaan game edukatif Quizizz

dalam pembelajaran memiliki

pengaruh positif terhadap

pengembangan keterampilan berpikir

kritis siswa, khususnya pada materi

Kekayaan Budaya di Indonesia.

Guru dan siswa memberikan

respons yang sangat positif terhadap

penggunaan Quizizz. Guru menilai

bahwa Quizizz dapat meningkatkan

partisipasi, memudahkan evaluasi,

serta membantu memetakan

pemahaman siswa secara lebih akurat

dan berpikir secara kritis. Siswa

merasakan bahwa pembelajaran

menjadi lebih menyenangkan,

memotivasi, dan tidak membosankan.

Mereka merasa tertantang oleh soal-

soal berbasis HOTS yang mendorong

berpikir lebih dalam.

DAFTAR PUSTAKA

Fauziyah, Rizkiyani, Dasim

Budimansyah, and Dwi Iman

Muthaqin. 2020. “Penguatan

Pendidikan Karakter Melalui

Model Pembelajaran Debat Untuk

Mengembangkan Kemampuan

Berpikir Kritis Peserta Didik.”

Jurnal Civicus 20(1):15–25.

Huda, Arindra Ikhwan Nur, and

Muhammad Abduh. 2021.

“Peningkatan Keterampilan

Berpikir Kritis Siswa Melalui

Model Problem Based Learning

Pada Siswa Sekolah Dasar.”

Jurnal Basicedu 5(3):1547–54.

doi: 10.31004/basicedu.v5i3.973.

Kalahatu, Marsye Fera. 2021.

“PERSEPSI PESERTA

PELATIHAN DASAR

TERHADAP PENGGUNAAN

QUIZIZZ SEBAGAI METODE

EVALUASI PEMBELAJARAN.”

Akademika 10(01):163–78. doi:

10.34005/akademika.v10i01.122

.8

Salsabila, Unik Hanifah, Iefone

Shiflana Habiba, Isti Lailatul

Amanah, Nur Asih Istiqomah, and

Salsabila Difany. 2020.

“Pemanfaatan Aplikasi Quizizz

Sebagai Media Pembelajaran

Ditengah Pandemi Pada Siswa

SMA.” Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan

Universitas Jambi|JIITUJ|

4(2):163–73. doi:

10.22437/jiituj.v4i2.11605.

SHELEMO, ASMAMAW

ALEMAYEHU. 2023. “No

Titleیلیب.” Nucl. Phys. 13(1):104–

.16

Wijayanti, Rina, and Joko Siswanto.

2020. “Profil Kemampuan Berpikir

Kritis Siswa SMA Pada Materi

Sumber-Sumber Energi.” Jurnal

Penelitian Pembelajaran Fisika

11(1):109–13. doi:

10.26877/jp2f.v11i1.5533.

Yulia, Elza Dwi, and Iva Sarifah. 2025.

“Kemampuan Berpikir Kritis Pada

Anak Usia Dini.” Jurnal Pelita

Downloads

Published

2025-09-11