ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PLICKERS DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PADA MATERI BUDAYA DAERAHKU DI KELAS V SDN SERANG 01

Authors

  • Rahma Virly Aulia Milova Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Aditya Rachman Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • ⁠Ahmad Suganda Universitas Bina Bangsa Kota Serang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33325

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media Plickers dalam evaluasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi Budaya Daerahku di kelas V SDN Serang 01. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Plickers menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Siswa tampak lebih antusias dan termotivasi mengikuti evaluasi karena tertarik dengan bentuk media yang digunakan. Guru pun merasa terbantu karena dapat memperoleh hasil penilaian secara cepat dan akurat. Namun, masih ditemukan kendala seperti keterbatasan perangkat guru dan pemahaman awal siswa dalam menggunakan Plickers. Kesimpulannya, Plickers dapat menjadi alternatif inovatif untuk mendukung proses evaluasi formatif di sekolah dasar. Dengan demikian, media Plickers terbukti sebagai alternatif inovatif dalam evaluasi pembelajaran IPS di kelas V SDN Serang 01 yang tidak hanya meningkatkan efektivitas penilaian, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Siti, Muhammad Sholeh,

Indah Bunga Lestari, Lusi Dwi

Yanti, Nuraini Nuraini, Puspitri

Mayangsari, and Rayi Arista

Mukti. 2024. “Peran Penggunaan

Teknologi Dalam Pembelajaran

IPS Di Era Digital.” Jurnal

Inovasi, Evaluasi Dan

Pengembangan Pembelajaran

(JIEPP) 4(1):44–52. doi:

10.54371/jiepp.v4i1.382.

Dewi, Lilik, Candra Wulan,

Pendidikan Guru, and Madrasah

Ibtidaiyah. 2023. “Pengaruh

Teknologi Digital Terhadap

Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa

Pada Pembelajaran TematikKelas V Di Sdn 03 Mangli

Jember.” PENDIKDAS: Jurnal

Pendidikan Sekolah Dasar

04(02):10–16.

Hartono, Y. D., D. D. ZA, A. Z.

Mahmud, and ... 2025.

“Penerapan Mindful Learning

Pada Pembelajaran IPAS.”

Jurnal Ilmiah ... 2(2).

Kurune, Intan, Zulaecha Ngiu, and

Yuli Adhani. 2025.

“IMPLEMENTASI MEDIA

EVALUASI PEMBELAJARAN

MENGGUNAKAN APLIKASI

PLICKERS PADA

PEMBELAJARAN PPKn DI SMA

NEGERI.” EDUTECH : Jurnal

Inovasi Pendidikan Berbantuan

Teknologi 5(1):172–78. doi:

10.51878/edutech.v5i1.4777.

Lestari, Madya Indah. 2024.

“Hambatan Dan Tantangan

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan

Sosial Di Sekolah Dasar.”

Elementary School Teacher

7(2):48–58. doi:

10.15294/9wvmet33.

Rachmadhani Adiningrum, and Dewi

Nilam Tyas. 2023. “Analisis

Kebutuhan Pengembangan

Panduan Penggunaan Aplikasi

Plickers Sebagai Penunjang

Penilaian Hasil Belajar Siswa

Sekolah Dasar.” Cendekiawan

5(2):143–50. doi:

10.35438/cendekiawan.v5i2.377.

Rahmadani, Annisa, Fitri Sayidah

Harahap Khoiroh, Nabila Ulkaira,

Yunita Azhari, and Safran

Hasibuan. 2024. “Efektivitas

Penggunaan Strategi

Pembelajaran Dalam

Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa Di SD Negeri 060822

Medan.” Jurnal Pendidikan

Berkarakter 2(1):54–71.

Riyadi, Rachman. 2025.

“Implementasi Model

Pembelajaran Terpadu Nested

Pada Materi IPAS Kelas 4.”

Jurnal Kependidikan 13(1):1–18.

doi: 10.24090/jk.v13i1.12824.

SUARDIANI, NI PUTU, I. WAYAN

LASMAWAN, and I. WAYAN

KERTIH. 2025. “Analisis

Kesenjangan Antara Ekspektasi

Dan Realitas Dalam

Pembelajaran Ips Di Sekolah

Dasar: Pendekatan Studi Kasus.”

SOCIAL : Jurnal Inovasi

Pendidikan IPS 4(4):651–56. doi:

10.51878/social.v4i4.4463.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian

Pendidikan ( Pendekatan Kuanti,

Kuali, R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-09-30

Most read articles by the same author(s)