ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PLICKERS DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PADA MATERI BUDAYA DAERAHKU DI KELAS V SDN SERANG 01
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33325Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media Plickers dalam evaluasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi Budaya Daerahku di kelas V SDN Serang 01. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Plickers menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Siswa tampak lebih antusias dan termotivasi mengikuti evaluasi karena tertarik dengan bentuk media yang digunakan. Guru pun merasa terbantu karena dapat memperoleh hasil penilaian secara cepat dan akurat. Namun, masih ditemukan kendala seperti keterbatasan perangkat guru dan pemahaman awal siswa dalam menggunakan Plickers. Kesimpulannya, Plickers dapat menjadi alternatif inovatif untuk mendukung proses evaluasi formatif di sekolah dasar. Dengan demikian, media Plickers terbukti sebagai alternatif inovatif dalam evaluasi pembelajaran IPS di kelas V SDN Serang 01 yang tidak hanya meningkatkan efektivitas penilaian, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses evaluasi.
Downloads
References
Aisyah, Siti, Muhammad Sholeh,
Indah Bunga Lestari, Lusi Dwi
Yanti, Nuraini Nuraini, Puspitri
Mayangsari, and Rayi Arista
Mukti. 2024. “Peran Penggunaan
Teknologi Dalam Pembelajaran
IPS Di Era Digital.” Jurnal
Inovasi, Evaluasi Dan
Pengembangan Pembelajaran
(JIEPP) 4(1):44–52. doi:
10.54371/jiepp.v4i1.382.
Dewi, Lilik, Candra Wulan,
Pendidikan Guru, and Madrasah
Ibtidaiyah. 2023. “Pengaruh
Teknologi Digital Terhadap
Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa
Pada Pembelajaran TematikKelas V Di Sdn 03 Mangli
Jember.” PENDIKDAS: Jurnal
Pendidikan Sekolah Dasar
04(02):10–16.
Hartono, Y. D., D. D. ZA, A. Z.
Mahmud, and ... 2025.
“Penerapan Mindful Learning
Pada Pembelajaran IPAS.”
Jurnal Ilmiah ... 2(2).
Kurune, Intan, Zulaecha Ngiu, and
Yuli Adhani. 2025.
“IMPLEMENTASI MEDIA
EVALUASI PEMBELAJARAN
MENGGUNAKAN APLIKASI
PLICKERS PADA
PEMBELAJARAN PPKn DI SMA
NEGERI.” EDUTECH : Jurnal
Inovasi Pendidikan Berbantuan
Teknologi 5(1):172–78. doi:
10.51878/edutech.v5i1.4777.
Lestari, Madya Indah. 2024.
“Hambatan Dan Tantangan
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial Di Sekolah Dasar.”
Elementary School Teacher
7(2):48–58. doi:
10.15294/9wvmet33.
Rachmadhani Adiningrum, and Dewi
Nilam Tyas. 2023. “Analisis
Kebutuhan Pengembangan
Panduan Penggunaan Aplikasi
Plickers Sebagai Penunjang
Penilaian Hasil Belajar Siswa
Sekolah Dasar.” Cendekiawan
5(2):143–50. doi:
10.35438/cendekiawan.v5i2.377.
Rahmadani, Annisa, Fitri Sayidah
Harahap Khoiroh, Nabila Ulkaira,
Yunita Azhari, and Safran
Hasibuan. 2024. “Efektivitas
Penggunaan Strategi
Pembelajaran Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Di SD Negeri 060822
Medan.” Jurnal Pendidikan
Berkarakter 2(1):54–71.
Riyadi, Rachman. 2025.
“Implementasi Model
Pembelajaran Terpadu Nested
Pada Materi IPAS Kelas 4.”
Jurnal Kependidikan 13(1):1–18.
doi: 10.24090/jk.v13i1.12824.
SUARDIANI, NI PUTU, I. WAYAN
LASMAWAN, and I. WAYAN
KERTIH. 2025. “Analisis
Kesenjangan Antara Ekspektasi
Dan Realitas Dalam
Pembelajaran Ips Di Sekolah
Dasar: Pendekatan Studi Kasus.”
SOCIAL : Jurnal Inovasi
Pendidikan IPS 4(4):651–56. doi:
10.51878/social.v4i4.4463.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian
Pendidikan ( Pendekatan Kuanti,
Kuali, R & D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.