PENGEMBANGAN E-MODULE “SIBUDI” BERBASIS JOYFULL LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SDN SERANG 03

Authors

  • Eroh Baeroh Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Aditya Rachman Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Ahmad Suganda Universitas Bina Bangsa Kota Serang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33195

Keywords:

E-module, Joyful Learning, Indonesian Cultural Wealth

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-module interaktif “SiBudi” berbasis pendekatan Joyful Learning untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Serang 03 terhadap materi Kekayaan Budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk dikembangkan melalui aplikasi Canva dan Articulate Storyline 3, dan dilengkapi fitur interaktif berupa video, game edukatif, serta kuis evaluatif. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa e-modul tergolong sangat layak, dengan skor dari ahli materi sebesar 3,85 (96,25%) dan ahli media sebesar 3,89 (97,25%). Uji kepraktisan menunjukkan skor dari guru sebesar 3,35 (83,75%) dan dari siswa sebesar 89,3%. Efektivitas produk dibuktikan dari peningkatan nilai siswa, yaitu rata-rata nilai pre-test sebesar 68,6 dan pos-ttest sebesar 86,3. Dengan demikian, e-module SiBudi dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan sesuai karakteristik siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elfa Sumiyati. 2017. “Penggunaan

Model Pembelajaran Intraktif

Berbasis AktivitasUntuk

Meningkatkan Prestasi Belajar

Siswa Kelas VI Pada Pelajaran

PKN SD Negeri 09 Kabawetan.”

Jurnal PGSD 10(2):66–72.

Idhayani, Nurul, Nasir Nasir, and

Hasma Nur Jaya. 2020.

“Manajemen Pembelajaran Untuk

Menciptakan Suasana Belajar

Menyenangkan Di Masa New

Normal.” Jurnal Obsesi : Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini

5(2):1556–66. doi:

10.31004/obsesi.v5i2.911.

Isma, Nurul, and Muhammad Yusuf.

2025. “The Influence of the

Implementation of Extracurricular

Activities of the Islamic

Propagation Agency on the

Practice of Religious Worship at

Mutia Rahma Bulu Cina Middle

School , Hamparan Perak

District.” Jurnal Riset Ilmu

Pendidikan 5(1):211–15. doi:

10.30596/jcositte.v1i1.xxxx.

Mamik Indrawati, and Yuli Ifana Sari.

2024. “Memahami Warisan

Budaya Dan Identitas Lokal Di

Indonesia.” Jurnal Penelitian Dan

Pendidikan Ips 1(18):40–48.

Naharin, Fadilatun, Zainuddin

Zainuddin, and Yuniawatika

Yuniawatika. 2023.

“Pengembangan E-Modul

Berbasis Flipbook Dengan

Penguatan Karakter Cinta TanahAir Pada Materi IPS Kelas IV

Sekolah Dasar.” COLLASE

(Creative of Learning Students

Elementary Education) 6(5):964–

75. doi:

10.22460/collase.v6i5.19514.

Nopiani, Ririn, I. Made Suarjana, and

Made Sumantri. 2021. “EModul

Interaktif Pada Pembelajaran

Tematik Tema 6 Subtema 2

Hebatnya Citacitaku.” MIMBAR

PGSD Undiksha 9(2):276. doi:

10.23887/jjpgsd.v9i2.36058.

Novitasari, Aulia Dwi, and Emy Yunita

Rahma Pratiwi. 2023. “E-Modul

Interaktif Berbasis Canva Untuk

Meningkatkan Kemandirian

Belajar Siswa Pada Sekolah

Dasar.” Innovative: Journal Of

Social Science Research

3(3):3437–55.

Rina Rahayu, and Riva Ismawati.

2022. “Efektifitas Online Project

Based Learning Berbasis

Ethnosains Pada Pembelajaran

IPA Terhadap Keterampilan

Proses Sains Mahasiswa Selama

Pandemi.” Jurnal Pendidikan

Mipa 12(4):1065–71. doi:

10.37630/jpm.v12i4.738.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Bandung: Alfabeta Bandung.

Downloads

Published

2025-09-23

Most read articles by the same author(s)