PENGEMBANGAN E-MODULE “SIBUDI” BERBASIS JOYFULL LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SDN SERANG 03
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33195Keywords:
E-module, Joyful Learning, Indonesian Cultural WealthAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-module interaktif “SiBudi” berbasis pendekatan Joyful Learning untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Serang 03 terhadap materi Kekayaan Budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk dikembangkan melalui aplikasi Canva dan Articulate Storyline 3, dan dilengkapi fitur interaktif berupa video, game edukatif, serta kuis evaluatif. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa e-modul tergolong sangat layak, dengan skor dari ahli materi sebesar 3,85 (96,25%) dan ahli media sebesar 3,89 (97,25%). Uji kepraktisan menunjukkan skor dari guru sebesar 3,35 (83,75%) dan dari siswa sebesar 89,3%. Efektivitas produk dibuktikan dari peningkatan nilai siswa, yaitu rata-rata nilai pre-test sebesar 68,6 dan pos-ttest sebesar 86,3. Dengan demikian, e-module SiBudi dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan sesuai karakteristik siswa sekolah dasar.Downloads
References
Elfa Sumiyati. 2017. “Penggunaan
Model Pembelajaran Intraktif
Berbasis AktivitasUntuk
Meningkatkan Prestasi Belajar
Siswa Kelas VI Pada Pelajaran
PKN SD Negeri 09 Kabawetan.”
Jurnal PGSD 10(2):66–72.
Idhayani, Nurul, Nasir Nasir, and
Hasma Nur Jaya. 2020.
“Manajemen Pembelajaran Untuk
Menciptakan Suasana Belajar
Menyenangkan Di Masa New
Normal.” Jurnal Obsesi : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini
5(2):1556–66. doi:
10.31004/obsesi.v5i2.911.
Isma, Nurul, and Muhammad Yusuf.
2025. “The Influence of the
Implementation of Extracurricular
Activities of the Islamic
Propagation Agency on the
Practice of Religious Worship at
Mutia Rahma Bulu Cina Middle
School , Hamparan Perak
District.” Jurnal Riset Ilmu
Pendidikan 5(1):211–15. doi:
10.30596/jcositte.v1i1.xxxx.
Mamik Indrawati, and Yuli Ifana Sari.
2024. “Memahami Warisan
Budaya Dan Identitas Lokal Di
Indonesia.” Jurnal Penelitian Dan
Pendidikan Ips 1(18):40–48.
Naharin, Fadilatun, Zainuddin
Zainuddin, and Yuniawatika
Yuniawatika. 2023.
“Pengembangan E-Modul
Berbasis Flipbook Dengan
Penguatan Karakter Cinta TanahAir Pada Materi IPS Kelas IV
Sekolah Dasar.” COLLASE
(Creative of Learning Students
Elementary Education) 6(5):964–
75. doi:
10.22460/collase.v6i5.19514.
Nopiani, Ririn, I. Made Suarjana, and
Made Sumantri. 2021. “EModul
Interaktif Pada Pembelajaran
Tematik Tema 6 Subtema 2
Hebatnya Citacitaku.” MIMBAR
PGSD Undiksha 9(2):276. doi:
10.23887/jjpgsd.v9i2.36058.
Novitasari, Aulia Dwi, and Emy Yunita
Rahma Pratiwi. 2023. “E-Modul
Interaktif Berbasis Canva Untuk
Meningkatkan Kemandirian
Belajar Siswa Pada Sekolah
Dasar.” Innovative: Journal Of
Social Science Research
3(3):3437–55.
Rina Rahayu, and Riva Ismawati.
2022. “Efektifitas Online Project
Based Learning Berbasis
Ethnosains Pada Pembelajaran
IPA Terhadap Keterampilan
Proses Sains Mahasiswa Selama
Pandemi.” Jurnal Pendidikan
Mipa 12(4):1065–71. doi:
10.37630/jpm.v12i4.738.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Bandung: Alfabeta Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.