ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLEMAKER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA KELAS IV DI SDN LONTAR 3

Authors

  • Selfy Nurjanah Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Aditya Rachman Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Ahmad Suganda Universitas Bina Bangsa Kota Serang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32966

Keywords:

Puzzlemaker, Learning Media, Learning Motivation

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana game Educandy digunakan untuk mengajar materi interaksi sosial dan bagaimana siswa di kelas III merespons media pembelajaran ini. Siswa memiliki keterampilan komunikasi yang buruk dan tidak tertarik dengan pendekatan pembelajaran konvensional, yang cenderung monoton, sebagai latar belakang dari penelitian ini.Game Educandy dipilih karena sifatnya yang interaktif dan menyenangkan, serta kemampuan untuk menyajikan materi dengan cara yang lebih menarik. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif dan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Di SD Islam Tirtayasa, subjek penelitian adalah lima siswa kelas III dan dua guru. Pendekatan tematik digunakan untuk menganalisis data untuk menemukan pola dan tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game Educandy dapat membuat kelas menjadi menyenangkan dan membuat siswa lebih terlibat aktif. Respon siswa terhadap penggunaan Educandy sangat positif. Siswa sangat antusias, lebih percaya diri saat menyampaikan pendapat, dan terlibat aktif dalam diskusi kelompok. Mereka juga menyatakan ingin menggunakan media yang sama lagi di masa mendatang. Hal ini menunjukkan bahwa game edukatif seperti Educandy dapat membantu siswa menjadi lebih baik dalam berkomunikasi dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermanfaat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadilah, Aisyah, Kiki Rizki

Nurzakiyah, Nasywa Atha

Kanya, Sulis Putri Hidayat, and

Usep Setiawan. 2023.

“Pengertian Media, Tujuan,

Fungsi, Manfaat Dan Urgensi

Media Pembelajaran.” Journal of

Student Research (JSR) 1(2):1–

17.

Fika, Nurul, and Anis Zohriah. 2024.

“Manajemen Sumber Daya

Manusia Dalam Lembaga

Pendidikan.” Jambura Journal of

Educational Management

5(1):248–57.

Fitriana, Rahayu. 2014. “TANGGUNG

JAWAB PEMERINTAH

TERHADAP HAK-HAK FAKIR

MISKIN DI INDONESIA

BERDASARKAN UNDANG-

UNDANG NOMOR 13 TAHUN

2011.” Procedia Manufacturing

1(22 Jan):1–17.

Isma, Andika, Adi Isma, Aswan Isma,

and Ardian Isma. 2023. “Peta

Permasalahan Pendidikan Abad

21 Di Indonesia.” Jurnal

Pendidikan Terapan

01(September):11–28. doi:

10.61255/jupiter.v1i3.153.

Maufidhoh, Imroatul, and Ismil

Maghfirah. 2023.

“IMPLEMENTASI

PEMBELAJARAN BERBASIS

ARTIFICIAL INTELLIGENCE

MELALUI MEDIA PUZZLE

MAKER PADA SISWA

SEKOLAH DASAR.” ABUYA:

Jurnal Pendidikan Dasar

IMPLEMENTASI 1.

Nainggolan, Alon Mandimpu, and

Adventrianis Daeli. 2021.“Analisis Teori Perkembangan

Kognitif Jean Piaget Dan

Implikasinya Bagi

Pembelajaran.” Journal of

Psychology “Humanlight”

2(1):31

–47. doi:

10.51667/jph.v2i1.554.

Rahman, Sunarti. 2021.

“PENTINGNYA MOTIVASI

BELAJAR DALAM

MENINGKATKAN HASIL

BELAJAR.” Merdeka Belajar

Dalam Menyambut Era

Masyarakat 05(November):298.

Rahmiati, and Fatimah Azis. 2023.

“Peranan Guru Sebagai

Motivator Terhadap Motivasi

Belajar Siswa Di SMPN 3

Kepulauan Selayar.” Innovative:

Ournal Of Social Science

Research 3(3):6007

–18.

Rismayanti, Rena, Muhammad

Aththar Rayhan, Qois Khairullah

El Adzim, and Lu’lu Alikadhiya

Fatihah. 2023. “Pengaruh

Motivasi Instrinsik Dan Motivasi

Ekstrinsik Terhadap Proses

Pembelajaran Mahasiswa

Universitas Pendidikan

Indonesia.” Jurnal Pendidikan,

Sains Dan Teknologi 2(2):251

61. doi: 10.47233/jpst.v2i2.742.

Supriani, Yuli, Ulfah, and Opan

Arifudin. 2020. “Upaya

Meningkatkan Motivasi Peserta

Didik Dalam Pembelajaran.”

Jurnal Al

-Amar: Ekonomi

Syariah, Perbankan Syariah,

Agama Islam, Manajemen Dan

Pendidikan 1(1).

Downloads

Published

2025-09-11