ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLEMAKER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA KELAS IV DI SDN LONTAR 3
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32966Keywords:
Puzzlemaker, Learning Media, Learning MotivationAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana game Educandy digunakan untuk mengajar materi interaksi sosial dan bagaimana siswa di kelas III merespons media pembelajaran ini. Siswa memiliki keterampilan komunikasi yang buruk dan tidak tertarik dengan pendekatan pembelajaran konvensional, yang cenderung monoton, sebagai latar belakang dari penelitian ini.Game Educandy dipilih karena sifatnya yang interaktif dan menyenangkan, serta kemampuan untuk menyajikan materi dengan cara yang lebih menarik. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif dan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Di SD Islam Tirtayasa, subjek penelitian adalah lima siswa kelas III dan dua guru. Pendekatan tematik digunakan untuk menganalisis data untuk menemukan pola dan tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game Educandy dapat membuat kelas menjadi menyenangkan dan membuat siswa lebih terlibat aktif. Respon siswa terhadap penggunaan Educandy sangat positif. Siswa sangat antusias, lebih percaya diri saat menyampaikan pendapat, dan terlibat aktif dalam diskusi kelompok. Mereka juga menyatakan ingin menggunakan media yang sama lagi di masa mendatang. Hal ini menunjukkan bahwa game edukatif seperti Educandy dapat membantu siswa menjadi lebih baik dalam berkomunikasi dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermanfaat.Downloads
References
Fadilah, Aisyah, Kiki Rizki
Nurzakiyah, Nasywa Atha
Kanya, Sulis Putri Hidayat, and
Usep Setiawan. 2023.
“Pengertian Media, Tujuan,
Fungsi, Manfaat Dan Urgensi
Media Pembelajaran.” Journal of
Student Research (JSR) 1(2):1–
17.
Fika, Nurul, and Anis Zohriah. 2024.
“Manajemen Sumber Daya
Manusia Dalam Lembaga
Pendidikan.” Jambura Journal of
Educational Management
5(1):248–57.
Fitriana, Rahayu. 2014. “TANGGUNG
JAWAB PEMERINTAH
TERHADAP HAK-HAK FAKIR
MISKIN DI INDONESIA
BERDASARKAN UNDANG-
UNDANG NOMOR 13 TAHUN
2011.” Procedia Manufacturing
1(22 Jan):1–17.
Isma, Andika, Adi Isma, Aswan Isma,
and Ardian Isma. 2023. “Peta
Permasalahan Pendidikan Abad
21 Di Indonesia.” Jurnal
Pendidikan Terapan
01(September):11–28. doi:
10.61255/jupiter.v1i3.153.
Maufidhoh, Imroatul, and Ismil
Maghfirah. 2023.
“IMPLEMENTASI
PEMBELAJARAN BERBASIS
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
MELALUI MEDIA PUZZLE
MAKER PADA SISWA
SEKOLAH DASAR.” ABUYA:
Jurnal Pendidikan Dasar
IMPLEMENTASI 1.
Nainggolan, Alon Mandimpu, and
Adventrianis Daeli. 2021.“Analisis Teori Perkembangan
Kognitif Jean Piaget Dan
Implikasinya Bagi
Pembelajaran.” Journal of
Psychology “Humanlight”
2(1):31
–47. doi:
10.51667/jph.v2i1.554.
Rahman, Sunarti. 2021.
“PENTINGNYA MOTIVASI
BELAJAR DALAM
MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR.” Merdeka Belajar
Dalam Menyambut Era
Masyarakat 05(November):298.
Rahmiati, and Fatimah Azis. 2023.
“Peranan Guru Sebagai
Motivator Terhadap Motivasi
Belajar Siswa Di SMPN 3
Kepulauan Selayar.” Innovative:
Ournal Of Social Science
Research 3(3):6007
–18.
Rismayanti, Rena, Muhammad
Aththar Rayhan, Qois Khairullah
El Adzim, and Lu’lu Alikadhiya
Fatihah. 2023. “Pengaruh
Motivasi Instrinsik Dan Motivasi
Ekstrinsik Terhadap Proses
Pembelajaran Mahasiswa
Universitas Pendidikan
Indonesia.” Jurnal Pendidikan,
Sains Dan Teknologi 2(2):251
–
61. doi: 10.47233/jpst.v2i2.742.
Supriani, Yuli, Ulfah, and Opan
Arifudin. 2020. “Upaya
Meningkatkan Motivasi Peserta
Didik Dalam Pembelajaran.”
Jurnal Al
-Amar: Ekonomi
Syariah, Perbankan Syariah,
Agama Islam, Manajemen Dan
Pendidikan 1(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.