PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDIO INTERAKTIF MATERI TERJADINYA SIANG MALAM DAN PASANG SURUT AIR LAUT TERHADAP BERPIKIR REFLEKTIF SISWA KELAS VI PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN MARGOREJO 1 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23867Keywords:
video interaktif, berpikir reflektif, pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran video interaktif terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa kelas VI dalam pembelajaran IPA, khususnya pada materi terjadinya siang malam dan pasang surut air laut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Data dikumpulkan melalui pretest sebelum pembelajaran dan posttest setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam berpikir reflektif siswa setelah menggunakan video interaktif. Nilai N-Gain pada kelas eksperimen 1 termasuk kategori tinggi, sedangkan kelas eksperimen 2 berada pada kategori sedang. Analisis data mengungkapkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok eksperimen, yang menunjukkan bahwa media video interaktif dapat meningkatkan partisipasi siswa serta mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan menarik. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi seperti video interaktif berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan berpikir reflektif siswa. Kata kunci: video interaktif, berpikir reflektif, pembelajaran IPA.Downloads
References
Aflahah, U., Ayu Noman, N. M., Gunawan Adi, L., & Madeleina Sofia, M. (2023). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Boneka Tangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III di SDN Gayamsari 02. 20, 1769–1775.
Ariany, R. L. (2020). Argumentasi pra-jabatan fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif.
Daryanto, J. (2010). Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Tembang Macapat Dalam Pembelajaran Bahasa Daerah Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 8–15.
Daulae, Herawati, T. (2019). LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENUJU PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN Oleh: Tatta Herawati Daulae 1. 11(01), 52–63.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 4.
Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.https://www.researchgate.net/profile/PutuEkayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-
Nindiasari, H. (2011). Pengembangan bahan ajar dan instrumen untuk meningkatkan berpikir reflektif matematis berbasis pendekatan metakognitif pada siswa sekolah menengah atas (SMA). Matematika Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran, 251–263. https://eprints.uny.ac.id/7378/
Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.
Pebrianti, F. (2019). Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. 93–98.
Permana, R. A., & Ikasari, D. (2023). Uji Normalitas Data Menggunakan Metode Empirical Distribution Function Dengan Memanfaatkan Matlab Dan Minitab 19. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 7(1), 7–12. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6238
Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167. https://doi.org/10.55732/jrt.v6i1.152
Rosmiati, R. (2020). Argumentasi pra-jabatan fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif.
Rukhmana, T. (2021). Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS) Page 25. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 2(2), 28–33.
Saleh & Syahruddin, dkk. (2023). Media Pembelajaran. 1–77. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Sitepu, E. N. (2021). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Media PembelajaranBerbasisDigital.URL: Https://Journal.Mahesacenter.Org/Index.Php/Ppd/Index, 1, 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195
Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Suminar, D. Y. (2022). Penerapan Video Interaktif Alur Merdeka Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Di SMAN 10 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif , 7(1), 32–39.
Talizaro, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN THE ROLE OF INSTRUCTIONAL MEDIA TO IMPROVING. 2(2).
Trisnani, N. (2020). Tingkat Kemampuan Berfikir Reflektif Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. 4(2), 131–144. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i2.1921
Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/21473/10157
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.