ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI GAYA DI SEKITAR KITA KELAS IV SDN PURISEMANDING 1
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23853Keywords:
Berpikir Reflektif, Model Pembelajaran Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir reflektif siswa pada saat kegiatan pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial, yang sebelumnya belum pernah diukur. Keterampilan berpikir reflektif sangat penting dimiliki oleh siswa. Dari hasil observasi diketahui bahwa nilai IPAS siswa masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir reflektif siswa SD adalah model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir reflektif siswa melalui model problem based learning (PBL) pada materi "Gaya di Sekitar Kita" kelas IV SDN Purisemanding 1, serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran IPA pada materi yang sama. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi dan bahan pertimbangan bagi guru untuk perbaikan ke depan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning mampu meningkatkan keterampilan berpikir reflektif siswa. Dengan model ini, siswa mendapat kesempatan untuk memecahkan masalah sehingga kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat tercipta, yang pada akhirnya meningkatkan keterampilan berpikir reflektif siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan model problem based learning secara umum sangat positif. Siswa merasa senang karena mendapat kesempatan untuk menyatakan ide, menanggapi pertanyaan, mengajukan pertanyaan, dan mempresentasikan hasil pekerjaan mereka. Siswa juga menunjukkan keterampilan dalam menyelesaikan persoalan selama pembelajaran.Downloads
References
Adi Apriadi Adiansha, Husnul Khatimah, & Asriyadin. (2020). Pengembangan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain Based Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 45–52.
Agrifina, V. F., Vrisilia, V., Agustina, L. N., Supriyadi, & Izzatika, A. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 12(2), 413–413. p/pedagodika,
Darajat, J., & Abduljabar, B. (2014). Aplikasi Statistika Dalam Penjas. In Bandung: CV. Bintang Warliartika.
Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., Slamet, S. Y., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 11(1), 28–35.
Fauziah, R. H., & Ruqoyyah, S. (2022). Kemampuan pemahaman konsep pada materi bangun ruang melalui model pembelajaran contextual teaching and learning pada siswa kelas v sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 5(11), 188–198.
Hartanti, M. N., Rapani, R., Astuti, N., & Muncarno, M. (2021). Hubungan Pendampingan Orangtua Dan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik. Metodik Didaktik, 17(1), 11–20.
Juliani, R., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(1), 20–26.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27.
Kuncoro, S. J., & Fitrianawati, M. (2023). Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Kontekstual. Jurnal Genesis Indonesia, 2(03), 103–113.
Mayer, E, R. (2009). Multimedia Learning. Cambridge: Cambridge University Press.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.
Rindy Ayu Angelia, Navatika Vivayosa Br Surbakti, Alfredo Batubara, & Syahrial Syahrial. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Digital Flipbook terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Bilangan Pecahan Matematika Sekolah Dasar. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(2), 147–154.
Setya Hermawan, J., Surahman, M., Rini, R., Amaliyah, F., & Fitria Rohmah, M. (2023). Pengaruh Minat Belajar Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematicka Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 10(2), 94–105.
Sugiyono, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif pendidikan. Alfabeta, Bandung
Vikiantika, A., Nurita;, P., & Yoeni, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Penggerak pada Mata Pelajaran Matematika melalui Media Pembelajaran Berbasis Flipbook. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.