PENGARUH MODEL PBL MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PADA MATERI RANTAI MAKANAN DI KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22936Keywords:
Problem Based Learning, Animated Video, Reflective Thinking, ScienceAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil studi pendahuluan yang dilakukan di salah satu SD Kota Sidoarjo yang dimana hasilnya menunjukkan bahwa siswa perlu meningkatkan keterampilan berpikir reflektif mereka. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penggunaan paradigma problem-based learning (PBL) bersama dengan media video berbasis animasi interaktif terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa Kelas V terhadap konten yang saling terkait. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Deskriptif dan menggunakan jenis rancangan Quasi Eksperimental Design. Studi ini, di lakukan pada dua kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan model (PBL) pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh media video interaktif berbasis animasi pada mata pelajaran IPAS mengenai materi rantai makanan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dengan hasil uji hipotesis kelas eksperimen 1 nilai t-hitung> t-tabel 19,21 > 2,06, kelas eksperimen 2 nilai t-hitung > t-tabel 19,46 > 2,06, hasil N-Gain kelas eksperimen 1 dengan nilai 0,69 dan kelas eksperimen 2 dengan nilai 0,68. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model PBL menggunakan media video interaktif berbasis animasi terhadap kemampuan berpikir reflektif materi rantai makanan di kelas v.Downloads
References
Hakim, A. N., & Yulia, L. (2024). Dampak Teknologi Digital Terhadap Pendidikan Saat Ini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1), 145–163.
Kurniasari, I., & Fauziah, H. N. (2022). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Socioscientific untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(3), 272–282. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i3.919
Lara, M., & Syamsurizal, S. (2024). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal El-Hamra : Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 9(2), 27–37. https://doi.org/10.62630/elhamra.v9i2.179
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mawarti, M., Sari, M. M., & Sauqina, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Video Animasi Powtoon Untuk Melatih Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas Viii. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(3), 1166–1175. https://doi.org/10.29100/.v6i3.4672
Munandar, R. N. R. (2022). PBL Berbantuan Video animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, 2002, 233–238.
Ningrum, A. K. P., Novaliyosi, & Nindiasari, H. (2024). Systematic Literature Review: Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa. Jurnal Educatio, 10(3), 873–880.
Sae, H., & Radia, E. H. (2023). Media Video Animasi Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 65–73. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i2.474
Sirri, E. L., Ratnaningsih, N., & Mulyani, E. (2020). Analisis kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir reklektif matematis ditinjau dari tipe kepribadian. Journal Of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(1), 46–56
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.