PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA KELAS IV PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22893Keywords:
Model PBL, Media Konkrit, Berpikir ReflektifAbstract
Berpikir reflektif di anggap sangat penting untuk dimiliki siswa terutama pada mata pelajaran IPA. Hasil studi pendahuluan pada salah satu sekolah dasar di Gresik masih tergolong cukup rendah, sehingga perlu dilakukan penelitian tentang kemampuan berpikir reflektif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan media pembelajaran konkrit terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa kelas IV pada materi mengubah bentuk energi serta mengetahui bagaimana respons berpikir reflektif siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran konkrit pada materi mengubah bentuk energi. Penelitian ini dilakukan di UPT SD Negeri 147 Gresik dengan sampel 27 siswa kelas 4A sebagai kelas eksperimen 1 dan 27 siswa kelas 4B sebagai kelas eksperimen 2. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 1 adalah 84,44 dan nilai kelas eksperimen 2 adalah 85,93. Hasil uji hipotesis kelas eksperimen 1 memperoleh hasil thitung 14,77 > ttabel 2,06 dan p-value 0,00 ≤ 0,05. Kelas eksperimen 2 memperoleh hasil thitung 14,50 > ttabel 2,06 dan p-value 0,00 ≤ 0,05. Kemudian, Nilai N-gain kelas eksperimen 1 adalah 0,71 dan kelas eksperimen 2 adalah 0,72. Hasil angket respons siswa menunjukkan bahwa kelas eksperimen 1 unggul pada indikator understanding dengan skor 81, sedangkan kelas eksperimen 2 unggul pada indikator habbitual action dengan skor 91. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan media pembelajaran konkrit terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa kelas IV pada materi mengubah bentuk energi di sekolah dasar.Downloads
References
Buku :
Singh, Chhatarpal, Sudhir Singh Bhadauria, Nadeem Akhtar, and Sanjay Kumar Jha. 2022. JPS Scientific Publications Application of MS Excel for Agricultural Data Exploration.
Sugiyono, Djoko. 2013. Penerbit Alfabeta Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Jurnal :
Ardianti, Resti, Eko Sujarwanto, and Endang Surahman. 2021. “Problem-Based Learning: Apa Dan Bagaimana.” Diffraction : Journal for Physics Education and Applied Physics 3(1): 27–35.
Fais, Muhammad Zaenal, Suyoto, and Sri Murwati. 2023. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Media Kongkrit Kelas 5.” Seminar Nasional PPG: 1680–89.
Iskandar, Aysha Alia, Rona Ully, Indra Misbah, and Muhammad Nursalman. 2025. “Perbandingan Hasil Uji Normalitas Dan Homogenitas Data Pretest Dan Posttest Siswa Dengan Menggunakan Software SPSS Dan Microsoft Excel.” 9: 290–303.
Kurniasari, Indah, and Hanin Niswatul Fauziah. 2022. “Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Socioscientific Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta Didik.” Jurnal Tadris IPA Indonesia 2(3): 272–82.
Rosmiati, Arif Mahya Fanny, et al. 2024. “HOTS-Based Teaching Module Design Planning in the Independent Curriculum.” Abdimas Umtas : Jurnal Pengabdian Masyarakat (1): 212–19.
Rosmiati, Rosmiati et al. 2020. “Measuring Level of Reflective Thinking of Physics Pre-Service Teachers Using Effective Essay Argumentation.” Reflective Practice 00(00): 565–86. https://doi.org/10.1080/14623943.2020.1777957.
Rosmiati, Muhammad Satriawan, Reza Rachmadtullah, and Rarasaning Satianingsih. 2024. “Designing Ocean Climate Lecture-Based Prediction-Argumentation to Improve Reflective Thinking of Pre-Service Teacher in Indonesia.” Reflective Practice 00(00): 1–14. https://doi.org/10.1080/14623943.2024.2398774.
Trisnani, Novy. 2020. “Tingkat Kemampuan Berfikir Reflektif Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 4(2): 131.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.