Pengaruh Problem Based Learning Menggunakan Media Flipbook terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26400Keywords:
Problem Based Learning, Flipbook, Berpikir Reflektif, Pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir reflektif siswa pada saat melakukan kegiatan pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) yang belum pernah diukur sebelumnya. Keterampilan berpikir reflektif sangat penting dimiliki oleh siswa. Dari hasil observasi diketahui bahwa nilai IPA siswa masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir reflektif siswa sekolah dasar adalah model pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan media flipbook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir reflektif siswa melalui model PBL menggunakan media flipbook pada pembelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan model PBL menggunakan media flipbook mampu memberikan peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa. Dengan model PBL menggunakan media flipbook, siswa memiliki kesempatan untuk memecahkan masalah sehingga kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat memberikan respon positif selama proses belajar mengajar karena siswa merasa mendapatkan kesempatan untuk mengajukan ide, menanggapi pertanyaan, mengajukan pertanyaan, dan mempresentasikan hasil pekerjaan mereka.Downloads
References
Ahyar, D. B. (2021). Model-Model Pembelajaran. In Pendidikan. Pradina Pustaka.
Aisyah, T., Zannah, R., A.E.L, E., Trisilaningsih, Y., & Priyanti, N. Y. (2022). Pembelajaran Problem Based Learning. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 27–36. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6563
Anak, K. N. P. E. S. K. (2008). Eksploitasi Seksual Komersial Anak di Indonesia. Medan, Restu Printing Indonesia, Hal.57, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Angkotasan, N. (2013). Model PBL dan Cooperative Learning Tipe TAI Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Reflektif dan Pemecahan Masalah Matematis. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 92–100. https://doi.org/10.21831/pg.v8i1.8497
Ariestyan1, Y., Sunardi2, & Kurniati3, D. (2016). Proses Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Avriabel. Kadikma, 7.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
A.Shilphy Octavia. (2020). Model - Model Pembelajaran. Deepublish CV Budi Utama.
Banarsari, A., Nurfadilah, D. R., & Akmal, A. Z. (2023). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Pada Abad 21. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 459. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71152
Darwis, D., & Siti, F. (2016). Hubungan antara pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan dengan perilaku wisatawan dalam menjaga kebersihan lingkungan. Jurnal Geografi, 4(1), 37–49. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geografi/article/view/87/0
Desi Rahmawati, Sri Wahyuni, Y. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK PADA MATERI GERAK BENDA DI SMP. Pembelajaran Fisika, 6.
Dian Pancaningrum, & Wahyudi. (2022). Efektivitas Model Pbl Dan Problem Solving Berbantuan Powerpoint Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Iv Sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1439–1448. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3273
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 4.
Fatmawati, E. T., & Sujatmika, S. (2018). Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis. WACANA Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 163. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.2786
Fuady, A. (2017). Berfikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1236
Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325
Haryono, E. (2023). Article Template : e-journal an-nuur : The Journal of Islamic Studies Petunjuk Penulisan Artikel Jurnal Online , An-Nuur Institut Agama Islam ( IAI ) Al Muhammad Cepu. E-Journal an-Nuur: The Journal of Islamic Studies.
Hasanah, D. N., & Anfa, Q. (2021). Meta Analisis Latar Belakang Berbagai Strategi dan Media Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 413–419. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.298
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.