Pengaruh Problem Based Learning Menggunakan Media Flipbook terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan

Authors

  • Alfishinta Dewi Nastiti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rosmiati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Triman Juniarso Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26400

Keywords:

Problem Based Learning, Flipbook, Berpikir Reflektif, Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir reflektif siswa pada saat melakukan kegiatan pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) yang belum pernah diukur sebelumnya. Keterampilan berpikir reflektif sangat penting dimiliki oleh siswa. Dari hasil observasi diketahui bahwa nilai IPA siswa masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir reflektif siswa sekolah dasar adalah model pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan media flipbook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir reflektif siswa melalui model PBL menggunakan media flipbook pada pembelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan model PBL menggunakan media flipbook mampu memberikan peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa. Dengan model PBL menggunakan media flipbook, siswa memiliki kesempatan untuk memecahkan masalah sehingga kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat memberikan respon positif selama proses belajar mengajar karena siswa merasa mendapatkan kesempatan untuk mengajukan ide, menanggapi pertanyaan, mengajukan pertanyaan, dan mempresentasikan hasil pekerjaan mereka. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, D. B. (2021). Model-Model Pembelajaran. In Pendidikan. Pradina Pustaka.

Aisyah, T., Zannah, R., A.E.L, E., Trisilaningsih, Y., & Priyanti, N. Y. (2022). Pembelajaran Problem Based Learning. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 27–36. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6563

Anak, K. N. P. E. S. K. (2008). Eksploitasi Seksual Komersial Anak di Indonesia. Medan, Restu Printing Indonesia, Hal.57, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Angkotasan, N. (2013). Model PBL dan Cooperative Learning Tipe TAI Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Reflektif dan Pemecahan Masalah Matematis. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 92–100. https://doi.org/10.21831/pg.v8i1.8497

Ariestyan1, Y., Sunardi2, & Kurniati3, D. (2016). Proses Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Avriabel. Kadikma, 7.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

A.Shilphy Octavia. (2020). Model - Model Pembelajaran. Deepublish CV Budi Utama.

Banarsari, A., Nurfadilah, D. R., & Akmal, A. Z. (2023). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Pada Abad 21. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 459. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71152

Darwis, D., & Siti, F. (2016). Hubungan antara pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan dengan perilaku wisatawan dalam menjaga kebersihan lingkungan. Jurnal Geografi, 4(1), 37–49. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geografi/article/view/87/0

Desi Rahmawati, Sri Wahyuni, Y. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK PADA MATERI GERAK BENDA DI SMP. Pembelajaran Fisika, 6.

Dian Pancaningrum, & Wahyudi. (2022). Efektivitas Model Pbl Dan Problem Solving Berbantuan Powerpoint Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Iv Sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1439–1448. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3273

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 4.

Fatmawati, E. T., & Sujatmika, S. (2018). Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis. WACANA Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 163. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.2786

Fuady, A. (2017). Berfikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1236

Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325

Haryono, E. (2023). Article Template : e-journal an-nuur : The Journal of Islamic Studies Petunjuk Penulisan Artikel Jurnal Online , An-Nuur Institut Agama Islam ( IAI ) Al Muhammad Cepu. E-Journal an-Nuur: The Journal of Islamic Studies.

Hasanah, D. N., & Anfa, Q. (2021). Meta Analisis Latar Belakang Berbagai Strategi dan Media Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 413–419. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.298

Downloads

Published

2025-06-03

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>