PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SMPN 2 GALESONG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30951Keywords:
Model Picture and Picture, Hasil Belajar, Peserta DidikAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini mengkaji keefektifan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Galesong Selatan, Takalar. Penelitian yang melibatkan 32 siswa ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan dan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah penerapan model Picture and Picture. Pada tahap prasiklus, nilai rata-rata hanya 63,34 dengan persentase ketuntasan sebesar 25%. Setelah siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 76,06 (ketuntasan 53,12%), dan pada siklus II mencapai 85,03 (ketuntasan 84,37%). Peningkatan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Data menunjukkan adanya peningkatan yang cukup besar baik pada nilai rata-rata maupun persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Temuan ini memiliki implikasi positif bagi penerapan model pembelajaran inovatif dan visual untuk meningkatkan kualitas pengajaran agama di sekolah. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengkaji penerapan model ini pada mata pelajaran dan jenjang kelas lainnya.Downloads
References
Aldriawan, Mochamad Rizky, Reza Syehma Bahtiar, and Sudjarwo Sudjarwo. 2024. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Bagi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture.” Journal of Education and Pedagogy 1(2):39–45. doi: https://doi.org/10.62354/jep.v1i2.2.
Aryati, Ani. 2023. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara.
Chalil, Moch. Noe., Andi Bunyamin, Musafir Tahir, and Abdul Wahab. 2023. “Penerapan Metode Pembelajaran Belajar Tuntas (Mastery Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas VII.A MTS Ponpes Muhammadiyah Boarding School Kabupaten Enrekang.” QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies 2(1):59–64. doi: 10.58738/qanun.v2i1.299.
Fitriani, L. 2021. “Penerapan Model Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Bandung.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 26(1):45–56.
Halipa, St, Hasibuddin Hasibuddin, and Rosmiati Rosmiati. 2022. “Penerapan Metode Active Training Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam.” Journal of Gurutta Education 1(1):25–39. doi: https://doi.org/10.52103/jge.v1i1.714.
Indonesia, Republik. 2018. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.
Kemendikbudristek. 2021. Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran.
Najmi, Hayatun. 2020. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Cara Bertayamun Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture.” Jurnal Pendidikan Rokania 5(3):401–13. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v5i3.364.
Rahmawati, Sulis, and Ibnu Muthi. 2025. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Model Belajar Picture and Picture Pada Kelas II Sekolah Dasar.” Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika 2(3):284–93. doi: https://doi.org/10.62383/katalis.v2i3.2151.
Ramadani, Nurhadi Muhammad, Oyoh Bariyah, and M. Makbul. 2024. “Antusiasme Belajar Siswa Pada Pembelajaran Outdor Learning Mata Pelajaran PAI Siswa.” Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman 11(4):419–25.
Rosmiati, Rosmiati. 2023. “Model Pembelajaran Konstruktivistik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 9(2):859–65. doi: http://dx.doi.org/10.29210/020232211.
Sandy, Suzie Hery. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Picture and Picture Untuk Meningkatkan Akhlakul Kharimah Dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas II SD Negeri 36 Pagar Alam).” Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 11(2):79–90.
Sujana, I. Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1):29–39. doi: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Sukirman, S., Baiti, M., & Syarnubi, S. 2023. “Konsep Pendidikan Menurut Al-Ghazali.” Jurnal PAI Raden Fatah 5(3):449–66. doi: https://doi.org/10.19109/pairf.v5i3.19409.
Wahyuni, S., and N. Safitri. 2020. “Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Sejarah Islam.” Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan 6(2):103–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.