PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ALAMTERBUKA ( MEMBUAT ECOPRINT POUNDING ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22904Keywords:
PJBL Model, Open Nature Based, Reflective Thinking, Natural ScienceAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pada kurikulum merdeka, siswa dituntut mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi terutama kemampuan berpikir reflektif. Tetapi kenyatanya, siswa SD masih memiliki kemampuan berpikir reflektif rendah. Lantas diperlukan suatu strategi yang dapat mempertimbangkan kebutuhaan Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh serta respon siswa pada model PJBL berbasis alam terbuka ( membuat ecoprint pounding ) terhadap kemampuan berpikir reflektif materi tumbuhan kelas IV. Penelitian ini mempergunakan jenis penelitian Kuantitatif deskriptif yang memakai rancangan Quasi Experimental Design melalui desain Non-equivalent Multiple Group. Subjek yang digunakan yaitu siswa kelas IV SDN Sumur Welut III/440 Surabaya yang memakai teknik Nonprobability Sampling dengan cara Purposive Sampling. Dan sampel yang dijadikan subjek ada 2 kelas yaitu kelas IVA menjadi kelas eksperimen 1 dan kelas IVB menjadi kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes kemudian dianalisis mempergunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Garis Besar hasil analisis ialah terdapat pengaruh antara pretest dengan posttest dan terdapat suatu perbedaan antara kedua kelas eksperimen. Penelitian ini juga memicu respon positif siswa. Kata Kunci: Model PJBL, Berbasis Alam terbuka, Berpikir Reflektif, IPADownloads
References
Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil belajar IPA di sekolah dasar.Pedagogi:JurnalPenelitianPendidikan,8(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882.
Nurliana, S., Wiryono, W., Haryanto, H., & Syarifuddin, S. (2021). Pelatihan Ecoprint Teknik Pounding Bagi Guru-Guru PAUD Haqiqi di Kota Bengkulu. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(2). https://doi.org/10.33369/dr.v19i2.17789
Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01). https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974
Puspitasari, N. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Ditinjau dari Pendekatan Saintifik. Scolastica Journal Jurnal Pendidikan Sekolah dasar dan pendidikan dasar (Kajian Teori Dan Hasil Penelitian), 3(2). https://doi.org/10.31851/scholastica.v3i2.11695
Rosmiati, Satriawan, M., Rachmadtullah, R., & Satianingsih, R. (2024). Designing ocean climate lecture-based prediction-argumentation to improve reflective thinking of pre-service teacher in Indonesia. Reflective Practice. https://doi.org/10.1080/14623943.2024.2398774.
Rosmiati, R., Liliasari, S., Tjasyono, B., & Ramalis, T. R. (2020). Physics pre-service argumentation to increase reflective thinking capabilities. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022038
Sekar, O. :, Ardianti, D., Wanabuliandari, S., & Rahardjo, D. S. (2017). Peningkatan perilaku Peduli lingkungan Dan tanggung jawab siswa Melalui Model ejas Dengan pendekatan Sciene Edutaimen. In Jurnal Ilmiah "Pendidikan Dasar (Issue 1).
Shinta Anggraeni, Aan Hedrayana, & Rudi Hariyadi. (2023). Analisis implementasi Pembelajaran Kurikulum merdeka Belajar Materi IPAS Kelas 4 DI SDN Sumur banger 01 Batang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.1983
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.