PENGARUH MODEL PBL MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATERI TUMBUHAN KELAS IV.
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22840Keywords:
Model PBL, Pembelajaran Berdiferensiasi, Berpikir Reflektif, IPAAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pada kurikulum merdeka, siswa dituntut mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi terutama kemampuan berpikir reflektif. Tetapi senyatanya, siswa SD masih memiliki kemampuan berpikir reflektif rendah. Lantas diperlukan suatu strategi yang dapat mempertimbangkan kebutuhan siswa yang disebut pembelajaran berdifferensiasi. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh serta respon siswa pada model PBL melalui pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir reflektif materi tumbuhan kelas IV. Penelitian ini mempergunakan jenis penelitian Kuantitatif deskriptif yang memakai rancangan Quasi Experimental Design melalui desain Non-equivalent Multiple Group. Subjek yang digunakan yaitu siswa kelas IV SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya yang memakai teknik Nonprobability Sampling dengan cara Purposive Sampling. Dan sampel yang dijadikan subjek ada 2 kelas yaitu kelas IVB menjadi kelas eksperimen 1 dan kelas IVC menjadi kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes kemudian dianalisis mempergunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Garis Besar hasil analisis ialah terdapat pengaruh antara pretest dengan posttest dan terdapat suatu perbedaan antara kedua kelas eksperimen. Penelitian ini juga memicu respon positif siswa.Downloads
References
Anggareni, P., & Hidayat, A. F. (2022). Students creative thinking skills on differentiated instruction. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(4), 365–373. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i4.161
Asriyuni, & Ramlawati, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil BelajarPeserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(02).
Avivi, A. A., Dhea Pramadhitta, A., Rahayu, F. F., Saptariana, M., Salamah, A. U., Profesi, P., Prajabatan, G., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2023). Model Project Based Learning Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Kelas X Pada Materi Bioteknologi. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(3).
Azizah, S. A., Usman, A., Fauzi, M. A. R., & Rosita, E. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Menerapkan Pembelajaran Berdeferensiasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.74
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Kurniasari, I., & Fauziah, H. N. (2022). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Socioscientific untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(3), 272–282. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i3.919
Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 282–287. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.543
Ningrum, A. A., & Fauziah, H. N. (2021). Analisis Kemampuan Berfikir Reflektif dalam Menyelesaikan Permasalahan Berbasis Isu Sosial Ilmiah Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 87–98. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.158
Rahmawati, G. P. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Energi Terbarukan. 4–6.
Rosmiati, R., Liliasari, L., Tjasyono, B., Ramalis, T. R., & Satriawan, M. (2020a). Analysis of Pre-Service Teachers’ Reflective Thinking Ability Profile on Earth Physics Lectures. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 56–63. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3111
Rosmiati, R., Liliasari, L., Tjasyono, B., Ramalis, T. R., & Satriawan, M. (2020b). Measuring level of reflective thinking of physics pre-service teachers using effective essay argumentation. Reflective Practice, 565–586. https://doi.org/10.1080/14623943.2020.1777957
Rosmiati R, Liliasari, Tjasyono B, & Ramalis t r. (2020). Physics pre-service argumentation to increase reflective thinking capabilities. Journal of Physics:Conference Series.
Rosmiati, Satriawan, M., Rachmadtullah, R., & Satianingsih, R. (2024). Designing ocean climate lecture-based prediction-argumentation to improve reflective thinking of pre-service teacher in Indonesia. Reflective Practice. https://doi.org/10.1080/14623943.2024.2398774
Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492–498. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782
Sitorus, P., Tumanggor, R. M., Sigiro, M., Simanullang, E. N., & Laia, I. S. A. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Manduamas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2883–2890. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.768
Tritania, M. P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikur Reflektif Matematis Siswa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.