ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KEMAMPUAN MINIMUM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23707Keywords:
Asesmen Kompetensi Minimum, Literasi, Numerasi, Sekolah Dasar.Abstract
Analisis Kemampuan Minimum merupakan kompetensi peserta didik dalam memahami informasi dari berbgai konteks dan topik yang meningkatkan proses kognitif. Pelaksana Asesmen Kemampuan Minimun (AKM) ini diselenggarakan pada jenjang pendidikan sekolah, salah satunya jenjang pendidikan sekolah dasar. Kompetensi yang dijabarkan yaitu literasi dan numerasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan mengobservasi dan mendeskripsikan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan kepada 30 peserta didik, satu guru dan satu kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan tes dan wawancara.. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat 18 peserta didik yang memiliki kemampuan literasi sedang dan terdapat 12 peserta didik yang memiliki kemampuan literasi tinggi. Berdasarkan hasil observasi, peserta didik masih memiliki kemampuan literasi yang rendah pada tingkat pemahaman dan penalaran yang belum mencapai tingkatan analisis dalam menyelesaikan permasalahan. Peserta didik memiliki kemampuan literasi dan numerasi dalam pemahaman informasi secara tepat dengan tingkatan penerapan seperti solusi penyelesaian soal dengan menganalisis bisa menyelesaikan soal dengan alasan yang tepat.Downloads
References
Aisah, H., Zaqiah, Q. Y., & Supiana, A. (n.d.). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM) http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/
Andrianti, D. S., & Rahayu, P. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Kecerdasan Logis Matematis Melalui Soal AKM Pada Siswa SMP. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(2), 55–63. https://doi.org/10.47435/jtmt.v3i2. 1189
Anggraeni, N., Rustini, T.,& Wahyuningsih, Y. (2022). Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 8(1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Argusni, R., & Sylvia, I. (2019). Implementasi pelaksanaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran.
Effendi, M. M., Cahyono, H., Ummah,
S. K., & Hasanah, R. U. (2023). Peningkatan Keterampilan Guru dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Bermuatan Soal AKM. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1),
194.
https://doi.org/10.33394/jpu.v4i1. 7043
Familiyana, L., Hardjono, H. S., & Suryani, I. (2022). Persepsi Guru terhadap Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca di SMP. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 5(1), 74–85. https://doi.org/10.31540/silampari bisa.v5i1.1697
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–
116.
https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2. 122
Kemdibud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran.
Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–
5099.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436
Matthew, B. M., Michael, H., & Johnny, S. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Edition 3). SAGE Publications. Inc.
Meriana, T., Murniarti, E., & Dasar Kanaan, S. (2021). ANALISIS PELATIHAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM. 14(2). https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.7
Rachmawati, F. K., Lestari, N. D. S., Oktavianingtyas, E., Trapsilasiwi, D., & Murtikusuma, R. P. (2024). Profil Literasi Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal AKM Konten Aljabar Berdasarkan Kemampuan Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 12(2), 294.
https://doi.org/10.25273/jipm.v12i 2.18983
Rahayu, S. (2017). Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY 2017 Sinergi Penelitian dan Pembelajaran untuk Mendukung Pengembangan Literasi Kimia pada Era Global Ruang Seminar FMIPA UNY, 14 Oktober.
Ratna Sari, D., Nur, E., Lukman, aeni, & Rijal Wahid Muharram, M. (2021a). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI PADA ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM- NUMERASI SEKOLAH DASAR. In FONDATIA : Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 5, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Ratna Sari, D., Nur, E., Lukman, aeni, & Rijal Wahid Muharram, M.
(2021b). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI PADA ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM- NUMERASI SEKOLAH DASAR.
In FONDATIA : Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 5, Issue 2).
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Tasya, A. P., Nur, S., & Hartini. (2023). Analisis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Berbasis Komputer Untuk Penguatan Literasi Dan Numerasi Kelas V SDN Rejomulyo Kota Madiun. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4.
http://prosiding.unipma.ac.id/inde x.php/KID
Wulandari, N. F. (2022). Pengembangan Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP Kelas
VII Bertipe AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) untuk Konten Bilangan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2833–2845. https://doi.org/10.31004/cendekia .v6i3
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.